ErDev Blog

Bereksperimen dengan Smartphone, Gadget, dan Teknologi.

Selasa, 21 Mei 2024

JAM YANG MIRIP APPLE WATCH, TERNYATA PAKE OS ANDROID & 4G LTE! - Smartwatch S8 Ultra 4G

Oleh Aulia Intan pada Selasa, 21 Mei 2024

Yoo Haloo...

Kali ini saya akan membahas jam tangan pintar yang fungsinya sudah seperti smartphone saja nih, yaitu Smartwatch S8 Ultra 4G. Kalau dengar kata-kata ultra dan dilihat dari gambarnya, sepertinya nyenggol Apple Watch nih. Btw saya beli Smartwatch ini diShoppink dengan harga sekitar 700 ribuan.

 
Untuk kelengkapannya saya mendapatkan unit jam, kertas petunjuk singkat, dapat strap berwarna orange yang ngejreng banget dan dapat strap penggantinya juga dengan model yang sama tapi warnanya hitam. Kemudian dapat kabel untuk ngecharge dan kalau untuk ke jam nya menggunakan semacam konektor magnet.

Untuk dibagian depan terdapat layar berukuran sekitar 1,9inch, lalu dibagian sisi kanannya ada yang diputar-putar gitu atau biasa disebut digital crown, dan ada tombol samping atau kalau dijam disebutnya tombol power, sedangkan dibagian sisi kirinya ada microphone dan slot untuk single nano sim. Kemudian dibagian sisi bawah ada lubang speaker, sedangkan dibagian sisi atasnya kosong. Kalau dibagian belakang atau bawah ada semacam sensor, konektor magnet, dan tulisan-tulisan gitu.

 
Untuk yang varian orange bodynya berwarna silver doff dan untuk sisinya ada aksen-aksen warna orangenya, kalau bawahnya berwarna abu-abu agak tua dan glosy. Untuk bahannya sudah pasti bukan titanium, tapi berasa seperti alumunium dan bobotnya cukup ringan, finishingnya juga lumayan rapih tapi jamnya lumayan tebal. Untuk pasang strapnya gampang, tinggal masukin dan disrodotin saja, btw strapnya ini berbahan karet halus, modelnya seperti gerigi bolong-bolong tengahnya, tapi memang jadinya empuk sih, tidak kaku juga. Secara modelnya sih kelihatan bagus, tidak seperti jam anak-anak, tidak kelihatan begitu aneh, tapi memang niru jam si buah-buahan wkwkwk.
 
Sebelum bahas yang lainnya, saya penasaran nih sama info disettings dari jam ini. Nah untuk model hardwarenya GS29 dan ternyata menggunakan OS Android versi 8.1.0 atau Android Oreo dengan patch keamanan 5 Januari 2019. Untuk memori internalnya total sekitar 16GB, sudah terpakai sekitar 3,6GB dan sisanya mungkin sekitar 11GB. Sedangkan RAMnya 1GB dan tersedia sekitar 464MB. Kalau dilihat-lihat ini menggunakan Android edisi Go atau Android Go, karena mengingat speknya yang bisa dibilang rendah dan ada beberapa aplikasi google versi Go juga. 

Nah ngomongin aplikasi, untuk bawannya tidak begitu banyak, bahkan dari gengnya google juga sedikit, hanya saja memang tidak bisa diuninstall langsung. Tapi untungnya disini sudah ada playstore, berarti jam ini sudah terpasang google service dan tentunya nanti bisa coba download dan install aplikasi. Kalau untuk tampilan UInya ada beberapa modifikasi, jadi tidak sepenuhnya seperti di HP Android pada umumnya.

 
Pada tampilan awal atau watch facenya ternyata bisa diganti, dengan tekan lama dilayarnya, btw layarnya ini sudah touchscreen loh ya. Untuk pilihannya hanya disediakan 4 watch face saja, memang kurang banyak sih, dan saya cari-cari menunya juga untuk watch face tidak bisa ditambah atau dicostumisasi lagi tampilannya, jadi ya sudah tinggal pilih yang sudah ada saja deh.

Untuk navigasinya sebagian besar di jam ini menggunakan touchscreen, jadi untuk lihat notifikasi atau action center bisa swipe dari tepi atas kebawah sama seperti di HP, lalu kalau mau ke menu swipe ke kiri, sedangkan untuk kembali bisa swipe dari tepi kiri ke kanan. Kalau untuk scrollnya selain menggunakan layar bisa juga menggunakan digital crown, jadi tinggal diputar-putar saja kebawah atau keatas, dan kalau ditekan fungsinya untuk tombol kembali. 

Kalau tombol power selain untuk menyalakan atau mematikan, ternyata bisa berfungsi seperti tombol home dan kalau tombolnya ditekan lama akan muncul tampilan, yang didalamnya ada pilihan untuk atur volume, sos, matikan atau reboot jamnya, kemudian ada untuk keluar, ke home dan recent app, di recent app kita bisa pindah-pindah aplikasi, kunci aplikasi dilatar belakang atau membersihkan semua aplikasi yang sedang berjalan.

Untuk bagian menunya bisa sedikit diubah-ubah, ada menu themes yang didalamnya bisa ubah wallpaper, tapi dari bawaannya hanya dikasih 3 saja dan tidak bisa menggunakan yang lain, kemudian untuk icon grid menunya bisa pilih yang 3x3 atau 2x2 kalau mau kelihatan lebih besar, untuk sleding modenya juga ada pilihan bisa atas bawah atau kiri kanan. 

 
Menurut saya dari beberapa smartwatch murah modelan seperti ini yang pernah saya coba, navigasi dan UI di smartwatch S8 Ultra 4G ini sudah cukup baik. Btw kalau dipakai ditangan saya, kurang cocok sebenarnya kalau digunakan untuk tangan yang kecil, karena jamnya kelihatan besar dan tebal. Kemudian kalau menurut saya lebih kelihatan keren ketika menggunakan strap yang warna hitam, kalau warna orange terlalu mencolok. Untuk strapnya ketika dipakai, menurut saya sih oke-oke saja, design seperti ini bikin ada ruang, jadi tidak begitu panas dari strapnya.
 
 
Untuk spesifikasinya, jam ini menggunakan chipset Spreadtrum SC9832E, Quadcore  1,4Ghz, RAMnya 1GB, internal 16GB, GPUnya Mali-T820, jaringannya 4G, baterainya sekitar 450mAH dan OSnya Android 8.1.0. Dengan spek segitu, memang kalau dibandingkan dengan perangkat berOS Android lainnya ini termasuk kentang, tapi ingat guys ini tuh smartwatch yang mungkin dalam pemakaiannya tidak sebar-bar HP atau Tablet, karena banyak keterbatasan seperti layar yang kecil, pemakaiannya dipergelangan tangan, dan fungsi utamanya juga biasanya jadi perangkat pendamping.

Untuk layar di jam ini kalau menurut saya sudah lumayan bagus, bezelnya tipis dan cukup simetris, kemudian warna yang dihasilkan dan sudut pandangnya oke, kecerahannya juga masih cukup baik untuk digunakan diluar ruangan, paling untuk touchscreennya yang masih kurang responsif. Kalau cek disettings memang tampilannya beda dengan HP atau Tablet yang menggunakan OS Android, karena menunya ada yang dihilangkan atau lebih disederhanakan. Tapi untuk fitur seperti bluetooth, wifi, jaringan seluler atau bahkan hotspot di jam ini ada dan bisa digunakan dengan normal.

 
Oh iya saya juga sudah coba menggunakan kartu sim, dan ternyata sinyalnya muncul, jaringan 4Gnya ada, bisa untuk internetan, sms, atau teleponan juga bisa, tapi ketika saya cek imeinya malah keluar tipe HP yang tidak dikenal, mereknya XIAO BAO AT HOME - GS10, ada yang tau ga ini apaan? Intinya tidak bisa menjamin lah untuk sinyalnya, karena ini juga tidak ada keterangan unit resmi, tapi untungnya yang saya dapat masih muncul sinyal.

Selain itu aplikasi dial atau untuk teleponnya agak aneh, ketika saya coba untuk cek pulsa malah bikin panggilan, jadi tanda bintang dan pagarnya seperti tidak terbaca, sebenernya ini bisa diatasain kalau cek pulsa atau kuota zaman sekarang bisa menggunakan aplikasi dari providernya. 

Nah kalau untuk telepon otomatis bakal ke loudspeaker dan sayangnya karena di jam ini tidak ada kamera satupun, jadi tidak bisa untuk videocall. Kemudian untuk suara speakernya menurut saya cukup oke untuk sebuah smartwatch model kayak gini. Kalau untuk mendengarkan suaranya juga bisa menggunakan tws, tinggal konekin seperti biasa lewat bluetoothnya dan hasil suaranya juga tidak ada masalah. Bahkan saya kepikiran ini bakalan enak banget kalau untuk olahraga, misalnya sambil sepedahan atau jogging jadi tidak perlu bawa-bawa HP karena sudah sepaket di jam ini. 

 
Namun sayangnya untuk fitur kesehatan atau olahraga terbatas banget, dari bawaan jamnya hanya bisa ukur detak jantung, tekanan darah atau oksigen, dan jumlah langkah kaki. Sebenarnya jam ini masih bisa dipairing lewat aplikasi di HP lain, tapi di aplikasi itu fiturnya tidak banyak, paling ada seperti untuk chat, lihat lokasi jam, dan fungsi yang sebenarnya dari jamnya langsung sudah ada. Jadi saya rasa jam ini kayak lebih untuk fashion saja, bukan untuk kesehatan atau olahraga. 
 
Oh iya, untuk GPSnya ternyata ketika saya coba menggunakan google maps kayak sering hilang atau putus gitu sinyal GPSnya, dan karena tidak ada sensor magnetic jadi kompasnya juga tidak bisa. Btw jam ini hanya anti percikan air ya, jadi tidak bisa dibawa mandi atau berenang.
 
Untuk aplikasi di jam ini bisa ditambah seperti HP Android biasa, cara mendapatkannya lewat playstore atau install file apknya. Tapi ingat sama speknya, lebih baik download aplikasi yang memang sering digunakan saja, dan kalau bisa yang versi Lite atau Go supaya lebih ringan dan tidak makan banyak memori. 
 
Untuk beberapa aplikasi yang saya coba seperti whatsapp bisa, tidak ada masalah. Paling ngetiknya saja yang bikin kesal, kecil-kecil banget, solusinya bisa menggunakan dikte, jadi tinggal ngomong saja apa yang mau kita ketik. Kalau untuk spotify, tiktok, instagram, facebook yang versi Lite semua bisa dijalankan, tapi dengan performa yang tidak begitu memuaskan pastinya. Untuk notifikasinya supaya tetap ada, aplikasinya harus dikunci di recent app supaya tidak keluar sendiri, caranya di recent app tinggal swipe ke kanan aplikasi yang mau dikunci.
Kalau menggunakan jam ini untuk menjalankan aplikasi apalagi yang agak berat, akan terasa cepat panas di body bawah jamnya, jadi ketika sedang digunakan langsung nempel ke pergelangan tangan panasnya, bikin tidak nyaman. Tapi kalau digunakan wajar selayaknya jam tangan, misalnya untuk cek waktu, sesekali untuk cek notif, atau mendengarkan lagu, bales chat, dan menggunakan aplikasi tidak begitu lama, tidak terasa panas kok. 
 
Kalau ada yang nanya bisa main game atau engga, ya bisa-bisa saja kalau memang memungkinkan, karena selain chipset dan memori yang terbatas, layarnya juga kecil. Tapi kalau untuk game ringan yang tidak begitu grasak grusuk, yang santai ae, masih bisa lah. Tapi tolong jangan nyenggol-nyenggol genshin impact ya wkwkwk. 
Untuk baterainya kalau digunakan layaknya sebuah jam tidak begitu sering buka aplikasi bisa standby sekitar seharian, jadi misalkan pagi 100%, malamnya sudah harus ngecharge. Itu kondisi menggunakan kartu sim, data 4Gnya nyala, aplikasi latar belakang ada whatsapp, dan sesekali untuk mendengarkan lagu menggunakan tws. Tapi kalau digunakan secara intens misalnya sering digunakan untuk scroll sosmed, nonton tiktok, youtube, teleponan, atau bahkan untuk main game, hanya dapat screen on time sekitar 1,5 sampai 2 jam saja dan untuk ngechargenya dari 20% sampai full sekitar 2 jam.
 
 
Menurut saya dengan harga 700 ribuan, bisa jadi pilihan untuk yang sedang cari-cari jam tangan yang  fungsinya seperti HP Android, dengan harga yang sebenarnya masih cukup terjangkau untuk sekelas model smartwatch seperti ini. Tapi karena ini kurang begitu jelas dari mulai mereknya, imeinya, kualitas komponennya, dan garansinya, jadi perlu dipikir-pikir lagi ketika ingin membelinya. Memang seperti biasa, ada harga ada rupa, ya semoga saja video ini bisa jadi pertimbangan juga.
 
 
Oke jadi itulah pembahasan untuk jam tangan pintar yang fungsinya sudah seperti smartphone saja nih, yaitu Smartwatch S8 Ultra 4G. Kalau ada pertanyaan atau info tambahan, silahkan komentar ya. Jika masih belum puas membaca artikel ini, silahkan nonton video unboxing dan reviewnya dibawah ini. 
 
logoblog

Terimakasih sudah membaca JAM YANG MIRIP APPLE WATCH, TERNYATA PAKE OS ANDROID & 4G LTE! - Smartwatch S8 Ultra 4G. Silahkan bagikan artikel ini melalui:

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar