ErDev Blog

Bereksperimen dengan Smartphone, Gadget, dan Teknologi.

Jumat, 10 Mei 2024

HP NOKIA REBORN XPRESS MUSIC, BIKIN KANGEN HP KEREN DI ZAMANNYA! - Nokia 5310 (2020) Original

Oleh Aulia Intan pada Jumat, 10 Mei 2024

Yoo Haloo...

Kali ini saya akan membahas HP Nokia versi reborn dari tipe yang lumayan populer, yaitu Nokia 5310 Xpress Music, dan ini versi originalnya no kw-kw seperti sebelumnya. Nah sebenarnya HP ini untuk sekarang sudah lumayan susah ditemukan, apalagi yang kondisi barunya. Untuk yang saya beli ini kondisinya ex display dari garansi resmi Indonesia, tapi katanya masih bagus seperti baru. Saya membeli produk ini lewat Shoppink dengan harga sekitar 399 ribu rupiah.

Untuk kelengkapannya saya mendapatkan unit HP berwarna hitam, charger yang sudah nyambung dengan kabel micro usb dan untuk outputnya 5V-0,55A. Kemudian dapat baterai yang tipenya BL-4UL dengan kapasitas 1200 mAh, dapat kertas panduan singkat yang berbahasa Indonesia dan kartu garansi.

Untuk dibagian depan terdapat layar berukuran 2,4 inch, diatasnya ada earpice yang sekalian jadi speaker juga, dan dibawahnya ada tulisan Nokia, keypad alfanumeric, dan lubang speaker lagi. Untuk dibagian sisi kanan ada tombol pengatur media untuk next, pause, play, dan previews, sedangkan dibagian sisi kiri ada tombol pengatur volume.  Kemudian dibagian sisi bawah hanya ada untuk membuka back cover, sedangkan dibagian sisi atas ada lubang micro usb dan jack audio. Untuk dibagian belakang ada kamera VGA, lampu flash, tulisan Nokia, dan ada stiker nomor postel. Oh iya kalau dibuka back covernya, didalamnya terdapat slot untuk mini sim 1, sim 2, dan micro sd.

Secara designnya, yang reborn ini dia jadi lebih besar, tebal, lebih ngebulet, dan untuk dipegangnya terasa lebih nyaman sih kalau menurut saya. Btw untuk back covernya tidak ada motifnya juga, dia bahannya plastik finishing doff, jadi memang yang reborn ini kelihatan lebih simple. 


Dari tampilan UInya menurut saya dibikin lebih simple, iconnya sudah menggunakan khas Nokia yang sekarang, penggunaannya memang dibikin lebih mudah lagi dan lebih basic. Kalau dilihat dari kode legend Nokia *#0000#, HP ini modelnya TA-1212 menggunakan versi software v10.01.1 dan tanggalnya 15 Januari 2020. Untuk total memorinya ada 16MB tapi yang bisa dipakai sekitar 2MB, karena sudah terpotong sistem. Kalau untuk RAMnya 8MB, dan untuk chipsetnya HP ini menggunakan Mediatek MT6260A.

Nokia 5310 Xpress Music versi reborn ini dirilis sekitar tahun 2020, berarti beda 13 tahun dengan yang versi dulunya yang dirilis sekitar tahun 2007. Waktu itu versi reborn ini dijual secara resmi diIndonesia dengan harga sekitar 599 ribu rupiah. Padahal dengan harga segitu memang termasuk tinggi untuk sekelas feature phone yang benar-benar basic, bukan smart feature phone atau yang menggunakan KaiOS.

Nah fitur yang diunggulkan diseri HP ini dibagian multimedia, khususnya bagian musik. Secara fisiknya yang menonjol yaitu speakernya ada 2 dan posisinya ada didepan. Jadi ketika mendengarkan musik, dan posisi HPnya sedang diletakkan, maka tidak perlu dibalik atau diberdirikan lagi HPnya supaya tidak tertutup speakernya. 

Untuk hasil suaranya kalau menurut saya beda dengan yang versi dulu, kalau yang dulu itu lebih terasa vokal dan jernih suaranya. Namun kalau yang versi reborn ini lebih balance, tapi masih ada pilihan equalizernya dan suaranya ini memang lebih nyaring. 

Selain itu, untuk fitur radionya bisa digunakan tidak harus colok headset, jadi bisa langsung suaranya dari speaker, penangkapan channelnya juga lumayan tapi bakal lebih baik kalau menggunakan headset sebagai antenanya. Tombol medianya pasti berguna banget untuk mendengarkan musik atau sekedar radio juga bisa berfungsi, btw untuk keypadnya menurut saya lebih nyaman kalau dibanding versi dulu karena lebih besar dan empuk. 


Nah mungkin ini tidak banyak orang tau, kalau di HP ini ternyata bisa dihubungkan juga dengan true wireless stereo kekinian lewat koneksi bluetoothnya. Untuk hasilnya juga okelah, masih lancar-lancar saja tidak putus-putus, dan jaraknya bisa agak jauh. Kemudian touch controllnya juga bisa, hanya memang tetap terasa terlalu nyaring suaranya walaupun divolume terendah, memang bawaan dari HPnya kali ya.

Untuk penggunaannya, versi reborn ini memang masih sama layaknya feature phone untuk sms, teleponan, multimedia basic, dan sebagainya. Kalau untuk internetan walaupun didukung jaringan 2G, sudah lelet banget dan beberapa web saja yang support biasanya yang berbasis text. Untuk baterainya juga modelan HP kayak gini juga tahan lama, klaimnya bisa seharian lah kalau dipakai untuk teleponan, tapi kalau standby bisa berhari-hari. Untuk game bawaannya juga ada, andalan dari HP Nokia game ular atau snack dan ada tambahan game-game yang lumayan populer seperti Asphalt 6, Assasins Creed, dan Doodle Jump, tapi hanya percobaan saja, karena harus beli kalau ingin full.

Memang untuk beberapa hal yang ada diversi dulu tidak semuanya dibawa ke versi reborn ini, mungkin karena menyesuaikan juga dengan zaman sekarang. Misalnya untuk install aplikasi atau game java, diversi reborn ini tidak bisa karena tidak ada dukungan javanya. Tapi walaupun begitu, ternyata di HP ini menggunakan yang namanya platform MRE atau MAUI Runtime Environment. Jadi ini platform yang dikembangkan oleh mediatek untuk membangun aplikasi atau game untuk feature phone yang menggunakan chipsetnya, mirip-mirip dengan java atau JVM dan Brew, mungkin beda dibahasa atau struktur programnya. 

Sebenarnya di HP ini ada semacam storenya untuk mendapatkan aplikasi diplatform ini, dan kebanyakan dari gameloft. Hanya saja dari beberapa info,  platform ini sudah dimatikan, web resminya saja sudah tidak bisa diakses, dan saya coba aksesnya menggunakan archive.com. Walaupun begitu, sisa-sisa aplikasi atau game untuk platform MRE ini masih ada walaupun tidak resmi. Saya coba download beberapa, untuk format filenya itu vxp, dan ini bisa langsung dibuka tanpa ada proses install. Ternyata memang bisa dibuka atau dijalankan, wah lumayan nih bisa nambah-nambah game di HP ini. Tapi ternyata lagi-lagi ada batasannya, yaitu tidak semua game atau aplikasi MRE support di HP ini, mungkin karena kompatibilitas, spek hardware atau memang dari sistemnya, yaudahlah dari pada tidak bisa sama sekali kan.

Nokia memang seperti benar-benar mengandalkan nostalgia untuk para pemakai tipe HP ini pada zamannya, ya termasuk saya. Sekitar tahun 2011 saya menggunakan Nokia 5310 sudah terasa keren banget, modelnya cakep, tipis, fiturnya bisa dibilang lengkap, suaranya jernih, dan tentunya lancar untuk main game java. Pokoknya asik lah, karena sukanya saya sama HP Nokia 5310, bangkainya pun masih saya simpan nih, karena banyak kenangannya juga sih. 

Memang strategi nostalgia itu sepertinya berhasil, soalnya ketika saya pakai versi reborn ini berasa kayak spesial, walaupun tidak dipakai sekalipun, pengennya dijadikan koleksi saja, apalagi sekarang untuk keberadaannya sudah mulai tergerus dengan versi-versi kwnya.

 

Oke jadi itulah pembahasan untuk HP Nokia versi reborn dari tipe yang lumayan populer, yaitu Nokia 5310 Xpress Music. Kalau ada pertanyaan atau info tambahan, silahkan komentar ya. Jika masih belum puas membaca artikel ini, silahkan nonton video unboxing dan reviewnya dibawah ini.

logoblog

Terimakasih sudah membaca HP NOKIA REBORN XPRESS MUSIC, BIKIN KANGEN HP KEREN DI ZAMANNYA! - Nokia 5310 (2020) Original. Silahkan bagikan artikel ini melalui:

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar