ErDev Blog

Bereksperimen dengan Smartphone, Gadget, dan Teknologi.

Senin, 24 Januari 2022

HP Yang Pake OS Buatan Samsung Pada Zamannya! - Samsung Wave II Bada OS

Oleh Aulia Intan pada Senin, 24 Januari 2022

 


Yoo Haloo...

Kali ini saya akan membahas Samsung Wave 2, salah satu HP dari Samsung yang menggunakan OS bada buatan Samsung juga. HP ini dirilis sekitar tahun 2010 dengan harga waktu itu sekitar 3-4 jutaan, kalau untuk sekarang udah termasuk susah untuk mendapatkannya. Saya membeli produk ini dari LapakBuka dengan harga 50 ribu aja, dengan kondisi batangan dan apa adanya.


Untuk bentuk HP nya sendiri yaitu, dibagian depan diatas layar ada tulisan atau logo Samsung, earpice, sensor dan kamera depan. Selain itu ada speaker, lubang jack audio dan lubang microusb. Sedangkan untuk bagian bawahnya ada tombol dial, home, microfon dan end atau power.

Untuk bagian sisi kanan ada tombol kunci dan tombol kamera, sedangkan bagian sisi kiri ada tombol pengatur volume.


Dan dibagian belakang ada kamera dan lampu flash yang bentuknya sama yaitu belah ketupat, selain itu ada logo atau tulisan Samsung dan untuk membuka backcover. Untuk bagian belakang dari HP ini bahannya menggunakan metal, jadi terasa kokoh dan lumayan berat.


Lanjut cek ke pengaturan, tentang telepon. HP ini namanya Wave 2 dan modelnya GT-S8530 dengan versi bada 2.0 sekian. Untuk kapasitas memori HP Samsung Wave yaitu memori  sistem total 558MB dan yang tersedia 550MB, sedangkan memori aplikasi total 868MB dan yang tersedia 774MB. Untuk yang pengguna internal total 391MB yang tersedia alias masih kosong, ini buat data-data penggunanya. Jadi, memori nya sudah dijatahin masing-masing.

Selain itu, untuk tampilan nya mirip seperti android-android lama dari Samsung, seperti Galaxy Y, Pocket, mini, dan sejenisnya. Karena di Samsung Wave 2 ini UI yang digunakan adalah touchwiz, jadi mirip dengan yang android. Untuk aplikasinya tidak begitu banyak dan ini tidak ada yang bisa dihapus.


Untuk spesifikasinya HP ini menggunakan chipset Hummingbird 1Ghz cortex a8 dengan GPU PowerVR SGX540 dan Memori internalnya 2GB. Mempunyai layar superclear lcd 3,7 inch 480x800 dan dilindungi corning gorilla glass. Untuk jaringannya sudah 3G, ada wifi, GPS, baterainya 1500mah dan menggunakan bada OS.


Bada OS merupakan sistem operasi yang dirilis sekitar tahun 2009 dan dikembangkan oleh Samsung untuk HP dengan seri Wave. OS ini ditulis dalam bahasa C++ dengan kernel linux Monolithic dan masih dalam keluarga POSIX linux Portable Operating System Interface.

OS ini pertama kali digunakan untuk HP Samsung Wave yang pertama dengan model S8500 dengan versi bada 1.0. Namun pada akhirnya bada OS diumumkan berhenti pengembangannya pada Februari 2013 dengan versi terakhirnya 2.0.

Tetapi tidak sampai disitu, dihentikannya bada OS merupakan langkah Samsung untuk mengembangkan OS lain, jadi kalau masih ingat dengan OS meego di Nokia N9 yang pernah saya bahas, Samsung menggambungkan OS bada dengan meeGo, dan hasilnya terciptalah OS tizen yang pernah saya bahas juga di Samsung  Z2.

Walaupun pada akhirnya tizen OS juga dihentikan pengembangannya untuk smartphone, jadi ini masih ada keterkaitannya degan Nokia. Nokia mempunyai OS maemo, terus maemo digabungkan dengan moblin dari intel, jadilah meego. Dan meego digabungkan dengan bada, jadilah tizen. Entahlah si tizen ini mau digabungkan dengan apalagi kedepannya, atau mungkin memang sudah disuntik mati ditizen untuk lini smartphonenya.

OS bada ini memang udah didesign seperti layaknya smartphone, user experience nya itu mirip seperti waktu saya menggunakan Galaxy Y. Misalnya untuk akses notifikasi atau action center itu udah ada distatus bar, terus udah bisa multitasking juga, untuk recent app nya kita buka dengan tekan tombol home yang lama, dan untuk aplikasi iconnya juga sama, ya karena touchwiz ui nya ini dibawa juga ke android.

Cuma untuk performa, sebenarnya spek di Samsung Wave 2 ini sudah lumayan. Tapi kalau menurut saya OS bada nya ini masih kurang begitu optimal, ya mungkin salah satu faktornya karena pengembangan bada OS ini tidak begitu lama.


Untuk aplikasi di HP ini seharusnya kita download di Samsung apps, ini toko aplikasinya. Cuma sayangnya sekarang udah tidak bisa diakses lagi, begitu pun untuk aplikasi bawaannya yang lain, misalnya youtube dan chaton yang sudah tidak bisa.

Oh iya disini juga ada java, dimana kita bisa install aplikasi atau game dengan format jar. disini sudah banyak aplikasi dan gamenya juga, cuma ini trial aja alias percobaan dan tidak full.

Aplikasi untuk bada OS ini ternyata tidak ada format file khususnya. Berbeda dengan android yang apk, ios ipa, symbian sis, windows phone xap, dan sebagainya.

Saya sudah cari aplikasi atau game bada OS, tapi dapatnya itu cuma format yang dibungkus jadi rar atau zip. dan harus diekstrak dulu. Jadi isinya ya folder dan file-filenya saja, ini mirip dengan beberapa game di n-gage, cuma cara installnya di bada OS itu lebih ribet. Kita tidak bisa cuma memindahkan folder-foldernya saja, tapi ada tricknya untuk menginstall aplikasi diluar Samsung apps, khususnya versi tani.

Jadi kita harus pasang dulu semacam file sertifikatnya gitu, abis itu flash menggunakan laptop atau pc file apps spoof.bin dengan menggunakan software multiloader dan HP dalam keadaan mode download, ini menggunakan kombinasi tombol volume down, lock dan power. Nah kalau sudah, baru kita bisa bebas install aplikasi atau gamenya.

Tapi perlu bantuan sofware lagi nih yang bernama bada wave spoof dan harus menggunakan laptop atau pc juga, bener-bener ribet sih. Dan saya mencoba install game need for speed shift ternyata bisa.

Oh iya tidak seperti HP-HP Nokia yang pakai symbian, maemo, atau meego, di bada OS ini lebih sulit untuk mendapatkan file-file aplikasi dan gamenya. Untuk aplikasi saya tidak begitu banyak menemukan filenya, tapi kalau untuk game lumayan banyak dan saya menemukannya di archiev.com.


Untuk masalah oprak-oprek ternyata tidak kalah juga nih, HP ini bisa ganti OS nya ke android, tapi hanya ditipe Samsung Wave tertentu saja, salah satunya yaitu Samsung Wave 2 ini. Dan keren nya lagi ada beberapa rom dan versi android yang bisa diinstall, nah kebetulan saya menemukan rom yang android 6 marshmallow. Saya coba pasang, namun caranya lumayan ribet, jadi kita flash dulu file boot, kernel dan fotanya lewat multiloader, nah nantinya bakal terpasang custom recovery yaitu TWRP di HP nya. Lanjut atur partitionnya dan setelah itu tinggal flash saja romnya di TWRP, ini seperti pasang rom di HP. Setelah semua prosesnya selesai, akhirnya berhasil juga bisa install android di Samsung Wave 2 yang awalnya pakai bada OS. Oh iya untuk androidnya versi 6.0.1 marshmallow dan ini belum ada google appsnya, itu gampang sih tinggal install saja.

Di android 6 marshmallow ini masih banyak aplikasi yang mendukung, tapi karena ini HP lama dengan spek yang terbatas, terus bukan OS bawaannya, jadi tidak maksimal dijalankannya. Saya coba install dan jalankan whatsapp itu bisa tapi terasa berat banget euy. Mungkin kalau saya install OS android yang versi lebih rendah dari ini bisa sedikit mendingan ya, btw untuk bada OS juga cukup banyak ya versi custom firmwarenya.


Menurut saya, HP ini kalau digunakan zaman sekarang walaupun bisa menggunakan OS android, namun tetap terasa tidak nyaman. Jadi lebih baik pakai OS bawaannya saja yaitu bada OS, apalagi kalau niatnya untuk koleksi dan bahan oprek-oprek explore OS jadul, OS atau rom bawaannya itu sudah terbaik.

Bada OS ini termasuk sejarah juga ya untuk perlawanan menghadapi OS android ataupun ios, bahkan dia juga menggabungkan kekuatannya dengan meego untuk menciptakan tizen. Tapi pada akhirnya harus menyerah juga ya untuk OS smartphonenya.

Oke jadi itulah pembahasan untuk Samsung Wave 2. Kalau ada pertanyaan atau info tambahan, silahkan komentar ya. Jika masih belum puas membaca artikel ini, silahkan nonton video unboxing dan reviewnya dibawah ini.



logoblog

Terimakasih sudah membaca HP Yang Pake OS Buatan Samsung Pada Zamannya! - Samsung Wave II Bada OS. Silahkan bagikan artikel ini melalui:

Terbaru
Kamu sedang membaca artikel terbaru
Selanjutnya
Next Post »

1 komentar:

  1. bang erdev, unboks nokia 808 pureview dong unik banget soalna

    BalasHapus