ErDev Blog

Bereksperimen dengan Smartphone, Gadget, dan Teknologi.

Selasa, 16 April 2024

MIRIP SWITCH LITE TAPI BISA MAININ BANYAK GAME & LEBIH MURAH! - Console Handheld M17 Portable

Oleh Aulia Intan pada Selasa, 16 April 2024

Yoo Haloo...

Kali ini saya akan membahas console game retro handheld dengan tipe M17, sepertinya dari merk SJgam, kurang jelas juga sih dari merk mana, tapi yang jelas console game ini masih cukup terjangkau dengan kemampuan bisa memainkan banyak jenis console game retro. Btw console game retro handheld dengan tipe M17 harganya juga lebih murah, saya beli lewat Tokopaedi sekitar 700 ribuan. 

Untuk kelengkapannya saya mendapatkan unit console game berwarna abu-abu muda, bahannya plastik berfinishing doff, dan licin. Kemudian saya dapat sarung yang bahannya halus untuk tempat console gamenya, lalu dapat kertas petunjuk menggunakan bahasa China dan ada bahasa Inggrisnya juga, dan terakhir saya dapat kabel yang sudah usb type-c untuk ngechargenya. 

Untuk ukurannya tidak begitu besar namun tidak kekecilan juga, masih pas lah. Secara design mirip-mirip seperti Nintendo Switch Lite, tapi yang ini lebih kecil, lebih ringan, dan pasti lebih lite, kemampuannya. Untuk dibagian depan ada layar berukuran 4,3inch dan dibagian bawah ada tulisan M17 yang cukup besar. Kemudian disebelah kiri ada tombol untuk mengecilkan suara, analog kiri, d-pad dan select, sedangkan disebelah kanan ada tombol untuk membesarkan suara, X-Y-A-B layoutnya Xbox, analog kanan,dan tombol start. 

Untuk dibagian sisi kanan, kiri dan bawahnya kosong, tapi kalau untuk dibagian sisi atas rame nih ada tombol L1-R1 dan L2-R2 yang modelnya ala-ala triger, lalu ada lubang usb type-c, jack audio, switch untuk power, dan slot micro sd, btw micro sdnya sudah dapat dari bawaan, kapasitasnya 64GB. Untuk dibagian belakang ada lubang speaker designnya seperti ada 2 speaker, tapi aslinya hanya satu speaker saja. 

Menurut saya menarik juga untuk tampilannya, jadi dibuat satu-satu dari masing-masing jenis console gamennya, ada nama dan keterangannya, jumlah dari gamenya, dan ada indikator baterainya juga. Untuk sistemnya menggunakan versi 2023-08-10 M17, kalau saya baca-baca dia ini firmwarenya menggunakan Emuelec. Jadi ada rasa-rasa batoceranya juga karena si pembuatnya ada ambil dari itu dan untuk bahasanya ada banyak namun bahasa Indonesia tidak ada, dan untuk backlightnya masih bisa disetting. Oh iya sekedar informasi, dari bawannya console game ini sudah dikasih banyak banget game.

Untuk PSP ada sekitar 147 daftar game, Arcade 603 game, Final burn neo 19 game, Mame 13 game, Atari 2600 ada 559 game, Atari 5200 ada 65 game, Atari 7800 ada 81 game, Atari lynx 102 game, CPS1 ada 20 game, CPS2 ada 20 game, CPS3 ada 494 game, PC Engine 290 game, NES 4018 game, NES hack 1073 game, Gameboy 1072 game, Superfamicom 3414 game, SNES 999 game, Nintendo64 ada 51 game, Gameboy color 548 game, Gameboy advance 1081 game, Sega genesis 884 game, Sega gamegear 263 game, Sega megadrive 3402 game, Neogeo pocket 81 game, dan PS1 ada 70 game. Jadi kalau ditotal-total daftar gamenya ada sekitar 19.999, buset banyak bener. 

Setelah saya coba main beberapa game, hasilnya untuk game console NES, SNES, Neogeo, keluarga Gameboy, Atari, Capcom system, Sega, PC engine, dan Mame, rata-rata tergolong lancar. Sedangkan untuk game dari Nintendo64, PS1, dan PSP memang kurang lancar, namun tergantung gamenya juga, karena ada yang tidak parah-parah banget bahkan mendekati lancar. Dari console yang tidak lancar ada kekurangan lainnya, yaitu untuk mapping tombolnya. Terutama untuk analog kanan, ketika saya coba untuk main game Nintendo64 malah tidak bisa. Jadi si analog kanan fungsinya seperti tombol action X-Y-A-B, semacam PVP, dan ini tidak ada pilihan mapping tombolnya juga. Sedangkan kalau untuk feel tombolnya masih oke-oke saja, ada yang empuk dan ada yang clicky, btw untuk R2&L2 bukan trigger ya.

Untuk layarnya secara warna yang dihasilkan dan sudut pandangnya masih cukup baik, hanya saja memang lebih nyaman main didalam ruangan. Ternyata layarnya masih ada gapnya, dan banyak juga yang mempermasalahkan bezel hitam yang kurang proposional, tapi menurut saya tidak terlalu mengganggu. Untuk suara speakernya biasa saja, tapi kadang ketika lagi dimainkan, saya tidak sadar sedikit menutupi lubang speakernya, mungkin karena posisinya yang dekat dengan jari. 

Selain itu, pengaturan tombol suaranya kurang begitu enak, soalnya ketika saya coba tekan sekali berubahnya random tidak naik lima atau persepuluh. Kalau untuk baterainya setelah saya coba dapat waktu main sekitar 2 sampai 2,5 jam, tidak begitu lama. Baterainya sudah tanam, jadi susah untuk dilepas pasangnya, dan kalau rusak gantinya juga susah guys. Nah kalau untuk ngechargenya sekitar 1 sampai 1,5 jam, btw untuk ngechargenya menggunakan adaptor yang outputnya 10watt, sekedar info tidak boleh yang besar-besar ya outputnya.

Nah untuk sistemnya memang menggunakan Emuelect, namun disesuaikan lagi untuk si M17 ini, karena untuk fitur-fitur dan settingan lainnya ada yang dikurangin, beda dengan Emuelect biasa yang pernah saya coba, mungkin memang untuk menyesuaikan juga dengan spek dari M17 ini. Untuk fitur didalam gamenya kita bisa munculkan dengan tekan tombol select dan start, kemudian ada save dan load state gamenya tapi hanya ada satu slot saja, wah beneran terbatas banget ya. 

Btw gamenya ini memang banyak, tapi banyak juga game yang diulang dengan region berbeda. Untuk daftar judul gamenya juga seperti tidak mengurut, tapi untungnya ada fitur untuk mencari game dengan cara tekan tombol Y. Oh iya untuk daftar gamenya bisa ditambah atau diubah, tinggal lepas saja micro sdnya lalu hubungkan ke PC/laptop menggunakan card reader dan untuk kapasitasnya sekitar 58GB sisanya masih sekitar 5GB. Didalamnya ada banyak folder atau file karena selain tempat ROM gamenya, sekaligus tempat firmware sistemnya, jadi hati-hati guys. 

Kalau ingin memasukkan game tinggal masuk saja ke folder ROMS, tetapi difolder ROMS juga ada folder lagi sesuai dengan jenis console gamenya, jadi tinggal copy-paste saja game yang mau dimasukkan ke folder sesuai jenis console dari gamenya, misalnya seperti game PS1 berarti ke folder PSX, atau game PSP ke folder PSP, Gameboy advace ke GBA, dan sebagainya. Nanti otomatis game itu bakal kebaca kok disistemnya, tapi untuk gambar atau box art cara menambahkannya yaitu manual dengan cara ke folder images dari masing-masing console, lalu nama file gamenya sama dengan nama file rom gamenya.

Untuk sistem M17 tidak ada update official atau semacam custom firmware, namun ada yang membagikan firmware bawaan yang lebih bagus, karena katanya ada beberapa yang diperbaiki dari sistemnya. Caranya yaitu bisa download saja dari githubnya, lalu extract dan pindahkan semuanya ke micro sd yang sudah diformat ke exFAT, dan disarankan sekalian ganti micro sd yang lebih bagus, soalnya bisa membantu meningkatkan respon dan loading sistemnya. Nah hasilnya memang ada perubahan, pertama dari tampilan atau temanya, bisa diganti tapi lewat PC untuk ubah file-filenya, kemudian dari menu gamenya menggunakan yang retroarch, sebelumnya juga menggunakan retroach tapi dimodif, jadi tidak selengkap retroach biasanya. Untuk save dan load statenya masih hanya satu slot. 

Untuk performa memang ada peningkatan, namun tetap saja kalau memang keterbatasan hardware itu tidak bisa dibohongi, game yang berat tetap bakalan ngos-ngosan. Oh iya ini ada tambahan, kita bisa mainkan sega dreamcast, hanya saja seperti itu kalau gamenya berat ya tidak enak. Selain itu, masalah mapping tombol yang analog kanan sepertinya tidak bisa diatasin, main Nintendo64 masih sama seperti sebelumnya. Jadi ya belum sepenuhnya difix untuk firmware ini, semoga saja diupdate bisa lebih baik atau ada custom firmware lain yang lebih bagus untuk M17 ini.

Menurut saya M17 secara penggunaan cukup nyaman untuk main game-game retro yang tidak begitu berat, build quality dan fungsi dasar tergolong biasa saja dikelasnya. Fiturnya sedikit, masih ada beberapa kekurangan di sistemnya. Walaupun bisa main banyak jenis console game, namun terbatas dengan spek hardwarenya. 

 

Oke jadi itulah pembahasan untuk console game retro handheld dengan tipe M17. Kalau ada pertanyaan atau info tambahan, silahkan komentar ya. Jika masih belum puas membaca artikel ini, silahkan nonton video unboxing dan reviewnya dibawah ini.

logoblog

Terimakasih sudah membaca MIRIP SWITCH LITE TAPI BISA MAININ BANYAK GAME & LEBIH MURAH! - Console Handheld M17 Portable. Silahkan bagikan artikel ini melalui:

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

1 komentar:

  1. Seberapa pentingnya pemilihan panel layar pada console untuk kepentingan buat enjoy menggunakan nya?

    BalasHapus