ErDev Blog

Bereksperimen dengan Smartphone, Gadget, dan Teknologi.

Kamis, 11 April 2024

HP LIPAT UNIK & MURAH YANG MIRIP Z FLIP!? - Polytron Glozz PG5000Q

Oleh Aulia Intan pada Kamis, 11 April 2024

Yoo Haloo...

Kali ini saya akan membahas HP model lipat yang keliatannya sedikit mirip dengan Galaxy Z Flip namun harganya beda jauh, yaitu Polytron PG5000Q. Polytron PG5000Q merupakan HP yang mempunyai design unik dan fashionable, berasa smartphone lipat kekinian dari Samsung, tapi dari dulu kalau tidak salah sudah ada juga model beginian dari merk apa ya lupa saya. Btw saya beli produk ini lewat Shopink dengan harga 100 ribu, kalau lihat keterangan dari penjual, memang  HP ini stok lama namun tidak lengkap seperti kondisi baru. 

Untuk kelengkapannya saya mendapatkan unit HPnya berwarna hitam, earphone yang model colokannya menggunakan tipe mini usb, lalu dapat baterai dengan kapasitas 850 mAh, charger atau adaptor yang sudah nyambung dengan kabel mini usb dan untuk outputnya berukuran 5V-0,35, terakhir dapat kertas petunjuk penggunaannya.

Untuk bagian luar, didepannya ada layar berukuran 1,1inch, tulisan Polytron, dan kamera 2MP. Lalu dibagian sisi kanan ada tombol samping atau side button, dibagian sisi kiri ada lubang mini usb, dan ini harusnya ada tutupnya, tapi malah tidak ada. Kemudian dibagian sisi bawah ada lubang gantungan, sedangkan dibagian sisi atas hanya ada engselnya saja yang modelnya 1 ditengah, dan dibagian belakang hanya ada tulisan Polytron saja. Menurut saya untuk bahannya beda dengan bagian depan, lebih ke doff. Sedangkan yang depan bahannya glosy, bahkan bisa untuk ngaca, memang dari bentuknya kalau posisinya nutup mirip seperti bedak atau cermin mini.

Untuk dibagian dalam ada layar berukuran 2,4inch, lalu diatasnya ada tulisan Polytron dan earpice sekaligus speaker utama juga, dan dibawah layar ada tombol-tombol yang modelnya QWERTY. Kemudian ada semacam penyangga gitu, tapi lagi-lagi sudah hancur kondisinya, begitu juga untuk yang bagian didekat engsel, sudah mulai rapuh, jadi ketika dibuka tutup keluar deh serpihan-serpihannya. Untuk bagian belakang bisa dibuka back covernya, dan didalamnya terdapat slot untuk mini sim card, micro sd, dan keterangan PG5000Q Dark Chrome, ternyata keterangan warnanya. Tapi kok ada yang aneh ya, kenapa imeinya dicoret dan ada tulisan A. Masa iya kalau grade A seperti ini sih, ah yaudahlah yang penting HPnya nyala guys.

HP Polytron PG5000Q termasuk ke feature phone, namun mempunyai beberapa fitur unggulan pada zamannya, karena HP ini sebenarnya sudah dirilis sekitar tahun 2011 dengan harga waktu itu sekitar 900 ribuan. Untuk model menunya yaitu gride 4x3 dan ikonnya tidak seragam untuk bentuknya, kemudian seperti biasa ada untuk sms dan nelpon, lalu untuk keyboardnya menurut saya empuk, minim suara, sudah ada backlightnya, dan menurut saya cukup enak untuk keyboardnya.

HP ini juga dulunya mungkin memang mengedepankan sosial media atau komunikasi, soalnya sudah ada beberapa aplikasi macam email, palringo, facebook, twitter bahkan ada beberapa layanan langganan berbayar untuk akses sosial media zaman dulu macam friendster, hi5, myspace, dan sebagainya, aduh legend banget nih. Namun sayangnya semua itu sudah tidak bisa diakses, dan lucunya walaupun di HP ini banyak layanan yang berbasis internet, jaringan di HP ini masih terbatas di 2G. 

Nah ngomongin soal jaringan untuk saat ini kalau lihat di bar, sinyalnya memang muncul, tapi kok ada keterangan sim salah, dan untuk teleponnya juga tidak bisa. Saya sudah coba gunta-ganti sim, tapi tetap sama saja. Kalau kata saya ini berasa kayak keblok gitu imeinya, padahal saya beli yang keterangan ditokonya sinyal muncul, soalnya ada juga yang harga 70 ribu dan diketerangannya memang no sinyal, selain itu layar depannya juga kayaknya sudah tidak berfungsi, haduh kayaknya lagi dapet yang apes juga nih.

Terlepas dari itu, padahal HP ini lumayan keren loh, selain bentuknya. Untuk sistemnya cukup gesit, bisa ganti warna tema, memunculkan shortcut-shortcut dihome screennya, bahkan bisa ganti gambar saat menyalakan atau mematikan HPnya. Selain itu, kerennya lagi ternyata HP ini support java, pantas saja ketika buka beberapa aplikasi sosial media ada tulisan java. Kita bisa langsung install file java yang berformat jar, misalnya game. Nanti ada pilihan juga mau installnya ke memori telepon atau micro sd, btw internal di HP ini kapasitasnya 70MB.

Untuk beberapa  game java yang sudah saya coba, ternyata bisa berjalan dengan lancar dan untuk gamenya harus cari yang menyesuaikan layar landscape 320x240. Selain itu HP ini sudah mempunyai fitur perkecil atau minimize aplikasi, semacam multitasking, jadi ketika keluar lalu masuk lagi, aplikasinya tidak mengulang dari awal, tapi tetap lanjut walaupun memang terbatas sih. HP Polytron PG5000Q secara fitur multimedianya lumayan, ada radio tapi harus colok earphone, ada pemutar musik, untuk kualitas suara speakernya ternyata bagus juga ya untuk HP sekelas Polytron PG5000Q, lumayan banget untuk mendengarkan musik. 

Kemudian untuk disisi kameranya juga ternyata bisa digunakan untuk foto dengan resolusi 1600x1200, kalau video memang hanya disediakan pilihan kualitas tinggi, formatnya masih 3GP. Jujur saja HP ini sebenarnya unik banget, dari segi design dan fiturnya juga lumayan keren untuk sekelas HP dari merk lokal, sayangnya saya mendapatkan kondisi yang kurang baik, dan memang HP ini sudah lama juga dan sepertinya reject pabrik pula, jadi ya kalau beli berasa gacha atau untung-untungan guys. 


Oke jadi itulah pembahasan untuk HP model lipat yang keliatannya sedikit mirip dengan Galaxy Z Flip namun harganya beda jauh, yaitu Polytron PG5000Q. Kalau ada pertanyaan atau info tambahan, silahkan komentar ya. Jika masih belum puas membaca artikel ini, silahkan nonton video unboxing dan reviewnya dibawah ini. 

logoblog

Terimakasih sudah membaca HP LIPAT UNIK & MURAH YANG MIRIP Z FLIP!? - Polytron Glozz PG5000Q. Silahkan bagikan artikel ini melalui:

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar