ErDev Blog

Bereksperimen dengan Smartphone, Gadget, dan Teknologi.

Kamis, 04 April 2024

HP 4G ANDROID RESMI MAKIN MURAH LAGI CUMA 200 RIBUAN! - Evercoss S45B Xtream 2

Oleh Aulia Intan pada Kamis, 04 April 2024


Yoo Haloo...

Kali ini saya akan membahas HP murah yang saya rasa lumayan dan aman diharganya, yaitu Evercoss Xtream 2. Ingat ya ini yang tipe Xtream 2, bukan yang Xtream saja atau Xtream 1. Sebenarnya ini memang HP murah dari lahir, namun sekarang jadi makin murah lagi. Saya membeli produk ini di Tokopaedi dengan harga 200 ribuan saja, murah bukan? supaya tidak makin penasaran bagaimana spek dan performa dari HP ini, langsung baca sampai tuntas ya guys. 

Untuk kelengkapannya saya mendapatkan unit HP yang berwarna biru, ada kitab-kitab kartu garansi, panduan singkat, dan panduan lagi, lalu dapat baterai yang berkapasitas 1700 mAh serta kabel data micro usb, serta dapat charger dengan output 5V-0,5A, stiker tulisan evercoss, dan seperti kebiasaannya ada silica gel.

Untuk dibagian depan ada layar yang berukuran 4,5inch, lalu diatasnya ada kamera dan earpice, bawahnya ada tombol kapasitif recent app, home dan back. Lalu dibagian sisi kiri ada tombol pengatur volume dan power, sedangkan dibagian sisi kanannya kosong. Untuk dibagian sisi bawah ada microphone dan speaker, sedangkan disisi atas ada lubang micro usb dan jack audio. Untuk bagian belakang ada kamera, lampu flash, tulisan 4G Evercoss dan ada logo seperti logo play gitu, btw HP ini didesign oleh Evercoss Indonesia. 

Menurut saya biasa saja kalau dari designnya, tidak begitu yang wah banget, tapi setidaknya sudah cukup nyaman lah karena compact dan ngebulet-bulet. Oh iya kalau back covernya dibuka, didalamnya terdapat slot micro sim 1, sim 2, dan micro sd. Kemudian dibalik back covernya ada tulisan kartu XL unlimited youtube 1 tahun, tapi kok punya saya tidak dikasih kartu XL nya, apa sudah tidak ada kerjasama lagi atau sudah tewas kartunya ya, bisa saja lewat masa tenggang sih, tapi yaudahlah tidak usah dipusingkan.

HP Evercoss Xtream 2 sudah menggunakan OS Android versi 8.1.0 alias Android Oreo dengan patch kemanan 5 Desember 2018. RAMnya hanya 1GB, dengan sisa sekitar 500MBan dalam keadaan fresh, sedangkan internal storagenya total 16GB dan sudah terpakai sekitar 3,5GB. Padahal kalau dilihat dari jumlah aplikasi bawaannya terhitung banyak, entah itu dari Evercossnya maupun dari pasukan google. 

Tapi untuk yang google rata-rata aplikasi yang versi Go atau yang ringan-ringan saja dibandingkan dengan aslinya, dan memang untuk OS Android yang digunakan di HP ini juga ternyata Android Go, jadi ya bisa cukup meringankan. Btw untuk aplikasi bawaannya ada yang bisa diuninstall dan ada juga yang tidak bisa diuninstall, tapi kebanyakan yang tidak bisa. Selain itu ada software updatenya juga, tapi ketika saya coba, eh malah tidak ada update katanya, hadeuh diprank guys.  

Untuk spesifikasinya HP ini menggunakan chipset Spreadtrum SC9832E dengan RAM berukuran 1GB, internal 16GB, GPU Mali T820, layar berukuran 4,5inch TFT, dan OS Android Go 8.1.0 Oreo 32 Bit. Nah sebenarnya sudah sering banget kan saya membahas HP-HP murah direntang harga 200 ribuan, jadi kali ini saya akan bahas saja tentang kelebihan dan kekurangan HP ini dikelas harganya.

Untuk kelebihannya, pertama HP ini dari merk yang jelas, kondisi HPnya baru, dan garansi resmi Indonesia. Jadi bisa dapat garansi 1 tahun, dan pastinya untuk imeinya ini aman, sinyalnya pasti muncul. Ngomongin soal sinyal, dengan harga 200 ribuan sudah dapat HP dengan jaringan 4G, walaupun ada embel-embel  XL, HP ini masih bisa kok menggunakan provider yang lain, saya sudah coba menggunakan Tri, Telkomsel by.u, XL, dan Smartfren, bisa kok guys. 

Untuk sistemnya dia menggunakan Android Go versi Oreo, walaupun Android Go tapi masih bisa kok diinstall aplikasi biasa dan masih banyak yang support juga, seperti whatsapp, youtube, tiktok, dan lain-lain. Namun saya sarankan kalau ada yang versi Lite atau Go, pakai yang itu saja, supaya lebih ringan. Untuk UInya juga saya rasa kelihatan rapih dan ringan karena memang tidak banyak modifikasi dan tambahan fitur, jadi masih terasa banget Android stoknya. Untuk HP murah ya ini saya rasa jadi poin plus, karena bisa membantu spek yang rendahnya itu. 

Dari segi speknya, HP ini mempunyai internal 16GB, saya rasa itu sudah lumayan besar, tapi ya untuk zaman sekarang tetap saja nambah micro sd disarankan. Untuk speknya ini memang real ya, bukan dimodif sistemnya saja, jadi no tipu-tipu guys. Sedangkan untuk build qualitynya sudah lumayan oke walaupun design biasa saja, tapi ini tidak ada yang aneh, masih rapih lah. Menurut saya peletakan lubang speaker yang ada dibawah juga hal kecil yang bisa membantu, jadi HPnya kalau sedang diletakkan masih bisa terdengar jelas notifikasinya.

Terakhir untuk kelebihan dari HP ini yaitu baterainya, walaupun hanya 1700 mAh tapi terasa cukup awet, screen on time pemakaian saya sekitar 3 jam. Untuk kekurangan dari HP Evercoss Xtream 2 ini ada diwaktu charge yang lama banget untuk ukuran baterai 1700 mAh, perlu dicharge selama sekitar 3 jam dari 20% sampai full. Saya sudah coba ganti charger lain pun sama saja, karena memang input HPnya ini yang kecil. Jadi baterainya memang awet, tapi ngechargenya membutuhkan waktu yang lama.

Nah jadi itu kelebihan dan kekurangan dari HP Evercoss Xtream 2, saya membandingkan HP ini dengan HP murah lain yang pernah saya bahas, jadi bukan membandingkan dengan HP-HP yang jauh lebih mahal atau bukan dikelas yang sama. Kalau tidak disebutkan diantara kelebihan atau kekurangannya, itu berarti biasa saja untuk dikelasnya. Kalau ada yang masih berfikiran beli HP ini untuk main game, menurut saya itu sudah maksa banget, kecuali memang game yang dimainkan sekedar ludo, onet atau sejenisnya. Oh iya untuk HP ini sepertinya tidak ada oprek-opreknya, karena saya tidak menemukan fosil-fosil bahan oprekannya.

Seperti biasa, dengan harga yang murah bisa dapat smartphone yang seperti ini sudah jadi kelebihan dan bersyukur banget, karena masih banyak orang yang membutuhkan HP dengan harga yang sangat terjangkau. Entah itu untuk bantu hotsspot HP mahalnya, atau jadi HP kedua, atau ada juga yang dijadikan HP utama karena keterbatasan dana. Setidaknya masih bisa untuk kebutuhan ringan dan terdapat beberapa fitur yang masih layak. Tapi tetap ingat, ada harga ada rupa, kalau kamu sabar nabung atau ada dana lebih silahkan cari yang lebih layak.


Oke jadi itulah pembahasan untuk HP murah yang saya rasa lumayan dan aman diharganya, yaitu Evercoss Xtream 2. Kalau ada pertanyaan atau info tambahan, silahkan komentar ya. Jika masih belum puas membaca artikel ini, silahkan nonton video unboxing dan reviewnya dibawah ini.

logoblog

Terimakasih sudah membaca HP 4G ANDROID RESMI MAKIN MURAH LAGI CUMA 200 RIBUAN! - Evercoss S45B Xtream 2. Silahkan bagikan artikel ini melalui:

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar