ErDev Blog

Bereksperimen dengan Smartphone, Gadget, dan Teknologi.

Senin, 17 Januari 2022

HP Sony Unik Dan Mahal Pada Zaman nya! - Sony Ericsson P990i

Oleh Aulia Intan pada Senin, 17 Januari 2022


Yoo Haloo...

Kali ini saya akan membahas Sony Ericsson P990i, HP ini dirilis sekitar tahun 2005 dengan harga 8-10 jutaan. Waw… ini sih bener-bener HP mahal ya apalagi di tahun 2005, tapi kalau untuk sekarang ini saya beli harganya cuma 85 ribu aja dengan kondisi bekas dan batangan di Tokopaedi.

Kalau dilihat dari bentuk dan tampangnya memang HP ini terlihat seperti bukan HP biasa, karena HP ini mempunyai 2 keypad yaitu keypad alphanumeric dan dibelakang keypad alphanumeric ada keypad qwerty yang tersembunyi. Jadi HP ini mempunyai 2 keypad yang bisa digunakan dalam 1 HP.

Untuk memory atau RAM yang tersedia sekitar 12,5MB dan HP ini menggunakan OS Symbian UIQ 3.0, jadi bukan HP Nokia aja nih yang menggunakan OS Symbian, namun HP Sony juga ada. Walaupun memang dari tampilannya pasti berbeda dengan HP Nokia.


Selain itu, untuk  tampilannya  ternyata kalau kita membuka keypadnya, nanti tampilannya akan berubah. Jadi seperti menyesuaikan dan layarnya menjadi touchscreen jika sudah dibuka dan touchnya masih resistive jadi harus dipijit jika menggunakan jari, namun menurut saya lebih enak menggunakan  stylusnya. 

Ternyata tidak cuma tampilannya saja yang berubah, namun menu  fitur-fiturnya pun jadi bertambah. Misalnya dibagian office ada quick office jadi kita bisa buat atau lihat file word dan excel, terus ada pdf+, dan yang menarik ada Business card scanner, dimana kita bisa mendapatkan informasi dari sebuah kartu nama, dengan cara difoto saja, nanti otomatis diproses dan menghasilkan nama, nomor telepon dan data lainnya. Business card scanner tuh semacam OCR atau Optical haracter recognition, jadi dia mengkonversi gambar huruf menjadi karakter ASCII yang dikenali oleh komputer. Wah gokil sih ternyata fitur seperti ini sudah ada di HP tahun 2005an.

Lanjut di tools juga ada control panel, file manager, dan sebagainya. Di control pannel ini kita bisa setting atau pengaturan HP nya seperti biasa, dan untuk file manager disini memori telepon nya sudah terpakai 2MB dari total 62MB, selain itu disini juga ada untuk fitur-fitur basic lainnya.

Selain itu, untuk keypadnya memang tidak begitu besar apalagi untuk keypad qwerty nya, tapi saya rasa masih cukup enaklah buat ngetik. Oh iya untuk fungsi jog dial ternyata bukan untuk volume tapi untuk scroll, cuma di unit saya ini kayak nya sudah bermasalah jadi ngacak.


Untuk spesifikasinya HP ini menggunakan CPU Philips Nexperia PNX4008 32-bit dengan 208 MHz, RAMnya 64MB dan Internal 128MB. Ukuran Layar Keseluruhan 2,7inch 240x320 resistive touchscreen. Jaringannya sudah 3G, ada WiFi, Infrared, baterainya 900mAh dan menggunakan OS Symbian 9.1. UIQ 3.0.

UIQ (User Interface Quartz) merupakan salah satu platform software dari OS Symbian. Sesuai namanya dia ini sebuah user interface atau tampilan pengguna dan didalamnya ada penambahan beberapa aplikasi atau fitur, namun tetap dasarnya ini OS Symbian. Dan biasanya banyak dipakai oleh brand-brand HP selain Nokia, contohnya Sony, Motorolla, dan lain-lain.

Karena dia ini Symbian, kita juga bisa install beberapa aplikasi dengan format fle .sis. cuma ada beberapa yang khusus untuk Symbian UIQ 3.0 ini. Dan seperti Symbian pada umumnya kita juga bisa oprek HP ini, misalnya dihack biar bisa install aplikasi yang sudah kadaluarsa, ubah-ubah tampilan, dan sebagainya. Namun di Symbian UIQ3.0 ini tidak seramai Symbian nya Nokia.


Oh iya saya baru sadar ternyata HP ini tidak ada port jack audio, jadi kalau mau pakai earphone, kita harus beli konektornya. Jadi ini konektornya selain buat ngecharge, dan transfer data, bisa juga untuk earphone. Berarti masalah HP-HP yang tidak punya jack audio itu bukan zaman-zaman sekarang saja ya, dari dulu juga sudah ada. Dari sumber yang saya dapat, alasan tidak ada jack audio di HP ini karena didorong untuk menggunakan earphone wireless.

Konsep di Sony Ericsson P990i memang menarik ya, kalau menurut saya HP ini seperti HP Nokia comunikator gitu. Jadi dibagian depan itu hanya menampilkan beberapa hal basic saja, tapi ketika dibuka baru deh semua fitur-fitur nya bisa dinikmati.

Bedanya di HP ini cuma ada 1 layar dan ketika keypad alphanumeric nya dibuka itu layarnya nampak semua, begitu pula dengan fitur-fitur nya yang menurut saya lebih simple.

Seperti itulah uniknya HP-HP zaman dulu, bentuknya beda-beda, ui beragam, dan setiap ganti HP apalagi beda kelas atau merk, pasti feel nya bener-bener beda banget. Nah kalau sekarang kan tau sendiri lah HP murah kelas bawahnya juga bisa mengikuti kelas atas dan tampilannya juga tidak beda jauh apalagi OS nya yang sudah seragam.

Oke jadi itulah pembahasan untuk HP Sony Ericsson P990i. Kalau ada pertanyaan atau info tambahan, silahkan komentar ya. Jika masih belum puas membaca artikel ini, silahkan nonton video unboxing dan reviewnya dibawah ini.



logoblog

Terimakasih sudah membaca HP Sony Unik Dan Mahal Pada Zaman nya! - Sony Ericsson P990i. Silahkan bagikan artikel ini melalui:

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar