ErDev Blog

Bereksperimen dengan Smartphone, Gadget, dan Teknologi.

Rabu, 17 April 2024

HP MUSIK YANG POPULER DARI NOKIA & PERTAMA PAKE SYMBIAN S60V5! - Nokia 5800 XpressMusic

Oleh Aulia Intan pada Rabu, 17 April 2024

Yoo Haloo...

Kali ini saya akan membahas HP pertama yang menggunakan OS Symbian S60v5, yaitu Nokia 5800 XpressMusic. HP ini sudah termasuk jadul karena umurnya sekitar 16 tahun, dan kondisi unit yang saya dapat juga sudah agak memprihatinkan karena banyak bolong-bolongnya. Dengan kondisi seperti ini dan umur HP yang sudah lama, HP ini dijual dengan harga murah, saya beli HP ini seharga 70 ribuan lewat Tokopaedi. Sebenarnya HP ini tidak begitu langka, masih banyak yang jual, tapi pastinya rata-rata bekas dan bermacam-macam kondisi.

Kalau kita cek menggunakan kode legend Nokia yaitu *#0000#, keliatan untuk version datenya tanggal 24-04-2009 belum ada atau tidak pernah diupdate. Untuk modelnya benar Nokia 5800 XpressMusic dan tipenya RM-356, sedangkan untuk memori teleponnya sudah terpakai sekitar 9MB dari 77MB yang masih bisa digunakan. Oh iya, mungkin UInya juga sedikit familiar walaupun iconnya agak sedikit berbeda, jadi HP ini menggunakan OS Symbian versi 9.4 atau S60v5.

Btw kondisi unit saya ini bodynya kurang enak dilihat, banyak tombol dan penutup yang hilang, jadi saya mau coba bagusin dikit. Tadinya saya mau beli casingnya, cuma susah juga pilih yang bagus apalagi lewat online, karena kebanyakan saya lihat ratingnya itu banyak yang kurang puas. Saya bisa mengerti sih, biasanya barang lama gitu sudah pada getas apalagi yang kualitasnya kurang atau kw. 

Setelah saya ingat-ingat, ternyata saya punya Nokia 5230 yang pernah saya bahas sekitar 3 tahun lalu di youtube Erdev. Saya perhatikan juga tombolnya sama, jadi saya coba bongkar casingnya, dan lepasin tombol-tombolnya. Untung bongkarnya tidak susah, hanya membuka 4 baut saja dan framenya, kemudian saya coba pindahkan tombol-tombolnya ke HP ini ternyata memang pas, walaupun ada saja sih yang kurangnya, tapi lumayan lah tidak ada yang bolong-bolong lagi hehehe.

Untuk dibagian depan ada layar berukuran 3,2inch, diatasnya ada tulisan Nokia XpressMusic, tombol media, kamera depan, sensor, dan earpice. Lalu dibawahnya ada tombol call, home atau menu, dan endcall. Untuk dibagian sisi kanan ada tombol pengatur volume, switch untuk lock, dan tombol kamera. Dibagian sisi kiri ada slot untuk mini sim dan micro sd, dan ada dua lubang speaker. Kemudian diatas ada lubang micro usb, lubang jack audio, untuk ngecharge, dan tombol power. Sedangkan dibagian sisi bawah ada micophone dan ada untuk membuka back cover. Kalau back covernya dibuka, didalamnya terdapat tempat untuk baterainya saja dan baterainya ini tipe BL-5J dengan kapasitas 1430 mAh. Terakhir dibagian belakang ada kamera 3,2MP dengan sensor carl zeis, dua lampu flash, tulisan Nokia, dan ada stylusnya.

Untuk design dan kualitas dari bahan bodynya menurut saya biasa saja, masih kurang begitu spesial. Bahannya plastik, depannya glosy, dan belakangnya doff. Btw unit HP saya berwarna merah, tapi hanya kelihatan dibeberapa aksennya saja, lebih banyak warna hitamnya. Dan untuk dimensinya masih termasuk kecil tapi lumayan tebal, kalau dipegangnnya sih masih lumayan nyaman. Nokia 5800 XpressMusic dirilis sekitar tahun 2008 dengan harga waktu itu sekitar 4 jutaan rupiah, dan menjadi HP pupuler saat itu dengan penjualan yang cukup banyak mencapai sekitar 8 juta unit. 

Nokia 5800 juga saat itu menjadi HP Nokia seri XpressMusic paling canggih atau speknya yang paling tinggi, karena sudah menggunakan jaringan 3G, ada wifi, GPS, punya sensor accelerometer, ada kamera depan untuk video call, layarnya TFT 3,2inch touchscreen, CPUnya ARM 11 434 MHz,  RAMnya 128MB, internal 81MB, baterainya 1320 mAh, dan menggunakan OS Symbian versi 9.4 atau S60v5.

Seperti yang sudah saya bahas diawal, kalau dari infonya HP ini merupakan HP Symbian S60v5 pertama, dan juga seri XpressMusic pertama yang menggunakan touchscreen, walaupun touchscreennya masih resistif, namun sudah lumayan responsif kok. Sebenarnya sudah banyak HP Nokia yang menggunakan touchscren jauh sebelum HP ini, seperti Nokia 7700 atau Nokia 7710 yang pernah saya bahas di youtube Erdev, tapi itu Symbian S90 atau seri lainnya. HP yang menggunakan Symbian S60V5 memang rata-rata sudah touchscreen, entah itu dari merk Nokia, Sony, atau yang lainnya. Tapi enaknya kalau di HP Nokia untuk proses hacknya cukup mudah, dan rata-rata memang bisa dihack. Untuk yang belum tahu istilah hack di Symbian, simplenya bisa mengeksplor sistem lebih dalam, seperti oprek-oprek, misalnya kita bisa membypass sertifikat aplikasi yang kadaluwarsa atau unsign, jadi bisa tetap diinstall. 

Nah untuk aplikasi atau game di S60v5 menurut saya tidak sebanyak seperti di S60v3, dan memang pada waktu itu main game di HP masih lebih enak menggunakan keypad, tidak seperti sekarang. Tapi tetap ada sih game-game yang bagus di S60v5, dan selain game Symbian, di HP ini juga support install game java. Sesuai serinya, HP ini memang diunggulkan disektor musik atau multimedianya, untuk keluaran suara speakernya menurut saya bagus, sudah stereo, kencang, dan bassnya itu lumayan terasa.

Untuk saat ini Nokia 5800 XpressMusic secara fungsingya memang sudah berkurang, karena tergerus dengan teknologi yang lebih maju, banyak aplikasi yang sudah tidak support, jaringan 3G sudah banyak yang dimatikan, walaupun menggunakan wifi beberapa web sudah tidak bisa diakses, bahkan OSnya pun sudah dihentikan. Kebanyakan HP-HP jadul sinyalnya tidak muncul karena imeinya tidak terdaftar, seperti unit yang saya dapat ini, jadinya tidak bisa untuk nelepon atau sms. Tapi kalau untuk sekedar mendengarkan musik atau memainkan game-gamenya, menurut saya ini masih lumayan, apalagi dapat unit yang murah dan normal. Btw dulu kalian ada yang pernah pakai HP Nokia seri XpressMusic, coba kasih tau dikolom komentar ya. 

 

Oke jadi itulah pembahasan untuk HP pertama yang menggunakan OS Symbian S60v5, yaitu Nokia 5800 XpressMusic. Kalau ada pertanyaan atau info tambahan, silahkan komentar ya. Jika masih belum puas membaca artikel ini, silahkan nonton video unboxing dan reviewnya dibawah ini.

logoblog

Terimakasih sudah membaca HP MUSIK YANG POPULER DARI NOKIA & PERTAMA PAKE SYMBIAN S60V5! - Nokia 5800 XpressMusic. Silahkan bagikan artikel ini melalui:

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar