ErDev Blog

Bereksperimen dengan Smartphone, Gadget, dan Teknologi.

Minggu, 07 April 2024

iPAD PERTAMA YANG DIRILIS APPLE, DULU PALING CANGGIH DAN REVOLUSIONER! - iPad 1st Downgrade iPhoneOS

Oleh Aulia Intan pada Minggu, 07 April 2024



Yoo Haloo...

Kali ini saya akan membahas perangkat dari Apple yang pertama kali dirilis, yaitu iPad generasi pertama. Saya membeli produk ini lewat Tokopaedi dengan kondisi bekas-batangan, seharga 400 ribuan. Kata penjualnya ini unit normal, tapi kemungkinan ada beberapa kekurangan, ya wajar saja barangnya juga sudah cukup berumur. Dari kondisi bodynya ada beberapa yang lecet, lalu dibagian samping-samping layar seperti ada bekas lem, wah agak mencurigakan sih. Ukurannya memang besar banget dengan berat sekitar 730 gram, btw ini yang varian cellular. iPad generasi pertama hanya mempunyai 1 warna, yaitu silver dan bagian depan berwarna hitam.

 
Untuk dibagian depan ada layar berukuran 9,7inch, lalu dibagian atas ada sensor dan dibagian bawah ada tombol home. Untuk dibagian sisi kanan ada switch, namun fungsinya bukan seperti biasanya yaitu untuk mute, melainkan untuk kunci rotasi layar. Selain switch ada juga tombol volume, dan dibagian sisi bawah ada lubang speaker serta konektor 30 pin. Kalau untuk dibagian sisi kirinya, karena ini versi cellular jadi ada slot sim yang bentuknya single micro sim. Kemudian dibagian sisi atas ada lubang jack audio, microphone, antena cellular, dan tombol power. Sedangkan dibagian belakangnya ada logo Apple kroak yang besar, ada tulisan iPad dan kapasitasnya 64GB, serta keterangan blablabla. 
 
Dari warnanya sedikit mirip dengan iPhone pertama, namun yang iPad generasi pertama lebih doff dan sedikit licin. Kalau untuk bahannya masih sama-sama dari metal, lebih terasa solid. Untuk iPad generasi pertama sisinya sudah dibuat sedikit flat walaupun dibelakangnnya masih sedikit melendung, dan yang membuat bentuknya jadi tambah besar yaitu karena bezel samping layar yang tebal. Kadang kalau dilihat-lihat jadi seperti Macbook, hanya tinggal diputar saja logo Applenya. Sebenarnya untuk aplikasi bawaannya hanya sedikit, namun sudah ada beberapa tambahan dari aplikasi atau game pihak ketiga dan tidak direset lagi oleh penjualnya. Tapi untungnya ketika saya cek dipengaturan, untuk iCloud kondisinya kosong atau sudah logout.

Ternyata ini unit iPad inter, dengan akhiran kode model : LL, menggunakan iOS versi 5.1.1 dengan kapasitas 64GB dan yang tersedia sekitar 55GB, serta internal berkapasitas 64GB. Walaupun ini unit inter, ternyata untuk sinyalnya masih aman. Saya sudah coba menggunakan kartu Tri dan sinyalnya muncul, kemungkinan imeinya masuk whitelist ya. Namun karena jaringan 3G, beberapa sudah dihentikan, jadi iPad ini otomatis menggunakan jaringan 2G. Sebenarnya sedikit kurang bermanfaat juga sih, karena jaringan 2G untuk internetan sudah lelet banget, dan iPad juga tidak bisa untuk telepon atau sms lewat seluler, jadi ujung-ujungnya ya wifi only juga. Untuk sekarang internetan di iPad pertama sudah susah, karena banyak web yang tidak support, entah itu dari keamanan browsernya yang sudah tertinggal, atau teknologi rendering webnya, jadi tidak semua web bisa diakses.

Begitu juga untuk aplikasinya, karena versi iOSnya sudah ketinggalan banget, banyak aplikasi yang sudah tidak support atau tidak bisa diinstall. Kalau pun ada, itu aplikasi atau versi yang lama. Jadi sudah tidak layak banget sebenarnya kalau untuk pemakaian aplikasi atau untuk produktivitas, jadi sayang juga ya internal yang 64GB itu, makin terasa berat banget. Walaupun memang bisa kalau digunakan sekedar untuk game-game lawas, nonton video dipenyimpanan lokal, atau untuk media player. 
 
Tapi memang lebih cocoknya dipensiunin atau untuk koleksi saja jangan untuk kerja berat, cukup bobotnya saja yang berat tidak usah ditambah lagi, karena lama-lama jadi capek juga pegangnya. Btw iPad generasi pertama kalau digunakan untuk main game yang lebih berat, sepertinya seru juga nih buat dicoba. Untuk fungsi yang lainnya di iPad generasi pertama ini normal, saya coba wifi, bluetooh, dan gps semuanya berfungsi. Tombolnya walaupun sedikit keras, tapi masih bisa kok.

Kemudian untuk layarnya walaupun ada banyak bekas lem, ketika menyala tidak ada masalah, masih bersih dan enak touchscreennya. Untuk baterai, karena ini unit bekas dan lama, menurut saya masih termasuk awet dan tidak drop. Sayangnya iPad generasi pertama tidak diberikan kamera, jadi tidak bisa untuk foto-foto, dan yang paling saya suka yaitu speakernya, nendang banget suaranya enak untuk mendengarkan musik atau nonton film. 

iPad ini pertama kali dirilis dengan harga $499 sekitar tahun 2010, jadi 3 tahun setelah perilisan iPhone generasi pertama. Fakta uniknya, walaupun iPhone generasi pertama lebih dulu dirilis, namun dalam hal pengembangannya ternyata lebih dulu si iPad generasi pertama, kalau seperti itu harusnya iPad dulu yang dirilis,  namun si Apple memutuskan kalau iPhone itu lebih penting untuk dirilis lebih dulu. Sebenarnya 30 tahun yang lalu atau sekitar tahun 1993 sebelum ada seri iPad, Apple sudah punya Tablet, namanya Newton MessagePad 100, layarnya masih hitam putih dan ada stylus bawaannya, jadi belum memasuki era Tablet modern. Dulu Steve Jobs menyebut iPad sebagai perangkat yang paling canggih, magis, dan revolusioner, namun banyak orang yang menganggap iPad sebagai iPod touch raksasa. 

Karena memang fiturnya mirip, apalagi kalau dulu sistem yang digunakan sama-sama iOS, jadi tidak begitu beda jauh. Namun ada beberapa fitur tambahan, misalnya seperti gesture sudah dikenalkan di iPad generasi pertama, lalu tampilan UInya sudah mendukung landcaspe, dan beberapa aplikasi eksklusif untuk iPad, namun tetap saja kalkulator tidak ada dari zaman dulu.

Untuk spesifikasinya iPad generasi pertama menggunakan chipset Apple A4 ARM Cortex-A8 1 GHz, RAMnya 256MB dengan pilihan storage 16, 32 atau 64 GB, layarnya IPS berukuran 9,7inch dengan GPU PowerVR SGX535, baterainya berkapasitas 6000 mAh, dan menggunakan sistem operasi awal iPhone OS 3.2. Nah kondisi sekarang sudah menggunakan iOS 5.1.1 dan saya rasa diversi iOS 5.1.1 pun sudah banyak keterbatasannya, jadi sekalian saja deh diturunin lagi ke OS versi awalnya, supaya lebih antik. Tapi sudah bukan rahasia umum kalau downgrade diperangkat Apple itu ribet bin ruwed, contohnya seperti di iPhone generasi pertama yang banyak ritualnya, nah begitu juga di iPad generasi pertama.  

Oke jadi sudah saya coba downgrade ke sistem operasi awalnya yaitu iPhone OS 3.2, iPhone OS 3.2 tampilannya lebih sederhana lagi, ada banyak fitur yang belum tersedia dibandingkan dengan versi iOS 5.1.1 sebelumnya, lebih agak ringan, dan pastinya lebih banyak aplikasi yang tidak support. Tapi seperti yang saya bilang, ini lebih ke barang koleksi jadinya, dan bakalan lebih antik kalau sistemnya juga versi paling jadul dari perangkat ini. 

Tapi sayangnya downgrade ini sifatnya tethered, jadi kalau dimatikan atau direstart iPadnya, kita harus ritual lagi, yaitu ulangi cara downgradenya. Ulangi lagi proses yang menggunakan aplikasi redsnow supaya bisa masuk ke sistem iPhone OS 3.2. Memang jadinya leih ribet, tapi setidaknya saya bisa merasakan iPad generasi pertama dengan OS yang pertama kali digunakan di iPad.

iPad memang menjadi salah satu alternatif sebuah PC portable, ada yang menggunakan untuk kegiatan belajar, bermain game, untuk bidang kreatif, serta kegiatan produktivitas lainnya. Makin kesini pilihan tipe iPad semakin banyak, dari yang harganya cukup terjangkau sampai yang punya performa tinggi. Kehadiran iPad juga menjadi sebuah dorongan teknologi, khususnya komputer Tablet untuk lebih maksimal penggunaannya, dan tidak hanya dicap sebagai smartphone yang hanya dibesarkan layarnya, tapi bisa lebih dari itu secara penggunaannya.



Oke jadi itulah pembahasan untuk perangkat dari Apple yang pertama kali dirilis, yaitu iPad generasi pertama. Kalau ada pertanyaan atau info tambahan, silahkan komentar ya. Jika masih belum puas membaca artikel ini, silahkan nonton video unboxing dan reviewnya dibawah ini.

logoblog

Terimakasih sudah membaca iPAD PERTAMA YANG DIRILIS APPLE, DULU PALING CANGGIH DAN REVOLUSIONER! - iPad 1st Downgrade iPhoneOS. Silahkan bagikan artikel ini melalui:

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar