ErDev Blog

Bereksperimen dengan Smartphone, Gadget, dan Teknologi.

Kamis, 28 Maret 2024

PS PORTABLE UKURAN MINI ASIK BUAT DIBAWA & MAIN DI MANA AJA! - Sony PSP Go Console Game Handheld

Oleh Aulia Intan pada Kamis, 28 Maret 2024


Yoo Haloo...

Kali ini saya akan membahas console game handhled dari Sony yang berukuran kecil tapi mempunyai spek lebih canggih, yaitu Sony Playstation Portable Go atau biasa disebut PSP Go. Saya membeli produk ini dari Tokopaedi, dengan kondisi bekas namun barangnya masih cukup baik. Untuk kelengkapannya hanya mendapatkan unit PSP Go dan kabelnya saja, karena saya membeli produk ini dalam kondisi bekas. Untuk harganya sendiri saya beli dengan harga 600 ribu, kalau menurut saya dengan harga segitu masih tergolong lumayan murah, mengingat yang menjual PSP Go ini tidak sebanyak seri PSP lainnya, jadi sudah lumayan langka guys.

Untuk bentuk dari PSP Go nya sendiri yaitu, dibagian depan ada layar yang berukuran 3,8inch, lalu ada tulisan Sony dibagian atas layar dan tulisan atau logo PSP dibagian bawah layar. Untuk disamping kiri ada lampu indikator wifi, lubang speaker, dan tombol PS. Untuk disamping kanan ada lampu indikator bluetooth dan lubang speaker. Jadi PSP Go ini mempunyai 2 lubang speaker yang terletak disamping kiri dan kanan.

Lanjut untuk disisi kanannya ada switch power dan lampu indikator, untuk disisi bawah ada lubang konektor charge atau data dan lubang jack audio serta terdapat lubang untuk strap atau gantungan juga. Untuk disisi kiri ada switch untuk wireless, indikator memori, dan ada slot untuk memori yang berjenis Stick Micro M2. Untuk disisi atas ada tombol L dan R, tombol display, pengatur volume dan mute, sedangkan dibagian belakang ada tulisan Sony, PSP dan macam buat grip gitu.

Menurut saya bentuk dari PSP Go ini mirip-mirip dengan Sony Xperia Play yang pernah saya bahas waktu itu, tapi pastinya kalo PSP Go ini khusus untuk game ya. Untuk ukurannya ini beneran kecil banget, bisa gampang masuk kantong dan enak dibawa kemana-mana. Kebetulan saya dapat yang warna putih, selain itu ada juga yang warna hitam, dan setau saya warna PSP Go ini cuma ada 2 yaitu warna hitam dan putih yang dijual dipasaran.

Secara tampilan, sistemnya ini masih mirip seperti PSP seri yang lain yaitu menggunakan XrossMediaBar atau XMB, tapi yang bikin beda ketika slidenya ini ditutup bakalan muncul tampilan jam. Untuk layarnya sendiri bukan touchscreen ya, jadi navigasinya sama saja tidak ada bedanya tetap menggunakan tombol.

Untuk sistem softwarenya ini versi 6.61, sudah menggunakan custom firmware pro-c unlimited, dan untuk sistem storagenya berukuran 16GB dan sisanya tinggal 65MB saja, karena sudah diisi full game oleh penjualnya, ada banyak banget sekitar 30an game. Untuk gamenya masih sama seperti PSP yang lain, dan performanya juga sama saja. Main game masih lancar, karena memang gamenya didesign untuk PSP.

Nah biasanya banyak yang nanya nih, di PSP itu bisa tidak main game PS2? bisa saja kalau memang judul game tersebut dirilis juga untuk versi PSPnya, misalnya seperti game Crash Tag Team Racing, GTA Liberty City Stories, Warriors Orochi 2 dan sebagainya. Pastinya game-game tersebut disesuaikan lagi dari grafik, gameplay, serta kontrolnya supaya lebih compatible di PSP. Tapi kalau untuk menjalankan game yang benar-benar PS2, harus menggunakan file khusus game PS2 nya, kalau menggunakan macam emulator ya tidak bisa, dan tidak semua game PS2 ada di PSP juga. Paling cuma bisa menjalankan untuk game PS1, itupun menggunakan file gamenya yang berformat pbp.

PSP Go dirilis sekitar tahun 2009 meneruskan seri dari PSP 3000 dan harganya waktu itu disini sekitar 3,6 jutaan. Secara design, PSP Go memang berbeda jika dibandingkan dengan seri PSP yang lainnya, bahkan jadi satu-satunya yang beda. Dan sesuai namanya, PSP Go ini enak banget kalau buat dibawa berpergian, karena ukurannya yang kecil jadi gampang diletakkan atau dikantongin, karena tidak makan banyak tempat, bobotnya juga ringan dan performanya masih sama seperti seri PSP yang lain, serta fitur-fiturnya juga tidak banyak yang berbeda. Untuk internal memori di PSP Go ini mempunyai ukuran yang besar dibandingkan dengan seri PSP lainnya yaitu 16GB, untuk ukuran segitu masih bisa nampung banyak game. Adanya fitur bluetooth juga memungkinkan kita untuk menggunakan stick dualshock 3, yang untuk PS3, di PSP Go ini secara wireless, tapi fitur ini hanya khusus DS3 yang benar-benar original mesin ya.

Dengan ukuran yang lebih kecil, selain ada kelebihan, pasti ada kekurangannya juga. Misalnya hillangnya dukungan UMD, jadi kita tidak bisa memainkan game fisik di PSP Go ini. Jadi cuma bisa memainkan game-game digital yang bisa didownload dari Playsation Store. Sebenarnya tidak masalah sih kalau buat sekarang, karena rata-rata yang jual itu sudah dalam kondisi CFW. Namun untuk memorinya nih, bergantung banget sama internalnya yang 16GB itu, tidak sebebas kita seperti seri PSP lain, dan memori M2 nya itu hanya untuk data-data ringan saja seperti musik atau foto. Untuk ukuran layarnya lebih kecil dibandingkan dengan PSP seri lain, jadi mungkin untuk beberapa orang kurang nyaman saat memainkan PSP Go ini, bikin mata cepat lelah. Walaupun dilayar yang lebih kecil dengan resolusi yang sama, jadinya lebih rapet nih pixelnya.


Untuk tombolnya lebih kecil dan pendek, layoutnya juga sedikit berbeda dari PSP yang lainnya, dengan tombol yang seperti ini dan design body yang seperti ini memang kurang begitu nyaman dibandingkan dengan PSP pada umumnya. Kapasitas baterainya juga lebih kecil hanya 930mAh, dan tidak enaknya lagi sudah baterai tanam, jadi tidak mudah untuk gunta-ganti baterai cadangan. Btw diunit saya ini untuk baterainya masih tahan sekitar 3 jam untuk main game, belum lagi untuk sistem slidenya nih, agak risih karena diunit saya sudah sedikit kendor gitu, jadi risih takut patah atau fleksibelnya rusak. Walaupun sepertinya tidak sebanyak masalah fleksibel di Xperia Play yang layarnya itu touchscreen, memang seperti itu resiko-resiko yang harus dibayar dari sebuah ukuran yang dibikin lebih compact. Walaupun masih bisa diatasin dengan menggunakan stick DS3 dan disambungkan ke TV, tapi ya itu jadinya tidak portabel.

PSP Go ini juga pada masanya, bisa dibilang gagal karena untuk jumlah penjualannya itu tidak begitu bagus, banyak yang menilai kurang baik, kurangnya minat karena adanya beberapa kekurangan, dan harganya yang lumayan mahal dibandingkan dengan PSP seri 3000. Maka dari itu, Sony juga sempat mengurangkan harganya dan memberikan banyak bonus game secara bawaan, supaya bisa lebih menarik lagi. Tapi ya tetap saja masih kurang begitu menarik, dan banyak yang lebih memilih seri sebelumnya, seperti PSP seri 3000.

PSP Go ini secara sistem dan game masih sama dengan seri PSP yang lain, hanya dibikin lebih compact, dan ada beberapa hal yang ditambahkan di PSP Go ini, sehingga jadi lebih canggih, namun ada juga hal penting yang dipangkas. Bisa dibilang kalau Nintendo punya DS Lite, Sony punya PSP Go. DS lite berukuran kecil dan bisa dilipat, PSP Go juga berukuran kecil dan bisa dislide. Jadi, sama-sama compact dan enak dibawa berpergian. Semoga saja Sony bisa membuat console game handheld lagi ya, jangan hanya membuat device untuk remote game saja, supaya Nintendo Switch punya saingan lagi.     

 

Oke jadi itulah pembahasan untuk console game handhled dari Sony yang berukuran kecil tapi mempunyai spek lebih canggih, yaitu Sony Playstation Portable Go atau biasa disebut PSP Go. Kalau ada pertanyaan atau info tambahan, silahkan komentar ya. Jika masih belum puas membaca artikel ini, silahkan nonton video unboxing dan reviewnya dibawah ini.

 

logoblog

Terimakasih sudah membaca PS PORTABLE UKURAN MINI ASIK BUAT DIBAWA & MAIN DI MANA AJA! - Sony PSP Go Console Game Handheld. Silahkan bagikan artikel ini melalui:

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar