ErDev Blog

Bereksperimen dengan Smartphone, Gadget, dan Teknologi.

Selasa, 02 April 2024

CONSOLE GAME MURAH MIRIP GAMEBOY TAPI LEBIH CANGGIH! - Powkiddy V90 & Miyoo CFW

Oleh Aulia Intan pada Selasa, 02 April 2024

Yoo Haloo...

Kali ini saya akan membahas console game lipat yang bisa memainkan banyak game dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu Powkiddy V90. Harganya memang lebih murah dibandingkan dengan console game sejenis yang pernah saya bahas, saya membeli produk ini lewat Shopink dengan harga 500 ribuan. Untuk kelengkapannya saya mendapatkan unit console game berwarna kuning, kabel yang berfungsi untuk ngecharge dan sudah usb type-c, lalu ada kertas panduan yang menggunakan bahasa China dan Inggris, serta kertas pemberitahuan yang intinya kalau ingin mematikan console game ini harus dari menu shutdown, jangan langsung dari tombol power, karena nanti bisa merusak sistemnya.


Lanjut kita bahas bentukan si console game ini, untuk dibagian depan ada tulisan Powkiddy, dibagian kanan ada switch power, dan sudah ada slot micro sd yang ditutupin dengan segel. Untuk disisi bawah ada lubang jack audio dan usb type-c, disisi kiri ada knob pengatur volume, disisi atas ada tombol L1-L2 dan R1-R2, lalu ada lubang untuk gantungan, sedangkan dibagian belakang ada tempat untuk baterai yang tipenya BL-5C berkapasitas 1020 mAh. Kalau console game ini posisinya terbuka, jadi terlihat ada layar yang berukuran 3inch, ada tombol D-Pad, menu, star select, XY-AB, dan ada 2 lubang speaker.

Untuk menunya disini ada beberapa bagian, yang pertama yaitu alat-alat seperti file manager, pemutar musik atau video, lalu ada menu untuk emulator game yang bisa dimainkan, ada GB, Famicom, Sega, PCEngine, Neogeo, sampai PS1 juga ada nih, cukup banyak ya. Selain itu, ada menu untuk game portingan dan ada menu untuk konfigurasinya. Untuk sistemnya menggunakan GMenuNX basenya dari openlinux, dengan build 20 Maret 2019 dan ini juga masih bisa diubah ya sistemnya, nanti coba dioprek deh. 

Nah saya bahas dulu yang gamenya nih, jadi untuk masing-masing emulator sudah dapat game dari sananya, jumlahnya banyak banget bisa sampai ratusan disetiap emulatornya dan tidak diulang-ulang. Jadi kalau ditotal bisa sampai ribuan game, sudah kenyang lah dengan per game-an ini. Dari beberapa game yang sudah saya coba, ternyata ada yang lancar dan ada juga yang tidak lancar. Misalnya seperti game yang ada diSuper Famicom dan game PS1, ya kalau PS1 mungkin agak masuk akal karena spek yang cukup terbatas, tapi untuk Superfamicom kayaknya agak janggal. Memang dari beberapa infonya karena sistem dan performanya yang kurang baik dan ada juga yang bilang micro sd bawaannya itu kualitasnya jelek.

Kalau ngomongin soal sistem, sebenarnya dari segi fitur menurut saya standar sih, bisa untuk save 1 dan load state gamenya, lalu bisa mapping tombol, atau utak-atik segala macam, dan disetiap jenis game itu emulatornya beda-beda, jadi punya settingan dan tampilannya masing-masing. Untuk memunculkan menu ketika lagi main game bisa tekan tombol menu, dan kalau ingin keluar tinggal pilih exit atau quit saja, tapi kadang ada juga yang untuk memunculkan menunya dengan mengklik tombol sellect dan start. Btw untuk gamenya juga masih bisa ditambah atau diganti ya, tapi ya harus lepas segel, karena untuk menambah game nya itu sendiri dengan cara memasukkan gamenya itu ke microsd, menggunakan card reader lalu disambungkan ke PC, setelah itu tinggal copy-paste saja file gamenya ke partisi Q90 folder roms dan sesuaikan dengan jenis console dari gamenya, misalnya Gameboy Advance berarti kefolder GBA. Oh iya untuk micro sd nya ini berkapasitas 16GB dan sudah hampir full.

Jujur saja untuk tampilan UInya menurut saya kurang begitu menarik walaupun bisa gunta-ganti skin, kelihatannya masih kurang rapih. Selain itu, sistemnya juga agak ribet dan kadang suka macet gitu, jadi rawan. Kalau ingin mematikan si console game ini harus lewat menu shutdown, baru ke switch power, kalau langsung mematikan dari switch power bisa bootloop alias mentok tidak bisa masuk ke menu. Untuk solusinya bisa dengan cara lepas, lalu pasang kembali micro sd nya, sedangkan ada segel dimicrosd itu, mau tidak mau nanti bisa menghanguskan garansi karena kita lepas pasang micro sd. Namun sebenarnya sih garansinya juga kurang jelas, karena tidak resmi. Tapi oke lah kalau dengan lepas-pasang micro sd jadi normal kembali, kalau tidak begitu ya terpaksa harus install ulang firmwarenya. Kalau sudah seperti itu mending sekalian ganti micro sd dan sistem firmwarenya saja, saran saya sih sebelum bermasalah langsung aja deh diganti.

Untuk Powkiddy V90 ini ternyata ada custom firmware nya loh, namanya Miyoo CFW, kalau ingin menggunakan firmware ini kita harus backup dulu gamenya atau folder roms dari micro sd yang lama, kalau sudah baru bisa dieksekusi. Lalu di micro sd yang baru, harus diformat terlebih dahulu menjadi fat32, setelah itu menggunakan Win32DiskImager untuk write file firmwarenya. Kalau sudah tinggal extend saja ukuran partisi main, menggunakan partition wizard, ini kan cuma kebaca 1gigaan ya, jadi tinggal tambahin saja dari sisa yang tidak terpakai dan apply. Nah baru deh kita pindahkan lagi tuh game-game yang dibackup tadi ke partisi main folder roms, kalau sudah tinggal pasang micro sd nya, lalu nyalakan. Untuk hasilnya, menggunakan custom firmware ini memang tampilannya jadi lebih menarik, dan banyak tambahan emulator, serta ada peningkatan performa ketika main gamenya, tapi memang kalau untuk main game PS1 masih kewalahan guys. Selain itu, kita juga bisa menggunakan retroarch dan beberapa aplikasi homebrew lainnya, pokoknya jadi lebih enak lah kalau menggunakan custom firmware ini dibandingkan sistem bawaannya.

Secara design, Powkiddy V90 ini mirip dengan Gameboy Advance SP, bentuknya kecil kalau dalam kondisi lipat, bahkan ini lebih kecil dari Miyoo Mini, dan enaknya kalau dibawa-bawa tidak akan kepencet-pencet tombolnya, jadi lebih aman. Namun dari kualitas bahannya memang terasa lebih murah, jadi build qualitynya kurang bagus, terutama dibagian engselnya berasa ringkih. Btw diunit saya ini juga ketika baru beli sudah ada death pixel dilayarnya, sayang banget. Untuk feel genggamnya, console game mini seperti ini memang kurang nyaman, apalagi kalau tangannya besar, sebenarnya untuk tombolnya ini sudah lumayan enak, empuk dan tidak kecil-kecil banget guys.

Untuk kualitas layarnya menurut saya cukup-cukup saja sesuai dengan harga, tapi kalau penasaran sama kekurangannya, nih saya kasih tau. Untuk kekurangan dari layar console game ini warnanya agak kurang pekat dan resolusinya juga kurang tajam, ya mau gimana lagi. Tapi kalau untuk speakernya memang beneran kurang bagus, walaupun stereo tapi suaranya jelek dan cempreng. Untuk baterainya pemakaian saya dalam bermain game bisa dapat sekitar 3 jam dan ngechargenya menggunakan adaptor 5W sekitar 2 jam. Nah karena dia menggunakan baterai BL-5C yang biasa ada di HP-HP Nokia, jadi enak nih kalau mau ganti atau buat cadangan, soalnya baterai ini masih banyak yang jual dan harganya juga murah.

Powkiddy V90 ini bisa menjadi sebuah console retro gaming alternatif ala-ala Gameboy Advance SP, namun dengan berbagai macam fitur dan kemampuan menjalankan banyak jenis gamenya. Sebenarnya kalau cari console game lipat yang tidak harus kondisi baru dan harganya tidak jauh beda bahkan lebih murah, bisa pilih Nintendo DS, karena dari segi fiturnya tidak jauh beda, bisa untuk memainkan banyak game retro juga bahkan game Nintendo DSnya. Tapi ya masing-masing orang punya pilihan dan kebutuhan, ada harga, ada rupa dan memang ada beberapa hal yang perlu diperhatikan juga kalau ingin membeli Powkiddy V90 ini, khususnya untuk build quality dan optimalisasi performanya.


Oke jadi itulah pembahasan console game lipat yang bisa memainkan banyak game dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu Powkiddy V90. Kalau ada pertanyaan atau info tambahan, silahkan komentar ya. Jika masih belum puas membaca artikel ini, silahkan nonton video unboxing dan reviewnya dibawah ini.


logoblog

Terimakasih sudah membaca CONSOLE GAME MURAH MIRIP GAMEBOY TAPI LEBIH CANGGIH! - Powkiddy V90 & Miyoo CFW. Silahkan bagikan artikel ini melalui:

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar