ErDev Blog

Bereksperimen dengan Smartphone, Gadget, dan Teknologi.

Sabtu, 25 Mei 2024

TABLET ANDROID 300 RIBUAN YANG PAKE NVIDIA & LAYARNYA BESAR! - Fujitsu Stylistic M532

Oleh Aulia Intan pada Sabtu, 25 Mei 2024

Yoo Haloo...

Kali ini saya akan membahas Tablet Android yang layarnya besar tapi harganya tidak ikutan besar malahan murah banget, yaitu Tablet Fujitsu Stylistic M532. Btw saya beli Tablet ini lewat Shoppink dengan harga 290 ribuan saja atau ya sekitar 300 ribuan lah. Dengan harga segitu menurut saya sudah termasuk murah untuk sebuah Tablet, tapi kita lihat dulu nih bagaimana kondisi Tabletnya.

 
Untuk kelengkapannya saya mendapatkan unit Tablet berwarna hitam, charger yang ukurannya lumayan besar dan colokannya sudah nyambung dengan kabel tipenya mirip seperti 30 pin konektor dan untuk outputnya sebesar 19V-1,58A. Terakhir saya dapat semacam tempat untuk Tabletnya mirip seperti flipcover tapi tidak ada untuk nutupnya, jadi hanya belakangnya saja dan sepertinya ini barang lama karena sudah kotor. Memang untuk kondisinya ini bekas, tapi kata penjualnya sih normal dan saya juga penasaran nih dengan harga 300 ribuan dapat Tablet layar besar dan bagaimana isi didalam Tablet ini. Kalau kalian penasaran juga, baca sampai tuntas ya guys.

 
Untuk penampakan unitnya, dibagian depan terdapat layar berukuran 10,1inch, dibawahnya ada tulisan Fujitsu, lalu diatasnya ada kamera 2MP, sensor, dan lampu indikator. Kemudian dibagian sisi kanan ada tombol pengatur volume, lubang micro usb, ada slot untuk micro sd dan mini sim card, sedangkan dibagian sisi kirinya kosong. Kalau dibagian sisi bawah hanya ada lubang untuk ngecharge, sedangkan dibagian sisi atas ada tombol power, lubang jack audio, dan microphone. Untuk dibagian belakang ada kamera 8MP, lampu flash, 2 lubang speaker kiri dan kanan, lalu ada keterangan Stylistic M532 dan dari tahunnya sih ini 2013, buset sudah sekitar 11 tahun nih.
 
 
Setelah dinyalakan dan saya coba cek ke pengaturan, untuk versi Androidnya 4.0.3 atau Android Ice Cream Sandwich, versi Androidnya jadul tapi tidak sejadul HP Google pertama yang sebelumnya saya bahas. Kemudian untuk internal totalnya sekitar 26GB dan tersisa sekitar 25GB, wah ini lumayan besar loh apalagi pada zamannya. Sedangkan untuk RAMnya sudah terpakai sekitar 320MB dan bebasnya sekitar 650MB, nah kalo RAMnya memang tidak seperti pasangan internal yang biasanya. Untuk aplikasinya sudah lumayan banyak, tapi sepertinya dapat diinstall oleh penjualnya karena ada game-gamenya juga. 
 
Kalau aplikasi yang bawaan sepertinya sedikit dan seperti biasa ada yang bisa langsung diuninstall, dan ada juga yang tidak bisa diuninstall. Btw untuk UInya menggunakan stok Android, fitur-fiturnya juga tidak begitu ada yang spesial. 
 
 
Untuk design nya seperti Tablet biasa berwarna hitam, bahannya plastik doff, ukurannya besar tapi tidak begitu berat dan cukup tipis. Kalau untuk kondisinya memang memprihatinkan, dibagian belakang ada bekas lem dari tempelan yang dikletek gitu, ada lecet-lecet juga, dan ada totol-totol jamurnya, bahkan dilayarnya juga sudah numbuh jamur. Beginilah namanya juga barang murah dan kondisinya juga bekas, ingat 300 ribuan bisa dapat Tablet dengan layar sebesar ini juga sudah lumayan guys, jadi masih bisa  untuk coba  dimaklumi hehehe. Tapi yang paling mengganggu yaitu Tabletnya bau bensin, sepertinya untuk menghilangkan stiker dibelakangnya ini menggunakan bensin, jadi baunya masih nempel. 
 
 
Nah sebenarnya Tablet ini walaupun dari luarnya kurang meyakinkan, tapi untuk unit yang saya dapatkan ini fungsi-fungsi komponen lainnya masih tergolong normal. Misalnya seperti layar, ini dari gambarnya masih oke, touchscreennya juga aman, sensor-sensor yang ada juga masih bisa, getarnya masih kencang banget, dan suara juga ternyata hasilnya oke karena sudah stereo, jadi lumayan kalau untuk mendengarkan musik.

Tapi kalau untuk simcard memang tidak bisa muncul sinyalnya, mungkin imeinya tidak terdaftar dan untungnya wifi di Tablet ini masih bisa. Kemudian untuk tombol-tombol fisik tidak ada masalah, begitu juga untuk lubang-lubangnya masih berfungsi, dan kameranya juga masih aman.

 
Nah sebenarnya selain karena harga dan kondisi dari Tablet ini, saya juga penasaran dengan performanya, soalnya Tablet ini menggunakan chipset dari Nvidia Tegra 3, ARM Cortex-A9 Quadcore 1.4 GHz, RAMnya 1GB, internal 32GB, GPUnya Nvidia ULP, layarnya 10,1inch IPS HD, jaringannya 3G, baterainya 38Wh, dan OSnya Android ICS 4.0.3. Memang speknya sudah ketinggalan banget karena Tablet ini dirilis sekitar tahun 2013, jadi sudah termasuk tua. Entah ini si penjual dapat dari mana unitnya, tapi sepertinya punya stok yang banyak loh dan jujur saja saya baru ini merasakan Tablet atau perangkat dengan OS Android yang menggunakan chipset Nvidia.
 
 
Secara performa keseluruhannya memang sudah tidak bisa dites untuk kebutuhan sekarang, karena sudah kelewat zaman dan keterbatasan dari softwarenya, banyak aplikasi zaman sekarang yang sudah tidak support. Walaupun ada saja yang masih bisa diakses lewat website macam youtube yang menggunakan google chrome, tapi menurut saya rasanya kurang maksimal banget kalau untuk berselancar di web yang punya teknologi kekinian.

Kemudian ada juga beberapa aplikasi offline yang masih bisa diinstall tapi versi lama, jadi harus cari dan install file apk yang minimum versi Androidnya itu cocok dengan Tablet ini. Pokoknya hampir semua aplikasi yang membutuhkan koneksi internet, tidak akan support di Tablet ini. Kecuali aplikasi tersebut ada versi lamanya dan masih dibuka aksesnya, atau ada yang bikin versi modnya, itupun kalau ada.

 
Mungkin kalau memang ingin memanfaatkan layarnya yang besar dan cukup bagus kualitas gambarnya, ini bisa dipakai untuk menonton video atau untuk baca-baca juga bisa, tapi kalau untuk menggambar harus dipikir-pikir lagi karena keterbatasan aplikasinya. Menurut saya untuk suara speakernya oke juga, bisa digunakan untuk mendengarkan musik atau streaming lewat youtube dibrowser. Sayangnya ketika saya coba menggunakan otg flashdrive tidak kebaca, saya kira bakalan support otg nih, tenyata tidak guys. 
 
Nah bagaimana untuk main game, "ini kan menggunakan NVdia bang" Iya sih, tapi kan ini perangkat sudah tuwir, hardware sudah ketinggalan, softwarenya jug sudah terbatas, jadi ya tidak bisa berharap banyak. Memang masih bisa kalau untuk main game yang ringan-ringan dan versinya itu support, biasanya game-game offline jadul, menurut saya asik main dilayar seluas ini jadi kitanya pun bisa lebih puas, apalagi kalau ada game yang bisa main banyak orang. 
 
Kemudian bagaimana untuk emulatornya? Sebenarnya masih ada yang masih support, di PPSSPP terbaru saja minimumnya untuk versi Android 2.3 loh, tapi ya tetap saja hardware juga punya peranan penting untuk eksekusinya, saya coba untuk main game PSP yang terbilang ringan masih ada framedropnya. Nah apalagi untuk game PSP yang memang berat macam god of war, waduhh aa kasihan aa, hanya dapat fps dibawah 20an doang wkwkwk. 
 
Tapi kalau untuk main game konsol yang tingkatannya dibawah PSP seperti game PS1, super nintendo, gameboy, dan sebagainya, ya masih bisa dijalankan dengan lancar. Jadi masih okelah kalau ingin dipakai untuk dijadikan konsol retro, tinggal gunakan gamepad bluetooth saja supaya makin nyaman mainnya. Selain itu, baterainya juga termasuk awet padahal unit bekas, untuk screen on time pemakaian saya bisa dapat sekitar 4 jam dan untuk ngechargenya dari 20% sampai full yaitu 2 jam.
 
 
Kalau ngomongin kurangnya dari Tablet ini ya banyak, si penjual atau mungkin netizen yang lain sudah gatal ingin teriak "namanya juga Tablet 300 ribuan bang" wkwkwk. Ya memang seperti biasa, ada harga ada rupa, tapi yang ini rupa fisiknya cukup mengenaskan dibandingkan dengan Tablet 300 ribuan lain atau bahkan yang lebih murah yang pernah saya bahas di Youtube Erdev. Tapi memang speknya lebih tinggi, layarnya lebih besar, suaranya mantap, internal lebih lega dan baterai cukup tahan lama. Tapi balik lagi ya, karena murah dan bekas apalagi ini barang elektronik, jadi makin tinggi tingkat gachanya.
 
 
Oke jadi itulah pembahasan untuk Tablet layar besar yang harganya murah banget, yaitu Fujitsu Stylistic M532. Kalau ada pertanyaan atau info tambahan, silahkan komentar ya. Jika masih belum puas membaca artikel ini, silahkan nonton video unboxing dan reviewnya dibawah ini. 
 
logoblog

Terimakasih sudah membaca TABLET ANDROID 300 RIBUAN YANG PAKE NVIDIA & LAYARNYA BESAR! - Fujitsu Stylistic M532. Silahkan bagikan artikel ini melalui:

Terbaru
Kamu sedang membaca artikel terbaru
Selanjutnya
Next Post »

1 komentar: