ErDev Blog

Bereksperimen dengan Smartphone, Gadget, dan Teknologi.

Kamis, 04 Maret 2021

Unboxing & Review Xiaomi Redmi 9T - Perbedaannya dengan Xiaomi POCO M3

Oleh ErDev pada Kamis, 04 Maret 2021

Yoo Haloo...
Kali ini saya akan membahas Xiaomi Redmi 9T dengan varian RAM 6 GB dan Memori Internal 128 GB berwarna Carbon Gray. Handphone ini saya beli dengan harga Rp.2.299.000 lewat Flashsalenya di JD.ID. di dalam paket penjualannya ada kartu ucapan, SIM Ejector, Kertas panduan dan garansi, Softcase bening, unit Handphonenya, kabel data Type-C dan Adaptor Charger 10V 2,5A.

Oke lanjut bahas Handphonenya, untuk spesifikasi dari Redmi 9T ini mirip-mirip sama POCO M3, jadi secara performa emang ga beda jauh sama POCO M3 yang pernah saya bahas sebelumnya (Baca: Unboxing & Review POCO M3 - Handphone Entry Level Killer Terbaru dari Xiaomi). Redmi 9T pake Snapdragon 662, 11nm, dengan GPU Adreno 610. Layarnya full HD IPS 1080x2340, sensor-sensornya juga sama, giroskop masih software. Baterai 6000mAh dan kamera depan 8MP.

Nah untuk perbedaannya, pertama ada di kamera belakangnya, Redmi 9T ada tambahan lensa ultra-wide yang ngebantu banget buat ambil foto atau video lebih luas. Jadi untuk jumlah kamera belakang di Redmi 9T ada 4 sedangkan di POCO M3 cuma ada 3 kamera.

 


Lalu yang beda itu dari design body belakangnya, kalo Redmi 9T ini menurut saya lebih sedikit rame karna ada tekstur atau efek sinar gitu yang ngingetin saya sama designnya Realme C3. Terus tulisan redminya juga lumayan besar. sedangkan kalo POCO M3 itu cuma di bagian kameranya aja dan tulisan POCO juga lebih kecil, selebihnya polos. Kalo untuk bagian depan dan sampingnya itu masih sama.
Berikut ini hasil kamera dari Xiaomi Redmi 9T.

Terus pada MIUI ternyata ada beberapa perbedaan secara bawaannya, yang pertama pada versinya, kalo Redmi 9T ini keluar dari box pake MIUI versi 12.0.2.0 sedangkan POCO M3 keluar dari box pake MIUI versi 12.0.4.0 dan ketika video ini dibuat untuk POCO M3 udah dapet update sekali ke versi 12.0.5.0 sedangkan Redmi 9T belum dapet update.

Terus pada fiturnya, Redmi 9T ini punya pilihan pada Layar utamanya. Kita bisa pilih reguler, jadi semua aplikasi itu muncul Home Screen seperti kebanyakan Handphone Xiaomi. Atau Dengan laci, yaitu ada App Drawernya. sedangkan kalo di POCO M3 itu ga ada pilihannya, kita cuma bisa pake yang ada App Drawernya. Lalu pada bagian Setelan di Fitur spesial, kalo di POCO M3 itu ga ada fitur Ruang kedua dan Mode mudah. sedangkan di Redmi 9T itu ada. ya walaupun POCO M3 juga sebenrnya ada cuma kayanya diumpetin jadi harus pake trik buat akses fitur ruang kedua (Baca: Cara Mengakses Fitur Ruang Kedua yang Tersembunyi di HP Xiaomi POCO MIUI 12 Terbaru).


‌Untuk varian, kedua seri ini dalam penjualannya disediakan pilihan varian yang sama, yaitu 4/64GB dan 6/128GB. Saya pilih varian 6/128GB di Redmi 9T ini buat ngebandingin performa secara penggunaan dan kecepatannya dengan varian 4/64GB yang udah saya coba di POCO M3, karna untuk yang 6/128GB itu pake UFS 2.2 sedangkan yang 4/64GB pake UFS 2.1. Hasilnya untuk yang varian 6/128GB itu memang lebih cepat dalam proses write & read data. Untuk hasil antutu Benchmarknya juga udah pasti beda ya, varian 4/64GB dapet skor sekitar 176ribu, varian 6/128GB dapet skor 188rb dan memang dari info-info lainnya juga si Redmi 9T ini lebih unggul sedikit dalam Benchmarknya walaupun dengan varian yang sama. Sedangkan dalam pemakaiannya ketika HP baru pertama kali dinyalakan, pemakaian RAM sama-sama sekitar 2GB dan pemaikain storage juga waktu pertama kali dinyalakan itu sama-sama udah kepake sekitar 20GB. jadi dalam pemakaian beda dalam sisa ukurannya aja.


‌Lalu untuk harga, kedua handphone ini beda Rp.100.000 untuk harga resminya dan masing-masing varian. Yang paling menunjol secara fungsi dari perbedaan harganya menurut saya itu ada di kamera, dimana Redmi 9T punya tambahan lensa ultra-wide. Kalo untuk selebihnya seperti yang udah saya jelaskan perbedaannya itu ga terlalu yang signifikan. Untuk design body belakangnya, itu masalah selera masing-masing ya. Menurut pandangan saya kalo ditutupin case atau skin, jatohnya jadi mirip-mirip juga.
Pilih POCO M3 bisa hemat Rp.100.000 dan bisa dibeliin buat aksesoris tambahan, seperti tempered glass, case, dsb. atau kalo mau sekalian dan budgetnya juga mencukupi terus mau dipake jangka panjang juga, Redmi 9T dengan varian 6/128GB bisa jadi pilihan, biar ga nyesel karna nanggung kan. Ya, kembali lagi sesuaikan kebutuhan dan budget masing-masing.

Oke jadi itulah pembahasan untuk Xiaomi Redmi 9T. Kalo ada pertanyaan atau info tambahan, silahkan komentar ya. Jika masih belum puas membaca artikel ini, silahkan nonton video unboxing dan reviewnya di bawah ini.


logoblog

Terimakasih sudah membaca Unboxing & Review Xiaomi Redmi 9T - Perbedaannya dengan Xiaomi POCO M3 . Silahkan bagikan artikel ini melalui:

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar