ErDev Blog

Bereksperimen dengan Smartphone, Gadget, dan Teknologi.

Kamis, 11 April 2024

HP JADUL SYMBIAN YANG KONDISINYA MASIH BARU! - Nokia 603

Oleh Aulia Intan pada Kamis, 11 April 2024


Yoo Haloo...

Kali ini saya akan membahas HP yang menggunakan OS Symbian, yaitu Nokia 603. Saya membeli produk ini lewat Shoping dengan harga 600 ribuan, dan kata penjualnya produk ini kondisinya masih baru tapi stok lama. Untuk kelengkapannya saya mendapatkan unit HP berwarna hitam, kartu garansi yang masih Nokia, belum Microsoft atau HMD Global, lalu dapat kertas panduan layanan Nokia musik, kertas panduan singkat penggunaan HPnya, dan kertas informasi produk dan keselamatan. Kemudian saya  dapat semacam kartu Nokia Giftcard seperti NFC gitu deh, lalu dapat stiker Nokia, nomor telepon customer service, dan kabel data micro usb, namun kabelnya sudah agak lengket-lengket seperti bahan karet yang sudah kelamaan, ya wajar sih barang sudah lama didalam kotak. 

Lanjut, saya dapat earphone, kalau untuk earphone karetnya aman, tapi untuk cover si earphonenya sudah rapuh bahkan rusak, lalu dapat charger yang sudah nyambung dengan kabel micro usb dan untuk outputnya sebesar 5V-1,2A. Kemudian dapat baterai yang bertipe BP-3L dengan kapasitas 1300 mAh, untuk fisik baterai kondisinya masih bagus, belum hamil. Btw untuk finishing HPnya doff, dan menurut saya terasa enak banget dipegangnya karena bahannya bagus. Memang HP Nokia zaman-zaman dulu masih okelah build qualitynya, bentuk dari HPnya juga saya rasa nyaman karena masih compact banget. Kalau diperhatikan HP ini memang benar kondisinya seperti baru, dari bodynya tidak ada bekas pemakaian.


Untuk dibagian depan ada layar berukuran 3,5inch, lalu diatasnya ada tulisan Nokia, earpice dan sensor, sedangkan dibawahnya ada tombol call, home, end call, dan microphone. Kemudian dibagian sisi kanan ada tombol pengatur volume, dan kamera, lalu dibagian sisi kirinya kosong. Lanjut, dibagian sisi bawah ada lubang untuk gantungan atau strap, dibagian sisi atas ada lubang micro usb, jack audio dan tombol kunci, sedangkan dibagian belakang ada kamera 5MP, lubang speaker, dan tulisan Nokia 603. Ketika back covernya dibuka, didalamnya terdapat slot micro sim dan micro sd kapasitas 2GB, dikasih dari bawaannya, lumayan. Kemudian ada keterangannya model 603, typenya RM-779, dan masih ada segel Nokianya juga. Btw karena HP ini support NFC, jadi komponen NFCnya itu nempel di back cover.

Jadi HP Nokia 603 menggunakan OS Symbian Belle dengan versi 111.030.0609, dan untuk tanggal versi softwarenya yaitu 26-11-2011, kemungkinan ini memang masih versi bawaan, soalnya tidak jauh-jauh dari tanggal rilis HP ini. Untuk memorinya yang telepon sisa sekitar 189MB, massal atau massnya 470MB, sedangkan micro sd masih ada ruang sekitar 1,8GB. Btw memori internalnya sudah terpotong banyak aplikasi dan file tambahan dari bawaannya, misalnya saja untuk musik sudah dikasih beberapa lagu lokal yang original, mantap. HP ini juga sudah support NFC, biasanya digunakan untuk koneksi ke perangkat lain, pembayaran, atau untuk beberapa game juga bisa supaya membuka fitur dalam gamenya dan sebagainya, kalau dulu mungkin belum begitu sepopuler sekarang ya penggunaan NFC. 

Sayangnya diunit saya, ketika saya coba menggunakan kartu sim malah muncul peringatan pendaftaran kartu sim gagal dan jaringan tidak tersedia, jadi sinyalnya tidak muncul, padahal ini kan garansi resmi. Kemungkinan karena baru diaktifkan, jadi tidak terdaftar imeinya. Banyak juga kan kasus HP jadul yang resmi sekalipun tetap kena blok imei, parah memang. Padahal lumayan nih kalau masih bisa, bisa digunakan untuk teleponan atau sekedar menyimpan kartu sim. Oh iya HP ini ternyata sudah support OTG ya, bisa colokin flashdisk, dan lumayan juga nih untuk keluaran suara speakernya.

Nokia 603 rilis sekitar tahun 2011, jadi sudah sekitar 13 tahun lalu dengan harga waktu itu sekitar 2 jutaan rupiah. Btw ada fun fact nih, sebenarnya saya sedikit trauma dengan HP ini, karena Nokia 603 ini merupakan HP Symbian Belle pertama yang saya punya, sekitar tahun 2015. Saya beli bekas dari orang CODan gitu, dan karena polosnya saya waktu itu, jadi tidak banyak ngecek dan  langsung dibayar saja karena saking tertariknya dengan HP ini. Kemudian ketika saya sampai rumah, ternyata HPnya rusak. Jadi kalau menggunakan kartu sim dan jaringan 3G HPnya langsung mati, restart-restart gitu jadinya. Saya inisiatif nyari-nyari tukang service tapi tidak ada yang bisa membetulkan. Kesal banget saya, mana harganya kalau tidak salah sama dengan HP yang sekarang saya beli, yaitu 600 ribuan, udah gitu kondisinya batangan pula, waktu itu saya dapat yang warna pink. Kemudian besoknya langsung saya jual lagi, hanya laku 100 ribuan, aduh mana duit hasil jerih payah ikut lomba, eh malah kejeblos. Saya jadi kesal nginget kejadiannya, jadi bikin inget nyeseknya waktu itu. 

Oke lanjut bahas HP Nokia 603 ini ya guys, untuk spesifikasinya Nokia 603 menggunakan CPU dengan clockspeed 1GHz, RAMnya 512MB, internal 2GB, layarnya 3,5inch IPS 360x640 pixels, kameranya 5MP, baterainya berkapasitas 1300 mAh, dan OSnya Symbian Belle. HP Nokia dengan OS Symbian untuk sekarang memang sudah dihentikan pengembangannya, mentok diversi Belle FP 2, dan sudah banyak juga aplikasi yang tidak support lagi, padahal dulunya support, seperti whatsapp, facebok, dan masih banyak lagi. Jadi sudah banyak banget keterbatasannya, apalagi kalau imeinya kena blok, sudah deh tidak ada fungsi selulernya. Paling rata-rata untuk dijadikan koleksi saja atau kalau mau bisa digunakan sebagai multimedia, misalnya untuk mendengarkan musik, radio, nonton video, dijadikan alarm, dan sebagainya. Btw bisa juga nih jadi bahan oprek-oprek karena OS Symbian itu dulu terkenal dikhasanah per-oprekan HP, yang sudah tau pasti tidak asing lah dengan oprek tampilan UInya, mod aplikasinya, atau hack HPnya. Jadi dengan istilah hacknya itu membuka banyak hal yang bisa dilakukan disistem Symbian lebih dalam.

Nah untuk OSnya ini masih bisa diupdate sebenarnya, tapi memang sedikit ribet, tidak bisa langsung dari HPnya karna servernya sudah mati, jadi harus secara manual diflash firmware yang versi terbarunya.Tapi kayaknya biasa saja kalau menggunakan firmware original, karena sebelumnya pernah saya bahas juga diNokia 700, maka dari itu saya coba menggunakan custom firmware yang lumayan terkenal yaitu Delight. Jadi CFW ini support beberapa tipe HP Symbian S3 sampai Belle, dan untuk yang Nokia 603 sudah final version. Untuk pasangnya juga mirip seperti flash firmware originalnya, bisa menggunakan software Phoenix atau BEST dan lain sebagainya. Hanya saja memang kalau oprek HP-HP jadul seperti HP ini lebih baik menggunakan PC/Laptop dengan OS Windows XP/7, karena saya pernah mengalami ketika ngeflash diWindows 10, malah bluescreen, dan jadi rusak tuh HPnya, waktu itu saya coba ngeflash Nokia N95, dan hanya bisa diflash dalam keadaan HP normal saja. 

Oke lanjut, setelah menggunakan CFW Delight memang ada beberapa perubahan ditampilannya, lalu ada fitur yang memungkinkan kita bisa internetan lagi diHP jadul ini, karena bisa bypass internet securitynya, ada mod resolusi dikameranya juga, dan pastinya ini sudah dalam status hack, jadi bisa bebas install aplikasi atau game yang sertifikatnya kadaluawarsa atau unsign, ya pokoknya masih banyak kelebihan dari CFW Delight ini dibandingkan dengan yang original.

Proses hack biasanya langsung di HPnya, ada yang memanfaatkan aplikasi antivirus, semacam appmanager, dan banyak metodenya tergantung versi atau dari merk HP juga, kalau yang merk Nokia ini biasanya gampang. Nah kalau sekarang untuk hack mungkin lebih dimanfaatkannya untuk install aplikasi atau game yang sudah kadaluwarsa atau unsign. Jadi HPnya memang ingin dipakai untuk nostalgia memainkan beberapa game Symbian, yang saya rasa masih seru-seru gamenya. Untuk grafik game diSymbian Belle sudah lumayan bagus loh, contohnya seperti game tintin, spiderman, asphalt, dan lain-lain. Btw buat yang nyari file-file bahan hack, aplikasi atau  game Symbian, tinggal masuk saja kegroup facebooknya, disitu banyak kok yang membagikan dan bisa sekalian diskusi juga.

Nokia 603 memang tidak begitu legend sih, tapi OS Symbiannya itu yang legend. Karena ini barang kondisi baru stok lama, bisa jadi nilai lebih karena kondisinya yang masih kinyis-kinyis. Namun dengan harga 600 ribuan saya rasa lumayan ya, apalagi kalau dilihat untuk fungsi yang sekarang, tapi kalau untuk kolektor mungkin ini bisa jadi barang bagus.


Oke jadi itulah pembahasan untuk HP yang menggunakan OS Symbian, yaitu Nokia 603. Kalau ada pertanyaan atau info tambahan, silahkan komentar ya. Jika masih belum puas membaca artikel ini, silahkan nonton video unboxing dan reviewnya dibawah ini. 

logoblog

Terimakasih sudah membaca HP JADUL SYMBIAN YANG KONDISINYA MASIH BARU! - Nokia 603. Silahkan bagikan artikel ini melalui:

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar