ErDev Blog

Bereksperimen dengan Smartphone, Gadget, dan Teknologi.

Selasa, 04 Januari 2022

HP Android Terakhir Sebelum Nokia Mati Suri! - Nokia X2 Dual SIM

Oleh Aulia Intan pada Selasa, 04 Januari 2022

Yoo Haloo...

Kali ini saya akan membahas HP Android Nokia terakhir di Indonesia, sebelum Nokia mati suri. Jadi ini adalah Nokia X2 Dual Sim Android, ini saya beli kondisinya bekas seharga 210 ribu. Dulu saya pernah punya HP ini, beli susah payah pakai uang sendiri, eh baru dipakai beberapa hari HP nya malah hilang. Pokonya nyesek banget waktu itu, duh jadi curhatkan wkwkwk. Ini boxnya masih saya simpen loh, buat kenang-kenangan hehehe. Oh iya untuk boxnya itu ada logo BBM Preloaded, karena dulu lagi booming-booming nya BBM baru masuk ke Android.   


Saya coba cek ke settings lanjut ke about phone,  untuk modelnya ini RM 1013. Platform versionnya Nokia X software Platform 2.1. Software versionnya 2.1.0.11. sudah terbaru tidak ada update lagi. Untuk penyimpanannya ini totalnya sekitar 2,25GB dan tersedia sekitar 2GB, dan untuk RAM nya sudah terpakai 254MB sisanya sekitar 675MB dari total 1GB.

Oh iya untuk bloatwarenya atau aplikasi bawaannya ini lumayan banyak ya, game juga ada. Untungnya masih bisa di uninstall nih, mayanlah legain memori.


Ukurannya ini compact dan bentuknya juga mengotak. Selain itu, backcover nya ini plastik glosy gitu warnanya, tapi unit nya udah ada beberapa yang lecet-lecet halus, ya namanya juga bekas.

Untuk tampilannya ini memang tidak seperti Android pada umumnya ya, justru lebih ke Windows Phone gitu, jadi kotak-kotak tile warna warni. Untuk list semua aplikasinya kita geser ke kiri dan task managernya itu kita tekan dan tahan tombol back, mirip seperti Windows Phone.

Oh iya ga cuma tampilan nya saja yang agak aneh untuk Android, ternyata untuk beberapa service dari google juga tidak ada, misalnya playstore, google maps, gmail atau aplikasi google yang lainnya. Tapi Nokia kasih alternatif seperti nokia store, heremaps, nokia mail dan lain-lain. Sayangnya untuk aplikasi bawaan seperti nokia store, mixradio, BBM atau aplikasi lain yang sudah ketinggalan versi sudah tidak bisa diakses, kecuali instagram yang versi jadulnya ternyata masih bisa. Untungnya di Nokia X2 Android ini kita bisa install aplikasi atau game melalui file aplikasi. Seperti biasa bisa langsung di install, jadi aplikasi bawaan yang sekarang masih eksis bisa di update manual.


Saya coba cek menggunakan AIDA64. Untuk speknya menggunakan Snapdragon 200 Dual-core 1.2 GHz, RAM 1GB, memori internal 4GB, Layar 4.3 inch IPS 480x800, GPU nya Adreno 302, dengan kapasitas baterai 1800mAH, serta dilengkapi dengan kamera belakang 5MP dan OS Android yang dipakai versi 4.3 Jelly bean, dan untuk sensornya ya alakadarnya, tidak ada giroskop.

Android Jelly bean itu untuk sekarang saya rasa sudah mepet banget kompabilitas untuk aplikasinya, kalau youtube masih ada yang support yaitu youtube go, tapi perlu google service, jadinya ga bisa. Terus untuk whatsapp masih bisa, telegram juga sama masih bisa, tapi kalau tiktok tidak bisa dibuka langsung force close.

Tapi karena ini Android jadi bisa dioprek-oprek nih, misalnya di root, pasang google sevice, pasang custom recovery bahkan ganti pakai custom rom, bahkan bahan-bahan nya masih ada dan cukup banyak di group facebooknya maupun forum XDA. Dari beberapa custom rom saya coba pake Resurrection Remix/RR yang sudah base Android Marshmellow, cuma bugnya itu dikamera yang tidak bisa, hadeuh. Oh iya untuk codename dari HP ini ternyata ara, kalau sudah pakai custom rom gini, ya sudah kayak Android ajalah. Saya coba beberapa aplikasi yang sebelumnya tidak bisa juga jadi bisa kalau pakai custom rom ini.


Nokia Android X series itu menurut saya Android yang nanggung, Nokia itu kayak mau-mau tapi malu. Dia pakai Android tapi masih setengah-setengah untuk pakai service bahkan tampilan Android itu sendiri, yang akhirnya bisa bikin bingung beberapa pengguna bahkan calon penggunanya. Soalnya orang-orang itu masih kayak belum yakin gitu loh, ini Nokia X2 beneran pakai Android bukan sih? walaupun pada akhirnya sekarang HP-HP Android Nokia malah menggunakan stok Android ya hahaha.

Saya sendiri dulu pilih HP ini karena suka sama bentuk bodynya dan masih tergila-gila sama brand Nokia, terus biar beda gitulah, dari dulu emang orangnya suka yang unik-unik. Padahal waktu itu temen-temen kebanyakan sudah pakai HP-HP Android dari brand Samsung, Sony, Asus, Xiaomi, ya minimal HP Android lokal lah, eh saya malah pilih si Nokia yang lagi diujung tanduk.

Oke jadi itulah pembahasan untuk HP Nokia X2 Dual Sim. Kalau ada pertanyaan atau info tambahan, silahkan komentar ya. Jika masih belum puas membaca artikel ini, silahkan nonton video unboxing dan reviewnya dibawah ini.



logoblog

Terimakasih sudah membaca HP Android Terakhir Sebelum Nokia Mati Suri! - Nokia X2 Dual SIM. Silahkan bagikan artikel ini melalui:

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

2 komentar: