ErDev Blog

Bereksperimen dengan Smartphone, Gadget, dan Teknologi.

Senin, 03 Januari 2022

HP Model Jadul Dipaksa Pake OS Android! - Advan Hammer CT1

Oleh Aulia Intan pada Senin, 03 Januari 2022

Yoo Haloo...

Kali ini saya akan membahas Advan Hammer CT1. Jadi ini HP yang mengusung smart feature phone, HP dengan model jadul tapi pintar, semacam Andromax Prime dan Evercoss i2. HP ini tuh udah duluan ada ya sebelum Advan Hape Online yang sekarang masih banyak dijual dan pernah saya bahas juga. Saya membeli Produk ini di Tokopaedi dengan harga 125 ribu dengan kondisi bekas. Kalau tidak salah, waktu dulu juga produk ini sudah cukup murah dengan harga sekitar 500 ribuan kebawah.  


Setelah saya cek si unitnya ke pengaturan lalu ke tentang ponsel, nomor modelnya CT1 dan versi Androidnya 4.4.2 atau Android Kitkat. 


Untuk memori internalnya disini total ruang cuma 184 MB dan tersedia sekitar 38MB, ternyata kecil banget ya hahaha....


Oh iya untuk featurnya biasa yaitu ada pemutar musik, video, galeri, dan ada juga file manager. Selain itu ada aplikasi bawaan yaitu facebook dan BBM, karena emang dulu BBM masih ngehits pada zamannya.


Ini tampilan unitnya seperti HP Android biasa, HP ini tidak menggunakan mocordroid seperti smart feature phone lainnya, beneran Android yang dimasukkan ke HP model jadul. Saya rasa jadi sedikit kurang nyaman navigasinya, kayak makin ribet gitu dibanding yang menggunakan mocordroid. Misalnya nih susah untuk membuka notification centernya, terus kalau mode kursor susah buat scrollnya dan launcer bawaannya juga tidak didesign khusus untuk HP seperti ini, jadi kalau mau membuka semua aplikasi kita harus arahkan dulu ke icon yang titik-titik. 


Selain ada kekurangan, HP ini juga mempunyai kelebihan yaitu ditombol untuk pengatur volume, jadi lebih enak untuk mengecilkan dan membesarkan suara dan bisa screenshoot tanpa utak atik lagi. Tapi jujur ya menurut saya untuk keypadnya ini tidak enak, apalagi dibagian arah-arah nya kadang agak susah untuk dikendalikan.


Oh iya HP ini cuma punya 1 kamera yang letaknya dibelakang, jadi tidak bisa untuk video call menggunakan kamera depan atau selfie, eh emangnya ada yang mau selfie atau video call di HP seperti ini? hehehehe


Untuk aplikasi bawaannya seperti BBM sudah tidak bisa, ya karena BBM Android sudah dimatikan dan untuk facebook juga ternyata tidak bisa, soalnya dia menggunakan yang versi lama. Walaupun sudah diupdate dan menggunakan file aplikasi yang versi baru juga tetap tidak bisa dijalankan di HP ini.


"Jadi apa HP ini emang ga bisa sama sekali install aplikasi Android?". Sebenarnya tetap masih bisa sih, tapi tidak bisa intall langsung dari HP nya, karena bakalan gagal. Jadi installnya itu menggunakan ADB, ya walaupun emang agak ribet sih, tapi tidak seribet mocordroid yang harus dioprek, diroot, pasang custom recovery, install script anu lah, dan lain-lain. Kalau Advan Hammer CT1 lebih mudah sikit.


Terus ada lagi nih masalahnya, kalau di launcher bawaannya itu aplikasi yang ke install tidak muncul, jadi harus install launcher yang lain. Misalnya saya menggunakan launcher square home, baru deh aplikasi yang ke install muncul.


Tapi kalau mau di oprek pun bisa, karena ada groupnya di facebook yang menyediakan bahan oprekannya. Kita bisa root, pasang cwm, mod stok rom, ya termasuk supaya bisa install aplikasi Android langsung dari HP nya. Tapi opreknya ini cukup terbatas, tidak sebarbar Andromax prime.


Nah saya coba install dan jalankan aplikasi AIDA64 untuk cek spek HP ini. Untuk RAMnya 218MB, dengan penyimpanan internal 183MB, tapi kalau cek di keterangan boxnya sih RAMnya 256MB dan internal 512MB. HP ini menggunakan mediatek MT6572 cortex a7, dual core 1ghz dan layarnya 240x320, 3,2 inch dengan GPU Mali 400. Untuk jaringannya HP ini cuma bisa sampai 3G saja, belum 4G dan untuk sensor seperti biasa model kayak gini, sepi banget.


Oh iya karena memori internal HP ini kecil banget, jadi wajib menggunakan microsd untuk menyimpan file dan install aplikasi lain. Sebenarnya ada untungnya juga sih menggunakan microsd, tapi kadang kita harus manual memindahkan aplikasinya ke memory external.


Saya coba install dan jalankan aplikasi, seperti whatsapp ternyata masih bisa, buat voice call bisa, video callnya juga bisa, bahkan whatsapp webnya juga bisa, sama seperti whatsapp pada umumnya. Selain whatsapp untuk telegram juga sama, bisa dijalankan di HP ini, tapi agak capek aja soalnya navigasinya itu menggunakan kursor.


Selain itu, facebook lite juga bisa dijalankan di HP ini, tapi saya bingung buat scrollnya. Walaupun menggunakan mode kursor itu tetap tidak bisa euy. Nah ini nih yang jadi masalah untuk menjalankan aplikasi yang lain, jadi ya gitu deh.


Setelah Hammer CT1 ini Advan mengeluarkan kembali produk baru, smart feature phone yaitu Advan HP Online. Tapi malah menggunakan KaiOS, yang bukan base Android lagi dan menurut saya kurang seru, tapi user experiencenya emang lebih nyaman sih KaiOS di HP kayak gini.


Menurut saya HP ini benar-benar kurang rekomen untuk dipakai, walaupun dipakai untuk basic sms atau telfonan, apalagi yang lain ya, karena harus dioprek lagi. 


Kesimpulan dari saya yaitu spek Advan Hammer CT1 ini emang lebih parah dari advan HP online ataupun HP sejenis yang pernah saya bahas, seperti Andromax Prime dan Evercos i2. Saya jadi penasaran nih Advan Hammer CT1 ini kalau diajak main game jadinya gimana ya, nanti lanjut deh disiksa supaya tidak penasaran hehehe.

Oke jadi itulah pembahasan untuk HP Advan Hammer CT1. Kalau ada pertanyaan atau info tambahan, silahkan komentar ya. Jika masih belum puas membaca artikel ini, silahkan nonton video unboxing dan reviewnya dibawah ini.



logoblog

Terimakasih sudah membaca HP Model Jadul Dipaksa Pake OS Android! - Advan Hammer CT1 . Silahkan bagikan artikel ini melalui:

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

1 komentar:

  1. Fitur phone termurah (baru) yang masih beredar di Indonesia skrg yang bisa 4G dan WhatsApp apa ya bang?

    BalasHapus