ErDev Blog

Bereksperimen dengan Smartphone, Gadget, dan Teknologi.

Kamis, 04 April 2024

HP NOKIA YANG DILAHIRKAN KEMBALI JADI LEBIH CANGGIH! - Nokia 2720 Flip 4G Reborn KaiOS

Oleh Aulia Intan pada Kamis, 04 April 2024

Yoo Haloo...

Kali ini saya akan membahas HP Nokia yang lahir kembali alias versi reborn, yaitu Nokia 2720 Flip 4G. Akhirnya saya bisa cobain nih, sebuah teknologi baru di HP jadulnya Nokia yang original. Oh iya unit yang saya dapatkan ini kondisinya bekas, saya beli lewat Tokopaedi dengan harga 1,1 juta, dengan harga segitu menurut saya masih cukup mahal ya. Tapi kalau ada yang harganya murah, itu juga harus hati-hati guys takutnya barang kw. Untuk kondisinya pun memang sudah tidak mulus banget, layarnya sudah banyak goresan halus  dan seperti ada bekas tombol gitu, apa karena ketika posisi nutup layarnya jadi tertekan banget kali ya, tapi secara fungsinya sih masih normal. Untuk kelengkapannya saya mendapatkan unit HP berwarna putih, kertas panduan, charger yang sudah langsung nyambung dengan kabelnya yang masih micro usb, dan ada baterai yang tipenya BV-6A berkapasitas 1500 mAh.


Untuk design dari HP Nokia 2720 ini menurut saya cakep ya, warnanya putih agak ke abu-abuan dikit dan bertekstur doff, lalu dipadukan dengan warna hitam yang glosy, keren juga ya nih HP dipegangnya pun terasa lebih wah. Untuk dibagian depan ada tulisan Nokia dan diatasnya ada layar yang berukuran 1,3inch. Lalu disisi kanan ada tombol pengatur volume, disisi bawah ada lubang micro usb, sedangkan disisi kiri ada tombol tambahan emergency dan lubang jack audio. Untuk dibagian sisi atas hanya ada engsel yang berbahan plastik doff, lalu dibagian belakang ada kamera, lampu flash, microphone dan lubang speaker.

Nah untuk dibagian dalamnya ada layar yang berukuran 2,8inch, lalu dibagian atas ada tulisan Nokia dan earpice. Sedangkan dibagian bawah ada tombol-tombol alfanumeric dan microphone, menurut saya dibagian dalamnya juga cakep loh. Oh iya, back covernya bisa dibuka dan didalamnya terdapat slot nano sim 1, sim 2 dan micro sd.

HP Nokia 2720 menggunakan KaiOS versi 2.5.2.1 dengan storage berukuran 4GB dan sepertinya sisa sekitar 2 gigaan, sistemnya makan sekitar 1,7GB. Aplikasi bawaannya juga lumayan banyak, bukan hanya dari Nokia saja, tapi pihak ketiga juga ada, khususnya game. Nokia 2720 Flip 4G dirilis sekitar tahun 2019 sedangkan yang versi awalnya itu dirilis sekitar tahun 2009, jadi bedanya 10 tahun. Kalau yang versi reborn ini sudah dipegang oleh HMD Global, jadi bukan Nokia yang dulu, tapi dari segi kualitasnya ya masih oke-oke saja lah. Cuma memang dari harganya kayak masih zaman dulu, ketika merk Nokia masih berkuasa, tau sendiri kalo sekarang, padahal sudah kalah populer dengan merk-merk dari China. Untuk tombolnya terasa empuk dan besar-besar, lumayan enak untuk dipakai ngetik dan ada backlightnya juga. Tapi kalau untuk main game di KaiOS rasanya kurang greget dibanding dengan game platform java, apalagi dengan game Symbian. 

Menurut saya layar dari HP Nokia 2720 ini cukup menarik, khususnya yang dibagian luar, jadi layarnya bisa untuk menampilkan waktu, icon notifikasi, atau kalau ada yang nelpon itu bisa ketahuan nama atau nomornya dilayar, jadi ketika dibuka bisa langsung angkat. Tapi kalau untuk layar dalamnya ya biasa saja, sudah cukup baik kok, dan untuk keluaran suaranya ternyata kencang tapi sedikit cempreng. Oh iya untuk baterainya masih cukup awet, pemakaian saya bisa sampai seharian bahkan bisa sampai 2 hari juga. Sedangkan untuk sinyalnya masih muncul, 4Gnya bisa dan saya cek imeinya juga terdaftar diweb beacukai, berarti importnya bayar pajak resmi nih.

Sebenarnya HP ini tidak dijual secara resmi di Indonesia, jadi harus import dari luar negeri, pantas saja mahal harganya karena bayar pajak segala macem kan. Ayolah Nokia Indonesia masukin produk HP versi rebornnya yang menggunakan KaiOS seperti ini, supaya tidak mahal-mahal banget. Walaupun belinya barang import dan harganya mahal, tapi untuk pecinta Nokia dari dulu, sepertinya ini masih menarik. Karena selain bisa nostalgia bisa juga digunakan untuk zaman sekarang, soalnya yang versi reborn ini lebih canggih guys. Untuk spesifikasinya HP ini menggunakan chipset Snapdragon 205, Dualcore 1,1Ghz, RAMnya 512MB, internalnya 4GB, menggunakan GPU Adreno 304, dengan layar berukuran 2,8inch, kamera 2MP, jaringan 4G, ada Wifi dan GPS, baterainya 1500 mAh dan menggunakan KaiOS. Dari segi spek HP ini memang upgrade banget dari yang versi awalnya, terutama untuk sistem operasinya yang menggunakan KaiOS.

Buat yang belum tahu, KaiOS itu merupakan sistem operasi berbasis Linux yang lahir dari Boot to Gecko dan penerus dari FireFox OS. KaiOS itu sebenarnya sistem operasi yang layaknya web browser dan aplikasi berbasis HTML5.  KaiOS bisa berjalan diperangkat dengan spek rendah dan biasanya juga dipakai untuk feature phone atau HP-HP ala jadul yang dibikin pintar. Walaupun ini feature phone, tapi ada beberapa fitur dari smartphone, misalnya sudah dibenamkan jaringan 4G, wifi, dan bisa untuk dijadikan hotspot juga. Lalu punya toko aplikasi sendiri yang bernama Kaistore, dan aplikasinya juga beberapa ada yang biasa dipakai dismartphone, seperti whatsapp masih bisa, cuma memang fitur-fiturnya lebih terbatas dari pada yang dismartphone.

Setidaknya untuk chatting dan update status masih bisa dan navigasinya lumayan mudah karena memang didesign khusus untuk KaiOS, namun sayangnya karena ini menggunakan KaiOS versi lama, jadi fiturnya masih belum update, kalau tidak salah sebenarnya whatsapp KaiOS sudah bisa buat nelpon. Nah selain itu KaiOS juga didukung beberapa layanan google, seperti google assistant, maps, youtube, dan beberapa sosial media macam facebook, twitter dan lain-lain. Tapi anehnya diunit saya ini kok tidak ada ya, padahal biasanya aplikasi itu sudah ada dari bawaan. Bahkan saya cari di Kaistorenya juga tidak ada, aneh sih. Tapi kalau bilang unit saya ini palsu atau kw, bukan juga, ini beneran menggunakan KaiOS. Mungkin karena ini unit region China, jadi menggunakan firmware China, dimana kalau China itukan anti dengan layanan google dan beberapa sosmed umum dikita. Sedikit disayangkan sih, tapi yaudahlah. KaiOS itu sebenarnya bisa dioprek-oprek loh, misalnya dijailbreak atau root, bisa install aplikasi diluar Kaistore, pasang custom recovery, masukin tweak, bahkan ada custom romnya juga. Walaupun memang tidak semua tipe HP dan semua versi KaiOS, bisa ya. Setelah saya oprek HP ini dan saya coba install beberapa aplikasi google yang memang bawaan, tapi diunit yang saya beli ini tidak ada, dan ini jadinya bisa ya.

Oh iya baterainya ini masih cukup awet, pemakaian saya masih bisa sampai seharian, tapi mungkin karena ini unit bekas, jadi sudah berkurang juga performa baterainya. Untuk sinyalnya masih muncul, 4Gnya bisa, dan saya cek imeinya juga terdaftar diweb beacukai, berarti importnya bayar pajak resmi nih. Tapi jujur saja untuk performanya ini saya rasa kurang begitu optimal, misalnya untuk buka-tutup aplikasi maupun ketika sedang menjalankan aplikasinya, ya wajar saja sih kalau liat spek dan jenis HPnya, tapi kalau liat lagi harganya, waduh berat ya guys.

Menurut saya Nokia memang sudah bagus membuat HP dengan sistem KaiOS, apalagi membawa embel-embel reborn untuk menghidupkan lagi kenangan dari tipe HP lamanya. Tapi untuk harganya jadi bikin mikir-mikir lagi untuk beli HP ini, apalagi yang memang niatnya untuk dipakai sebagai kebutuhan, bukan cuma nostalgia atau sekedar koleksi. Semoga saja Nokia Indonesia bisa masukin tipe Nokia versi reborn yang KaiOS supaya resmi, mudah dibeli dan harganya juga lebih terjangkau, kalau bisa.

 

Oke jadi itulah pembahasan untuk HP Nokia yang lahir kembali alias versi reborn, yaitu Nokia 2720 Flip 4G. Kalau ada pertanyaan atau info tambahan, silahkan komentar ya. Jika masih belum puas membaca artikel ini, silahkan nonton video unboxing dan reviewnya dibawah ini.

 

logoblog

Terimakasih sudah membaca HP NOKIA YANG DILAHIRKAN KEMBALI JADI LEBIH CANGGIH! - Nokia 2720 Flip 4G Reborn KaiOS. Silahkan bagikan artikel ini melalui:

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar