ErDev Blog

Bereksperimen dengan Smartphone, Gadget, dan Teknologi.

Rabu, 01 Mei 2024

HP DARI MEREK YANG DULUNYA DIKETAWAIN, SEKARANG JADI FENOMENAL! - itel A70 Mirip iPhone

Oleh Aulia Intan pada Rabu, 01 Mei 2024

Yoo Haloo...

Kali ini saya akan membahas HP murah dari merek yang sekarang menjadi fenomenal padahal dulunya banyak yang nyepelein bahkan ngetawain, yaitu Itel A70. Oke jadi ini adalah Itel A70 yang sempat rame juga pada masanya mungkin sekarang juga masih rame ya, karena speknya cukup bagus untuk harga dibawah sejuta. Saya membeli produk ini lewat Shoppink yang varian 4/128 dengan harga 999 ribu rupiah, sebenarnya bisa lebih murah kalau yang daerahnya tidak jauh-jauh dari jabodetabek dan pantengin live tokonya supaya dapat diskon. 

Untuk kelengkapannya saya mendapatkan unit HP berwarna hitam, kartu garansi, kertas petunjuk penggunaan yang sudah ada keterangan versinya yaitu 1.0. Kemudian saya dapat case HP, kabel data usb type-c, sim ejector, dan adaptor dengan output 5V-2A.

Untuk dibagian depan terdapat layar berukuran 6,6inch waterdrop sudah dipasang pelindung layar, lalu diatas ada kamera, earpice dan lampu flash, sedangkan dibawah kosong. kemudian dibagian sisi kanan ada tombol pengatur volume dan power yang sekaligus jadi fingerprint scanner, dan dibagian sisi kiri ada slot untuk nano sim 1, sim 2 dan micro sd, jadi tidak hybrid ya. Kalau dibagian sisi bawah ada lubang speaker, usb type-c, microphone dan jack audio, sedangkan dibagian sisi atas tidak ada apa-apa.

Untuk dibagian belakang ada boba nih yaitu 2 kamera dan 1 lampu flash, lalu ada tulisan AI, matrix camera, dan ada macam siluet yang bertuliskan awesome designed by Itel. Menurut saya oke sih untuk design belakangnya ini, walaupun memang dimirip-miripkan dengan iPhone. Untuk warna hitamnya tidak yang hitam banget, dan ada semacam motif sisik gitu, tidak yang polos, bahannya mate dan tidak nempel tuh cap-cap dari jari. Btw bagian sisinya sudah flat, tapi rata-rata bahan bodynya plastik, masih cukup solid dan rapih.


Untuk tampilan dari Itel A70 sekilas wallpapernya berasa seperti iPhone 14 pro, ada aksen-aksen warna ungunya, hanya layarnya saja nih yang masih ada poni seuprit. Kalau cek di settingannnya, HP ini menggunakan Android versi 13 dengan patch keamanan 5 Oktober 2023 jadi masih cukup uptodate. Untuk storagenya yang 128GB sudah terpakai sekitar 17,49GB, jadi sisanya sekitar 110GB. Sedangkan untuk RAMnya, yang 4GB sudah terpakai sekitar 1,8GB jadi sisanya sekitar 2,3GB. Btw ini masih dalam keadan baru ya, belum diapa-apain.

Kalau untuk aplikasi bawaannya termasuk banyak, entah itu dari bawaan Itel, google atau pihak ketiga. Kalau yang bawaan Itel atau google, rata-rata tidak bisa diuninstall dan hanya bisa disable saja. Kalau yang sebelumnya pernah menggunakan HP Infinix pasti tidak terlalu asing dengan UI dari HP Itel ini karena ya mirip-mirip, wajar sih karena masih satu group. Tapi mungkin ada beberapa fitur yang diubah namanya atau memang dipangkas, karena menyesuaikan kelas dan speknya juga.

Untuk spesifikasinya HP ini menggunakan chipset Unisoc T603, 64bit, RAMnya 4 GB, storagenya 128GB, GPUnya menggunakan PowerVR GE8322, layarnya IPS masih HD+, kamera utama 13 mp, baterainya berkapasitas 5000 mAh dan OSnya Android 13. Oh iya dibagian sensornya untuk light sensornya tidak ada, jadi tidak bisa auto brightness. 

Tapi untuk gyroscopnya ada walaupun hanya virtual, dan sensor fingerprintnya juga tergolong cukup cepat. Untuk layarnya masih 60hz dengan total sentuhannya sampai 5 jari dan storagenya belum menggunakan ufs, jadi tidak kencang-kencang banget untuk transfer datanya. Saya cek dapat speed read 298mb/s dan writenya 248mb/s, sedangkan untuk skor benchmarknya saya cek menggunakan antutu v10 dapat skor 154 ribuan.

Nah ngomongin RAMnya yang bisa menjadi 12GB caranya yaitu ditambah menggunakan RAM virtual 8GB, sebenarnya tidak yang naik-naik banget secara performanya, tapi kalau untuk multitaskingnya bisa cukup ketolong lah. Untuk fitur yang unik di HP ini ada dynamic bar, tapi hanya bisa dipakai untuk beberapa kondisi tertentu saja, misalnya ketika ngecas, lagi nelepon, faceunlock atau reminder. 

Kemudian lampu yang ada didepan juga bisa dipakai untuk selfie atau ketika lagi ngecas, sayangnya tidak bisa dipakai ketika ada notifikasi. Notifikasi atau iklan dari aplikasi bawaan Itelnya ini ada, jadi kalau tidak mau terganggu, tinggal disable saja beberapa aplikasi bawaan yang tidak digunakan atau blokir notifikasinya.

Secara performanya, Itel A70 menurut saya masih bagus untuk HP harga dibawah 1 juta, ingat ya harganya segitu. Untuk pemakaian biasa yang tidak nyiksa-nyiksa banget masih bisa dijalankan di HP ini, seperti untuk chattingan atau scroll sosmed. Kalau untuk nonton video masih oke, tidak yang jelek-jelek banget kok layarnya, tapi memang terbatas untuk resolusinya. Dari segi speakernya, memang sedikit cempreng gitu tapi kalo untuk kelasnya standar lah.

Untuk main game yang saya coba seperti mobile Legend, bisa menggunakan settingan ultra, high frame rate, namun fpsnya tidak yang tinggi-tinggi banget. Apalagi kalau lagi rame gitu bisa turun, sebenarnya tidak buruk banget, tapi kalau yang sudah kebiasaan lancar kadang bikin kesal.

Nah saya juga ngetes untuk main beberapa game menggunakan emulator, untuk main game PSP God Of War dapat sekitar 30 fps saja menggunakan settingan bawaannya, tentu masih kurang nyaman untuk dimainkan. Kalau untuk game PS2 lebih parah, main downhill hanya dapat sekitar belasan fps saja, main Gamecube juga sama kewalahan hanya dapat sekitar belasan fps saja, apalagi kalau untuk konsol diatasnya ya, sudah ngos-ngosan banget. 

Lagi-lagi kalau ingat harga dan kelas HP ini, ya harap maklum saja. Ada harga tetap ada rupa. Tapi saya malah kadang tidak menyangka, makin kesini berasa teknologi bisa dirasakan untuk banyak kalangan, yang tadinya HP dibawah sejuta dapat berasa alakadarnya. Namun sekarang sudah lebih baik, dan seperti tidak keciri saja kalau ternyata HPnya dibawah sejuta.

Oh iya kalau untuk baterainya tergolong awet, dan ketika digunakan untuk main game juga tidak yang jadi panas banget. Saya coba untuk main Mobile Legend settingan ultra dengan satu match sekitar 23 menit, baterainya berkurang sekitar 6% saja. Kalau untuk screen ontimenya dipemakaian saya dapat sekitar 7  jam, sedangkan untuk ngechargenya dari 15% sampai full itu sekitar 3 jam.

Menurut saya dari beberapa HP yang pernah saya coba, dengan harga yang dibawah sejuta, kondisi baru dan resmi, kemudian dapat design, spek, fitur, dan performa yang seperti ini sudah terbilang bagus. Memang masih ada kekurangannya, tapi itu untuk menyesuaikan harga dan mengimbangi segi yang lainnya, jadi jangan terlalu berekspektasi tinggi. HP ini memang bagus, tapi untuk kelas HP resmi kondisi baru diharga 900 ribuan. 

 

Oke jadi itulah pembahasan untuk HP murah dari merek yang sekarang menjadi fenomenal padahal dulunya banyak yang nyepelein bahkan ngetawain, yaitu Itel A70. Kalau ada pertanyaan atau info tambahan, silahkan komentar ya. Jika masih belum puas membaca artikel ini, silahkan nonton video unboxing dan reviewnya dibawah ini.

logoblog

Terimakasih sudah membaca HP DARI MEREK YANG DULUNYA DIKETAWAIN, SEKARANG JADI FENOMENAL! - itel A70 Mirip iPhone. Silahkan bagikan artikel ini melalui:

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar