ErDev Blog

Bereksperimen dengan Smartphone, Gadget, dan Teknologi.

Selasa, 14 Mei 2024

TERNYATA SONY PERNAH BIKIN KONSOL GAME PS SEKECIL INI! - PlayStation Vita TV

Oleh Aulia Intan pada Selasa, 14 Mei 2024

Yoo Haloo...

Kali ini saya akan membahas konsol game dari Sony yang ukurannya kecil banget, namun untuk game-gamenya masih keren, yaitu PlayStation Vita TV yang Velue Pack. Jadi sudah paket lengkap, ada stik dual shock 3 dan memori 8GB, btw saya beli yang berwarna putih seperti PS4 dan bahannya plastik ber-finishing doff. 

Mungkin konsol game ini tidak begitu populer seperti konsol Sony lainnya karena ada beberapa alasan, tapi itulah yang membuat saya penasaran. Kalau lihat dari tulisan-tulisannya, sepertinya ini unit region Jepang. Oh iya saya beli produk ini lewat Shopink, kondisinya bekas dengan harga 1,8 jutaan. Memang harganya lumayan, tapi tahan dulu deh mendang mendingnya, siapa tau kalian tertarik untuk mencobanya hehehe.

Untuk kelengkapannya saya mendapatkan mesin konsol game, controller/stik, kabel HDMI to HDMI, adaptor 5V-2A, kabel power, kabel mini usb, dapat kertas-kertas yang isinya voucher game six-in-1 tapi sepertinya sudah kadaluwarsa, dan terakhir dapat semacam petunjuk penggunaan yang berbahasa Jepang dan Inggris.

Untuk dibagian depan ada logo PS, dibagian sisi kanan ada tulisan Sony dan lampu indikator, kemudian dibagian sisi kirinya ini rame banget, ada tombol power, lubang usb, hdmi, ethernet/lan dan power, slot memori dan ini sudah dapat yang kapasitas 8GB, btw untuk model memorinya khusus untuk PS Vita dan setau saya harganya lumayan mahal. Lalu dibagian sisi atas ada slot untuk catridge atau gamenya, kalau dibagian sisi bawahnya tidak ada apa-apa. Sedangkan dibagian belakang ada tulisan Sony PlayStation Vita TV dengan model VTE-1006 dan ada keterangan nomor serialnya, kalau lihat nomor serial sama boxnya sih masih sama.

Untuk unitnya ini kelihatan cukup simple dan ternyata bobotnya juga ringan, dimensinya memang kecil, kalau dibandingkan dengan semacam tv box, lebih kecil mesin konsol game ini. Tapi kalau dibandingkan dengan TV stik, lebih besar PS Vita TV. Oh iya untuk stiknya sama seperti stik PS3, kondisinya sudah agak dekil-dekil gitulah wajar barang bekas. Tapi kalau untuk tombol-tombolnya masih lumayan, dan seharusnya ini original sesuai keterangan penjualnya. Kalau dibandingkan dengan stiknya saja, ternyata lebih kecil mesinnya loh.

Memang secara tampilannya kurang lebih masih sama seperti PS Vita portable biasa atau yang slim, karena sesuai namanya, PS Vita TV ini memang masih keluarga dari PS Vita. Tapi dengan model home konsolnya bukan portable, jadi butuh media seperti TV dan dicolok ke listrik, btw untuk unit yang saya beli ini sudah menggunakan cfw atau hen. Untuk versi sistem softwarenya kedetek 3.65 dan untuk memorinya dari yang 8GB sisa sekitar 300MB, karena sudah diisi beberapa aplikasi homebrew, emulator, dan game-game PS Vita nya.

Secara performanya masih oke, sama seperti PS Vita, karena dari segi sistem dan speknya itu keduanya sama. Untuk media game yang dimainkan juga masih sama, bisa fisik berupa katridge maupun download secara digital diplaystation store. Kalau secara grafik gamenya, menurut saya diatas PS2 atau PSP, mendekati PS3 tapi diatasnya atau sebanding. Walaupun begitu masih terasa bagus kok, apalagi untuk seukuran konsol game sekecil ini, dan enaknya kita bisa nikmatin game-game PS Vita lebih puas dilayar yang lebih besar dengan resolusi yang bisa diupscale ke 1080i dan dengan controller bawaan yang lebih nyaman tentunya.

Selain bisa menggunakan DS3, kita juga bisa menggunakan DS4 atau stik untuk PS 4 di PS Vita TV ini, tinggal dihubungkan saja lewat bluetoothnya. Oh iya untuk yang nanya apakah bisa untuk main berdua atau multiplayer, jawabannya bisa. Selain itu, untuk fitur remote play PS4 di PS Vita TV juga ada. Jadi untuk yang punya PS4 dan punya banyak TV, terus pengen main diruangan atau lantai yang berbeda, tidak perlu gotong-gotong lagi PS4 nya, jadi  tinggal dari PS Vita TV ini saja.

Walaupun game dan medianya sama dengan PS Vita portable, namun nyatanya tidak semua game PS Vita bisa dimainkan di versi TV ini, karena ada beberapa komponen yang tidak ada di PlayStation Vita TV, contohnya seperti kamera atau gyroscope, jadi poin minus di PS Vita TV ini. Tapi tenang, karena PS Vita TV sudah menggunakan cfw dan sudah banyak juga homebrew maupun pluginnya, jadi kita bisa ngakalin atau oprek-oprek seperti game yang tidak bisa dimainkan, bisa menggunakan aplikasi untuk whitelister supaya bisa dimainkan. 

Kemudian bisa remaping kontrolnya, bisa mendapatkan banyak game lewat PKGJ, bisa tambah storage menggunakan micro sd lewat SD2 Vita, dan masih banyak hal-hal keren lainnya yang tidak ada secara bawaan. Tapi walaupun begitu tetap saja untuk game masih ada yang kurang kompatible dari segi controller atau fitur lainnya, ya lagi-lagi memang keterbatasan dari komponennya.

Selain main game PS Vita, kita juga bisa main game-game PS1 ataupun PSP dengan grafik yang lebih bagus dibandingkan dengan PSP yang dihubungkan ke TV, dan pastinya tetap lancar kok. Selain itu ada juga emulator untuk memainkan game dari konsol lawas macam gameboy, sega, nes, dan beberapa konsol lain yang sekiranya tidak begitu berat. Kalau untuk emulator game macam gamecube, wii, switch, PS2, apalagi PS3, ya tetap tidak bisa dimainkan di PS Vita TV ini.

Selain itu, ada beberapa game homebrew yang bisa dijalankan juga di versi TV ini sama seperti di PS Vita portble, macam gta san andreas, bully, dan sebagainya. Sebenarnya masih lumayan bisa dijadikan game retro konsol karena bisa main game-game retro dengan lancar, bahkan bisa main game PS Vita yang menurut saya grafiknya sudah bagus, dan untuk daya listrik yang dibutuhkan juga tidak besar-besar banget guys. PS Vita TV pertama dirilis sekitar tahun 2013 dan untuk harganya waktu itu sekitar 1,5 - 2 jutaan rupiah, untuk variannya ada yang value pack seperti yang dibahas ini, dan ada juga yang hanya dapat PS Vita TV nya saja.

Dari beberapa info, varian value pack ini untuk ngakalin penjualan yang kurang begitu baik jadi supaya lebih menarik yaitu dikasih memori, stik, dan beberapa bonus game bawaannya, bahkan untuk harganya pernah mengalami pemangkasan yang lumayan. Memang keluarga PS Vita penjualannya tidak sebagus konsol game Sony yang lainnya, Kalau PS Vita yang portablenya saja kurang bagitu bagus penjualannya, apalagi yang versi TV ini yang beberapa gamenya tidak bisa dimainkan, ada beberapa fitur yang disunat pula, dan menurut saya kurang begitu jelas, berasa seperti untuk ngabisin stok mesin PS Vita saja wkwkwk.

Kalau menurut saya, memang lebih mending beli PS Vita yang portable saja, karena harganya tidak beda jauh, kalau yang versi slim, atau bahkan bisa lebih murah untuk yang versi fat. Kemudian fitur-fiturnya juga sebenarnya bisa diterapkan di PS Vita portable, tapi memang itu melalui proses oprek mengoprek ya. PlayStation Vita TV memang masih menarik dengan bentuk ukurannya yang kecil, mudah dibawa kemana-mana, game-gamenya juga keren, apalagi sekarang sudah mudah dioprek sistemnya, dan unitnya juga sudah cukup langka, jadi lumayan kalau mau dikoleksi. Tapi kalau melihat harganya, berasa gatel gitu ya jadi pengen mendang mendingin, menurut kalian mending apa nih?

 

Oke jadi itulah pembahasan untuk konsol game dari Sony yang ukurannya kecil banget, namun untuk game-gamenya masih keren, yaitu PlayStation Vita TV yang Velue Pack. Kalau ada pertanyaan atau info tambahan, silahkan komentar ya. Jika masih belum puas membaca artikel ini, silahkan nonton video unboxing dan reviewnya dibawah ini.

logoblog

Terimakasih sudah membaca TERNYATA SONY PERNAH BIKIN KONSOL GAME PS SEKECIL INI! - PlayStation Vita TV. Silahkan bagikan artikel ini melalui:

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar