ErDev Blog

Bereksperimen dengan Smartphone, Gadget, dan Teknologi.

Rabu, 17 April 2024

HP UNIK DARI MEREK BATU BATERAI, TERNYATA KEREN JUGA NIH! - Energizer E282SC KaiOS Flip

Oleh Aulia Intan pada Rabu, 17 April 2024

Yoo Haloo...

Kali ini saya akan membahas HP dari merk baterai yaitu Energizer dengan tipe E282SC yang modelnya flip seperti HP zaman dulu, namun yang ini lebih pintar karena bisa untuk whatsapp, youtube, dan ada teknologi HP zaman sekarang. Saya membeli produk ini lewat Tokopaedi dengan harga sekitar 1 jutaan, memang masih lumayan mahal karena HP ini tidak rilis resmi diIndonesia dan yang jual pun rata-rata hasil import, jadi ya ditambah pajak segala macam makanya jadi mahal. Tapi kalau dibandingkan dengan HP Nokia tipe-tipe reborn sekelasnya, ini masih lebih murah dan lebih tinggi secara speknya. 

Untuk kelengkapannya saya mendapatkan unit HP berwarna hitam, earphone yang modelnya colok, lalu dapat baterai dengan kapasitas 1400 mAh, dapat kabel data micro usb dengan adaptor yang bentuknya unik dan colokannya terpisah, dan untuk outputnya sebesar 5V-1A. Selain itu saya dapat buku panduan, lumayan tebal karena ada berbagai bahasa, dan terakhir dapat semacam voucher. 

Untuk bahan body dari HP ini yaitu plastik finishing doff dengan motif ala carbon, kalau dilihat-lihat design luarnya simple. Ukurannya tidak begitu panjang, namun cukup lebar dan tebal. Untuk dibagian depan tidak ada apa-apa, lalu dibagian sisi kanan ada lubang untuk gantungan, lubang jack audio, dan micro usb, sedangkan dibagian sisi kiri dan atasnya kosong. Kemudian dibagian sisi bawah ada microphone, lalu dibagian belakang ada kamera, lampu flash, lubang speaker, dan tulisan Energizer. Untuk dibagian dalamnya ada layar 2,8inch, dibagian atas ada kamera dan earpice, lalu dibagian bawah ada tulisan Energizer dan tombol atau keypad model alfanumeric. Nah kalau back covernya dibuka, didalamnya terdapat slot nano sim 1, sim 2, micro sd serta ada keterangan imei dan tetebengeknya lah.

Untuk tampilan pertama dari Energizer E282SC rame banget bagian depannya, HP ini menggunakan KaiOS versi KaiOS 2.5.3.2. Btw untuk internalnya 4GB dan sisa sekitar 2GB, karena sudah terpakai oleh sistem sekitar 1,8GB. Menurut saya masih lumayan mengingat ini KaiOS, ukuran aplikasi tidak besar-besar, kita juga masih bisa pasang micro sd sampai 32GB dan bisa dipakai untuk default media penyimpanannya. 

Nah untuk sinyalnya aman guys, muncul kok jaringan 4Gnya. Banyak yang nanya, di HP KaiOS atau smart feature phone seperti ini bisa menggunakan wifi, dan bisa koneksi 4Gnya di tethering atau sebagai hotspot, jawabannya bisa guys. Untuk menu di homescreennya memang rame apalagi dilayar sekecil itu, ada beberapa text, icon aplikasi, dan semacam notif guide. Secara UI lainnya masih sama kok seperti HP KaiOS lainnya, misalnya dari Nokia paling beda di iconnya saja.

Energizer E282SC dirilis sekitar akhir tahun 2021 jadi masih belum lama-lama banget kok, dan saya rasa jadi alternatif untuk yang ingin HP KaiOS dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan Nokia embel-embel reborn, seperti 2720 flip 4G yang pernah saya bahas sebelumnya. Kalau disini Energizer lebih terkenalnya baterai ya, tapi sebenarnya sudah banyak HP merk Energizer yang sudah dirilis, tapi memang lebih banyaknya HP berjenis feature phone atau hp basic dan smartfeature phone dengan KaiOS seperti HP ini.

Untuk spesifikasinya HP ini menggunakan chipset mediatek MT6731 yang sudah Quad-core 1.1 GHz, RAMnya standar KaiOS 512MB dan internal 4GB, GPUnya PowerVR GE8100 dengan layar TFT 2,8inch 240x320, kamera depan dan belakang 2MP, jaringannya 4G, baterainya 1400 mAh dan menggunakan KaiOS 2.5.3.2. Speknya Energizer E282SC kalau dibandingkan dengan Nokia 2720 flip 4G, memang terasa beda secara performanya, lebih gesit buka tutup menu atau menjalankan aplikasinya. 

Nah ini yang sering banyak ditanyakan juga, memangnya benar HP KaiOS yang seperti HP jadul ini bisa menggunakan whatsapp? jawabannya bisa. Lumayan kok untuk chatting, update status atau untuk telepon juga bisa, sayangnya kalau untuk video call belum bisa. Memang tidak semua fitur whatsapp yang ada di HP Android atau IOS ada di KaiOS, karena menyesuaikan kemampuannya juga, tapi setidaknya masih bisa kok kalau ingin dipakai untuk chattingan atau teleponan sama ayang hehehe.

Untuk aplikasi lainnya seperti youtube masih bisa diakses di HP ini, hanya saja terbatas banget untuk tampilan videonya, mungkin kalau untuk mendengarkan lagu masih lumayan lah streaming gitu jadinya, tapi layarnya tidak bisa ditutup dan tidak bisa dikeluarkan juga aplikasinya. Btw untuk speakernya ya biasa saja, kalau difullkan volumenya terasa banget pecahnya. Untuk aplikasi facebook juga bisa, tapi kalau diperhatikan mirip seperti facebook lite di Android, hanya saja minusnya dengan keypad pasti kurang nyaman untuk navigasi atau scrollingnya. 

Sebenarnya untuk keypadnya lumayan enak, cukup empuk dan besar-besar dengan model yang terpisah atau island style, sudah ada backlightnya, dan ada beberapa tombol shortcut seperti pesan, kamera, mp3 player, whatsapp dan facebook. Lalu untuk aplikasi mapps bisa, namun fiturnya lagi-lagi terbatas, dan lagi-lagi banyak yang menanyakan apakah HP KaiOS bisa untuk ojol, jawabannya tidak bisa, karena tidak ada aplikasi ojol di KaiOS. Kalau untuk google atau browsing-browsing masih bisa, lumayan untuk cari-cari hal yang absurd, tapi ya begitulah tidak akan puas. Untuk aplikasi lainnya masih mirip kok seperti featurephone atau HP basic lainnya, tapi rata-rata aplikasi KaiOS berjalan layaknya sebuah web, karena kalau kita lihat kebelakang, KaiOS ini memang dibangun dari firefoxOS. 

Untuk ekosistem aplikasinya saya rasa belum begitu besar, di toko aplikasi atau Kaistore masih belum banyak aplikasi-aplikasi populer, kebanyakan dari developer indie, semoga saja kalau memang KaiOS bisa bertahan, penggunanya makin banyak, bisa saja aplikasi-aplikasi populer dirilis di KaiOS. Btw untuk game tidak usah berharap bakal grafik ultra ya, ini masih banyak game yang sifatnya percobaan dan ada iklannya juga, jadi ingat seperti di HP Nokia Asha Platform, tapi untuk game di KaiOS ini bukan java.

Nah di KaiOS ini juga ada yang namanya root atau jailbreak dan bisa sideload aplikasi dari luar store, tapi itu butuh semacam proses dan tidak semua HP KaiOS bisa, kalau di Nokia 2720 Flip 4G sebelumnya bisa saya oprek-oprek, kalau di HP ini sayangnya tidak bisa, karena tidak ada cara untuk mengaktifkan developer mode atau usb debuggingnya, jadi aksesnya ditutup. Tapi saya rasa untuk HP KaiOS masih belum begitu seru kalau pun bisa diunlock, karena homebrewnya masih sedikit, dan saya rasa performa HP ini juga masih cukup baik, jadi yasudahlah. 

Untuk kualitas bahan bodynya memang terasa lebih murah dan sebuah HP lipat tanpa adanya layar luar atau setidaknya lampu notifikasi, seperti ada yang kurang, jadi kalau ada notif tidak keciri banget kalau HPnya tidak dibuka. Selain itu, karena lubang speakernya ada dibawah, jadi suaranya kecil karena ketutupan. Tapi untuk ketahanan baterainya awet banget bisa tahan seharian bahkan lebih, karena HP seperti ini jarang banget kita pantengin lama. Paling ketika ada perlu saja, itu sih salah satu faktor yang bisa bikin awetnya.

Menurut saya Energizer E282SC ini sudah cukup baik untuk sekelas HP KaiOS, walaupun harganya ini terbilang lebih terjangkau dari merk Nokia, tapi tetap saja masih mikir-mikir lagi. Andaikan dijual secara resmi mungkin harganya bisa lebih murah lagi, tapi memang jarang banget HP KaiOS ada diIndonesia, paling hanya ada satu. Waktu itu Advan Hape Online, itupun tidak ada penerusnya, padahal saya rasa masih banyak orang yang butuh smartfeaturephone apalagi harganya murah. Bisa untuk HP kedua, ketiga atau memang untuk detox kecanduan menggunakan smartphone, ya semoga saja ada vendor HP lagi yang berani rilis HP KaiOS diIndonesia.

 

Oke jadi itulah pembahasan untuk HP KaiOS dari merk yang terkenal baterainya, yaitu Energizer E282SC. Kalau ada pertanyaan atau info tambahan, silahkan komentar ya. Jika masih belum puas membaca artikel ini, silahkan nonton video unboxing dan reviewnya dibawah ini.

logoblog

Terimakasih sudah membaca HP UNIK DARI MEREK BATU BATERAI, TERNYATA KEREN JUGA NIH! - Energizer E282SC KaiOS Flip. Silahkan bagikan artikel ini melalui:

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar