ErDev Blog

Bereksperimen dengan Smartphone, Gadget, dan Teknologi.

Jumat, 12 April 2024

iPHONE YANG PALING PERTAMA DIRILIS, TERNYATA AWALNYA BEGINI! - iPhone 2G Downgrade iPhoneOS 1.0

Oleh Aulia Intan pada Jumat, 12 April 2024


Yoo Haloo...

Kali ini saya akan membahas sebuah iPhone, sekarang lagi rame banget nih tentang iPhone generasi terbaru yaitu iPhone 15. Namun yang ingin saya bahas sekarang ini bukan yang baru itu, melainkan iPhone generasi yang paling awal yaitu iPhone 2G, seri iPhone yang pertama kali dirilis sekitar tahun 2007 atau 17 tahun yang lalu. 

Btw saya beli produk ini lewat Tokopaedi dengan harga 300 ribu saja, untuk wujud iPhone pertama designnya dibikin ngebulet supaya nyaman digenggamnya dan untuk warnanya hanya ada 1 yaitu perpaduan antara hitam dan silver. Kemudian bagian depan dan framenya glosy tapi belakangnya dibikin agak doff, yang hitam bahannya plastik namun yang silver bahannya alumunium, menurut saya rasanya memang kokoh banget ketika pegang si iPhone 2G ini.


Untuk dibagian depan ada layar berukuran 3,5inch, di atasnya ada earpice dan sensor, lalu dibawahnya ada tombol home. Kemudian dibagian sisi kiri ada tombol pengatur volume dan switch untuk silent, sedangkan dibagian sisi kanannya kosong. Lanjut, dibagian sisi bawah ada lubang microphone, 30 pin konektor, dan speaker, lalu dibagian sisi atas ada lubang jack audio, slot sim tray, single mini sim, dan tombol power. Untuk dibagian belakang, ada kamera 2MP, logo Apple, dan tulisan iPhone blablabla dengan kapasitas 8GB. 

Ternyata dari dulu iPhone memang seperti ini konsepnya minim tombol navigasi, baterai tanam, tidak ada dual sim fisik, tidak ada slot memori external, dan memori internalnya sudah besar. Bayangkan saja internal 8GB ditahun 2007 itu lumayan banget loh, dan untuk build qualitynya juga memang sudah terasa premium juga. Nah kondisi fisik unit yang saya dapat ini memang tidak begitu bagus, karena selain cukup banyak lecet, ada penyoknya juga, ya wajar sih barang second dan sudah lama banget. 

Dengan harga segitu menurut saya tergolong murah banget untuk iPhone 2G, karena diIndonesia cukup langka. Kalau pun ada harganya bisa sampai sejuta atau dua juta keatas, tapi itu yang bisa nyala normal, ya mines-mines dikitlah. Nah kenapa unit yang saya beli ini murah? nanti bakal tau sendiri lah guys. Ketika dinyalakan, HPnya mentok digambar kabel yang kearah kepingan disk atau musik, jadi maksudnya iPhone ini harus dihubungkan ke aplikasi iTunes, karena kemungkinan ada kerusakan pada sistemnya atau softwarenya. Semoga saja hanya itu, karena belum tau juga kondisi yang lainnya, jadi saya berasa beli kucing dalam karung wkwkwk.

Btw sebelumnya saya tidak pernah oprek iPhone 2G, jadi masih buta banget. Tetapi tebakan saya untuk membetulkannya ini sepertinya cukup restore saja dengan cara download firmware iPhone 2G yang versi terbaru yaitu iPhone OS 3.1.3. Tapi anehnya kok semua statusnya unsign ya, biasanya yang bisa digunakan itu yang warna hijau atau sign. Setelah saya cari-cari info, ubek-ubek google dan youtube akhirnya saya dapat pencerahan, jadi iPhone 2G beberapa ada yang lock simcard, harus pakai operator tertentu, khususnya untuk unit luar, dan kebetulan unit saya ini termasuk itu. 

Hadeuh saya kira bakalan lancar-lancar saja jalannya, jadi ingat kata-kata bang Luffy. Kalau sudah seperti ini, selain harus menggunakan sim tertentu itu, ada cara lain dengan dipaksa unlock. Namun masalahnya untuk melakukan itu harus menggunakan versi iPhone OS 3.1.2, wah benar-benar salah jalan dari awalnya. Jadi mau tidak mau harus downgrade, dan untuk caranya dari tutorial yang saya temui disarankan menggunakan PC/laptop dengan OS yang jadul yaitu Windows Vista, katanya beberapa bahannya hanya bisa jalan maksimal di OS tersebut. 

Karena saya masih ada laptop jadul si Thinkpad X230 jadi langsung eksekusi install Windows Vista dan mengumpulkan beberapa bahannya. Nah untuk bahannya itu ada bootloader, redsnow, firmwarenya, iTunes yang versi 7 dan 11, dan terakhir ziphone. Sebenarnya saya sudah bersyukur banget akhirnya iPhone yang saya beli rusak mentok iTunes ternyata bisa dibetulkan dan masuk ke menu, akhirnya HP iPhone 2G ini bisa digunakan.

Oke jadi iPhone 2G ini sudah selesai saya betulkan sampai bisa terinstall firmware paling awal iPhone OS 1.0, dan sudah masuk ke menunya juga. Ternyata banyak hal baru yang saya pelajari dari proses oprek-opreknya yang tidak semudah dan tidak semulus yang dibayangkan. Nah jadi untuk tampilan menu dari iPhone 1.0 masih sedikit mirip dengan iPhone OS 3, namun yang ini lebih sederhana lagi, dan untuk ikon menunya +dock hanya ada 16. Untuk notifikasi dan action centernya belum ada, bahkan recent app juga belum ada, dan untuk fiturnya juga masih terbatas, contohnya wallpaper hanya bisa di lockscreennya saja jadi yang di homescreen hanya hitam tidak bisa diganti. Kemudian untuk ringtonenya juga masih sedikit, namun ada beberapa ringtone iPhone yang terkenal yaitu marimba, xylophone, dan sebagainya.

Untuk brightnessnya sudah bisa diatur dari gelap sampai terang banget, serta fitur auto brightness juga sudah ada, kemudian untuk bluetooth dan wifi juga sudah tersedia. Oh iya untuk jaringan di iPhone 2G sesuai sebutannya yaitu masih 2G, padahal ditahun rilisnya sudah cukup banyak HP-HP yang menggunakan jaringan 3G apalagi kelas atas, agak disayangkan guys. Untuk spek lainnya iPhone 2G atau generasi pertama menggunakan CPU dari Samsung 32-bit ARM 11 412 MHz, GPUnya PowerVR MBX Lite 3D, RAMnya 128MB, storage ada yang 4, 8, atau 16 GB, layarnya 3,5inch kapasitif touchscreen, dan untuk baterainya 1400 mAh, serta kamera 2mp. Btw kameranya belum bisa untuk rekam video, fitur kameranya hanya bisa untuk foto-foto saja.

Pada zamannya iPhone ini menjadi sebuah smartphone yang terbilang cukup berpengaruh dalam revolusi sebuah perangkat seluler. Misalnya saja yang paling dibanggakan ada dilayar sentuhnya yang sudah kapasitif, multitouch dan tidak menggunakan lagi yang namanya stylus, serta compatibilitas sistemnya yang mudah digunakan dalam pengoperasian secara touchscreen. Maka dari itu, segi design bodynya iPhone dari dulu memang sudah dibikin lebih simple, bersih, dan tidak banyak tombol. 

Walaupun termasuk canggih, tapi secara sistem di iPhone OS 1,0 ini masih lebih terbatas dibandingkan dengan OS lain pada waktu itu, entah itu dari segi fitur yang sebenarnya sederhana ataupun kebebasan dalam memanagement file langsung di iPhonenya. iPhone 2G kalau untuk sekarang berasa featurephone saja, bisa untuk teleponan atau smsan kalo sinyalnya muncul. Selain itu, bisa jadi kalender, jam alarm, kalkulator, untuk membuat catatan atau untuk mendengarkan musik, sayangnya unit saya speakernya sudah sember.


Kalau untuk fitur yang berhubungan dengan internet sudah tidak bisa, misalnya aplikasi youtube, stocks, maps, weather, email, bahkan untuk browsing pun sudah tidak bisa masuk ke sebuah situs karena keamanannya sudah kadaluwarsa. Oh iya di iPhone OS 1.0 ini belum ada Appstore, jadi tidak bisa download atau install aplikasi dari pihak ketiga, sedangkan untuk Appstore sendiri baru ada di iPhone OS 2. 

iPhone 2G ini saya rasa legend banget, karena jadi sebuah awal dari kecanggihan dan kepopuleran iPhone saat ini. Maka dari itu iPhone 2G banyak diburu kolektor karena jadi barang bersejarah juga. Apalagi yang masih normal dan mulus, wah itu harganya bisa gila-gilaan guys. Untung juga sih saya bisa dapat yang murah ini, walaupun memang ada mines dan harus dibetulkan. 

Setelah saya cek, selain fisik yang kurang baik dan suara speaker sember, lubang jack audio serta tombol volume up tidak berfungsi. Namun untuk yang lainnya masih normal, seperti layarnya yang masih bagus, baterainya awet, microphone jelas, sensornya aktif, kamera aman, dan sebagainya. Saya cek juga untuk back covernya punya imei yang sama, jadi semoga saja bukan hasil kanibalan ya. Dan saya bersyukur bisa merasakan iPhone generasi pertama, walaupun memang sudah telat banget dan butuh perjuangan untuk membetulkannya. Tapi dari pada tidak sama sekali kan, dan dari prosesnya juga saya bisa dapat banyak pelajaran. Semoga saja bisa nih merasakan yang seri paling barunya, yaitu iPhone 15, Aamiin yaAllah.

 

Oke jadi itulah pembahasan untuk HP iPhone generasi yang paling awal, yaitu iPhone 2G. Kalau ada pertanyaan atau info tambahan, silahkan komentar ya. Jika masih belum puas membaca artikel ini, silahkan nonton video unboxing dan reviewnya dibawah ini.

logoblog

Terimakasih sudah membaca iPHONE YANG PALING PERTAMA DIRILIS, TERNYATA AWALNYA BEGINI! - iPhone 2G Downgrade iPhoneOS 1.0. Silahkan bagikan artikel ini melalui:

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar