ErDev Blog

Bereksperimen dengan Smartphone, Gadget, dan Teknologi.

Selasa, 09 Februari 2021

Unboxing & Review POCO M3 - Handphone Entry Level Killer Terbaru dari Xiaomi

Oleh ErDev pada Selasa, 09 Februari 2021

Yoo Haloo...
Kali ini saya akan membahas POCO M3 varian 4/64GB. Handphone ini saya beli dengan harga Rp.1.799.000 lewat Flashsale di Lazada. Jadi kalo beli Handphone ini, di dalam paket penjualannya ada kartu ucapan, SIM Ejector, kertas panduan dan kartu garansi, softcase transparant, Unit Handphonenya, kabel data Type-C dan adaptor charger MAX 10v 2,5A 22,5W.

Oke lanjut bahas Handphonenya, sebenarnya designnya ini ga terlalu yang wah banget ya, cuma karna dia berani untuk pake design yang cukup berbeda dengan Handphone-Handphone keluaran sekarang, dengan design bagian kamera ada area yang keliatan besar dan tulisan poco yang cukup besar juga. Kalo area yang hitam ini dihalngkan ya masih mirip-mirip lah sama design Handphone zaman sekarang.  Terus dia pake material plastik di belakannya dengan tekstur kaya kulit jeruk gitu dan warnanya doff, jadi memang ga licin waktu dipegang, gripnya cukup nyaman dan ga gampang ninggalin bekas sidik jari. Buat warna biru ini udah keren sih, cuma kalo biar lebih keciri lagi ini POCO M3, warna kuning itu lebih rekomen lah. Bbodynya ini ga terlalu tebel juga dan ga seberat Handphone lain dengan baterai 6000mah yang pernah saya bahas sebelumnya,


POCO M3 ini pake chipset Snapdragon 662 yang udah 11n, sistemnya jalan 64bit, pake GPU Adreno 610, masih 60hz dengan resolusi layar yang udah fullHD+ 1080x2340 dengan kerapatan 395ppi. Untuk layar ini saya rasa udah bagus karna di harga segini rata-rata Handphone lain masih ngasih HD+, ya emang sih modelnya belum yang kekinian banget, masih dotdrop belum punchole. Untuk multitouchnya bisa sampe 10 jari dan untuk sensor POCO M3 ini sebenernya udah lumayan, cuma di bagian giroskop dia pake giroskop software bukan hardware jadi pasti performanya ga selancar yang hardware, tapi masih untung ada giroskop lah. Terus untuk score antutunya, POCO M3 ini dapet score sekitar 176ribu.


untuk performa gamingnya, saya coba buat main PUBGM itu dapet setingan grafik Smoot-High dan Balanced-Medium. Saya coba pake settingan Smooth-High, pas main udah cukup lancar walau emang kadang itu ada sedikit lah frame drop, ya ga terlalu sering banget, dan masih dalam kategori yang playable. Terus saya coba buat main Mobile Legend pake settingan High rata kanan, masih kerasa nyaman, ya pastinya kalo diturunin lagi setingannya bisa makin lancarlah. Dari kedua game yang saya coba ini saya rasa masih bisa menikmati gamenya, dan udah cukup lah buat sekedar main game. Bodynya juga ga terlalu panas ketika diajak buat main game. Sedangkan performa untuk pemakaian yang biasa, seperti sosmed, nonton video, buat belajar online, saya rasa udah lebih dari cukup dan lancar. Storagenya juga udah pake UFS 2.1 jadi lebih cepas proses read & writenya. Saya saranin sih lebih enak ambil varian yang 6/128gb yah, karna dari informasinya varian tersebut  pake UFS 2.2 dan pastinya lebih lega buat install dan buka banyak aplikasi.


Untuk baterainya 6000mah, ini kerasa awetnya, badak sih. pemakaian saya bisa dapet screen ontime sampe sekitar 8 jam dan untuk waktu ngechargenya dari 23% sampe full itu sekitar 3 jam pake charger bawaannya, ya masih kerasa lama, tapi lebih mending lah. Berikut ini hasil kamera dari POCO M3.


Untuk speakernya yang stereo ada 2 lubang, ini juga jadi nilai lebih, tapi kalo kualitas suaranya, menurut saya  masih ga yang terlalu wah banget ya. terus untuk fingerprintnya saya ngerasa ga terlalu cepet juga dan untuk perekaman video sayang banget masih lumayan kerasa guncangannya. Dan yang paling penting, untuk dapetin Handphone ini dengan harga yang normal alias murah, kita harus berjuang di flashsalenya yang menurut saya lumayan sulit, apalagi bisa aja udah dapet flashsalenya eh malah dibatalin dan ga jadi dikirim. Kalo ga mau ikut flashsale, ya tau sendiri, harganya jadi nambah mahal. mau gimana, stoknya ga sebanding dengan peminatnya.
Tapi jujur dari beberapa kekurangan Handphone ini, kalo kita liat lagi dari harga dan posisi dari Handphone nya yang untuk entry level, ini udah mantep, saya sendiri belum nemuin dari brand lain yang harga segini dapet spek seperti POCO M3 ini.  Ya jangan terlalu ngarep yang berlebihan dan jangan kemakan gimiknya juga, kita harus tau posisi dan kondisinya. Lagi-lagi Xiaomi bisa bikin standar baru untuk Handphone murah, tapi sayangnya brand lain jarang yang ngikutin.


Oke, jadi itulah pembahasan untuk POCO M3. Kalo ada pertanyaan, info tambahan atau ada hal lain yang ingin dibahas, silahkan komentar ya. Jika masih belum puas membaca artikel ini, silahkan nonton video unboxing dan reviewnya di bawah ini.


logoblog

Terimakasih sudah membaca Unboxing & Review POCO M3 - Handphone Entry Level Killer Terbaru dari Xiaomi. Silahkan bagikan artikel ini melalui:

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

1 komentar: