ErDev Blog

Bereksperimen dengan Smartphone, Gadget, dan Teknologi.

Selasa, 18 Januari 2022

HP Pertama Dengan OS Symbian Belle! - Nokia 700

Oleh Aulia Intan pada Selasa, 18 Januari 2022

 


Yoo Haloo...

Kali ini saya akan membahas HP jadul dari Nokia yaitu Nokia 700. HP ini dirilis sekitar tahun 2011, harganya waktu itu sekitar 3 jutaan dan ini saya beli dapat harga 150 ribu dengan kondisi bekas dan batangan, alias HP nya doang.

Untuk unitnya dibagian depan ada layar 3,2inch diatasnya ada tulisan Nokia, earpice dan sensor. Dibawahnya ada tombol fisik, call, menu, dan end call atau power, selain itu ada lubang speaker dan microfone. Lanjut dibagian samping kanan ada tombol pengatur volume, tombol lock, dan tombol kamera, dibagian bawah ada lubang untuk gantungan, dibagian kirinya tidak ada apa-apa, dibagian atas ada lubang jack audio, lubang mikro usb, dan lubang charger. Dibagian belakang ada kamera belakang 5mp, lampu flash, tulisan Nokia, microfone dan tulisan Nokia 700.


Untuk designnya menurut saya tidak terlalu wah, dagunya itu besar banget dan ditambah ada tombol speaker jadi dagu nya terlihat lebih besar. Oh iya untuk material belakangnya menggunakan metal dan build qualitynya terasa solid. Menurut saya pada bagian depan dari HP ini agak mirip-mirip dikit lah dengan Nokia seri Asha. Dulu tuh memang kalau yang ga kebeli Nokia Symbian alternatifnya seri Asha, itu buat yang maksa ingin pakai Nokia, termasuk saya hehehe….


Lanjut cek ke settings, untuk OS yang dipakai di HP ini yaitu Symbian versi Belle Feature Pack atau FP 2. Untuk software versionnya yaitu tanggal 30-08-2012, selain itu untuk browsernya versi 8.3 sudah support HTML5, ada flash playernya versi 4.0 dan javanya versi 2,5.

Oh iya untuk memorinya dibikin menjadi 2 partisi. Untuk yang C bebasnya sekitar 147MB biasanya digunakan untuk sistem sedangkan untuk yang E bebasnya sekitar 1,5GB digunakan untuk menyimpan data.


Untuk spesifikasinya HP ini menggunakan CPU 1ghz ARM11, internal memori 2GB dan RAMnya 512MB. Layarnya 3,2inch dan sudah AMOLED, wah pantes warnanya itu gonjreng dan lebih menarik, selain itu dilindungi juga dengan corning gorilla glass cuma saya tidak tahu yang ke berapa. HP ini menggunakan OS Symbian Bele FP2 terbaru tidak ada update lagi, dan HP ini sudah ada NFC nya loh, ternyata sudah canggih ya dari dulu. Dari penjelasannya NFC nya ini digunakan untuk menghubungkan ke perangkat lain, berbagi file, atau bisa juga untuk kebutuhan game.

Oh iya selain kondisi fisik dari unit yang saya dapat ini tidak terlalu mulus banget, ternyata ada minus lainnya, yaitu tidak bisa dipakaikan kartu sim. Bukan karena imeinya kena blok ya, tapi ketika dipakaikan kartu sim, HP nya itu tidak bisa digunakan. Jadi ketika dinyalakan, pas mau atau sudah masuk ke homescreen, HP nya langsung mati sendiri, tapi ini bukan pertama kalinya. Saya juga pernah mengalami di Nokia 603 dan sering juga nemu di Nokia 500 dan N8, jadi saya tuh agak ngeri kalau HP Nokia yang sudah pakai Symbian diatas s60v5, takutnya ketemu penyakit seperti ini. Kemungkinan masalahnya itu dikomponennya, ada yang bilang dibagian IC Power Amplifernya. Tapi saya belum tau pasti juga, soalnya belum pernah coba dibetulkan. Buat yang tau boleh nih berbagi pengalaman dan ilmunya dikolom komentar ya.

Untungnya HP ini ada wifinya jadi ya masih bisa dipakai, setidaknya untuk kebutuhan akses internet, tapi browsing di HP seperti ini untuk sekarang sudah kurang nyaman ya. Symbian Belle ini menurut saya lebih segar dan lebih terlihat modern, dibanding versi sebelumnya kayak s60v5. Homescreen nya juga lebih atraktif, banyak tambahan widget, ikonnya lebih rapih dan untuk menu di HP nya lumayan banyak aplikasi bawaannya.


Tapi rata-rata kalau aplikasi yang membutuhkan akses internet itu sekarang sudah tidak bisa dijalankan, seperti facebook, youtube, bahkan aplikasi storenya juga sudah tidak bisa dan ada juga yang memang aplikasinya itu butuh kartu sim untuk dijalankan. Memang kita bisa cari dan pasang aplikasi yang didownload berupa file jar atau sis. Misalnya facebook yang versi java, tapi ketika dibuka sudah tidak bisa diakses, terus aplikasi macam whatsapp juga sama, walaupun bisa diinstall tapi sudah tidak bisa dipakai, karena sudah dihentikan. Dan kemungkinan untuk aplikasi sejenis juga sudah tidak didukung, jadi jangan nanya bisa tiktokan atau tidak ya.


Kalau ngomongin minusnya dari fisik dan softwarenya itu banyak, apalagi untuk zaman sekarang, ya seperti biasa HP seperti ini tuh cocok nya untuk koleksi, tapi yang menyenangkan dari Symbian itu bisa dioprek-oprek. Misalnya kita hack biar bisa install aplikasi tanpa pedulikan sertifikat yang kadaluarsa, pasang tema, ubah-ubah ui nya dan lain sebagainya. Oh iya untuk komunitasnya juga sekarang masih ada, jadi walaupun OS nya sudah terkubur tapi tidak dengan kenangannya, eh maksudnya bahan-bahan nya wkwkwk. Dan masih ada group atau web yang menyediakan tips&trick, tools, aplikasi, game, dan lain-lain, walaupun sudah tidak banyak. Kelebihan lain dari Symbian Belle ini ada cukup banyak game yang kualitasnya sudah HD dengan ukuran yang tidak main-main loh, bisa sampai ratusan MB. Jadi saya juga mau coba main beberapa game kelas beratnya di HP ini, boleh ya kasih rekomendasi nama gamenya dikolom komentar.

Oke jadi itulah pembahasan untuk HP Nokia 700. Kalau ada pertanyaan atau info tambahan, silahkan komentar ya. Jika masih belum puas membaca artikel ini, silahkan nonton video unboxing dan reviewnya dibawah ini. 



logoblog

Terimakasih sudah membaca HP Pertama Dengan OS Symbian Belle! - Nokia 700 . Silahkan bagikan artikel ini melalui:

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar