ErDev Blog

Bereksperimen dengan Smartphone, Gadget, dan Teknologi.

Kamis, 28 Maret 2024

HP YANG BISA JADI PC WINDOWS! - Microsoft Lumia 950

Oleh Aulia Intan pada Kamis, 28 Maret 2024

Yoo Haloo...

Kali ini saya akan membahas HP Windows dari Microsoft dengan spesifikasi yang tinggi, yaitu Lumia 950. HP ini termasuk seri flagship dari Lumia dan juga sebagai HP pertama yang menggunakan Windows 10 Mobile, secara bawaannya, dan ditambah lagi ada beberapa fitur canggih yang ditanamkan. HP ini saya beli dengan kondisi bekas, lewat Shoping dengan harga 700 ribu. Menurut saya harga segitu masih tergolong murah, karena HP ini sudah sulit didapatkan, apalagi dengan harga yang dibawah sejuta. Untuk kelengkapannya saya mendapatkan unit HP, baterai model BV-T5E dengan kapasitas 3000 mAh, lalu ada back cover berwarna hitam dengan kondisi yang sudah lecet-lecet gitu, lalu ada kertas panduan singkat menggunakan bahasa Indonesia, kemungkinan unitnya ex resmi Indonesia. Dan terakhir ada nota bekas pembeliannya, jadi pemilik sebelumnya membeli produk ini sekitar tahun 2017 dengan harga 3,8 juta.

Secara design, HP ini memang kelihatan kurang begitu wah sebagai HP flagship, kelihatan sederhana, bahkan dari material bodynya pun masih didominasi plastik, walaupun begitu tetapi masih terasa cukup solid. Untuk dibagian depan ada layar berukuran 5,2inch, diatasnya terdapat tulisan microsoft, sensor, earpice dan kamera, lalu dibagian bawah ada microphone. Untuk bagian sisi kanan terdapat tombol pengatur volume, power dan shutter kamera. Lalu untuk sisi bawah ada lubang usb type-c dan dibagian sisi kiri nya kosong, sedangkan disisi atas ada lubang jack audio, lalu dibagian belakang ada lubang speaker, kamera, 3 lampu flash, secondary microphone, dan terdapat tulisan pureview zeis dan logo Windows.

Jadi HP ini menggunakan OS Windows 10 Mobile dengan versi 1709, kalau tidak salah ini sudah mentok. HP ini mempunyai RAM 3GB dengan internal memori 32GB, namun yang tersisa hanya 12,9GB. Mungkin karena ada beberapa aplikasi bawaan, dan ditambah ada yang sudah diinstall oleh pengguna sebelumnya. Untuk chipset yang digunakan di HP ini yaitu Snapdragon 808 dengan GPU Adreno 418 dan untuk layarnya sendiri berukuran 5,2inch dan sudah menggunakan panel amoled. Microsoft Lumia 950 mempunyai kamera belakang yang berukuran 20MP.

Microsoft Lumia 950 ini dirilis sekitar tahun 2015 dengan harga disini sekitar 9 jutaan, rilisnya pun bareng dengan saudaranya juga, yaitu Lumia 950 XL, dengan layar dan baterai yang lebih besar, chipsetnya yang berbeda dan pastinya lebih mahal juga. Keduanya ini digadang-gadang sebagai HP Lumia yang membawa fitur-fitur canggih serta performa yang lebih kencang dari sebelumnya. Memang untuk spek yang ada di HP ini kalau dibandingkan dengan HP Android waktu itu masih bisa lebih tinggi lagi, tapi ingat guys kebutuhan resource di Windows Phone tidak serakus diAndroid, jadi masih oke-oke saja. Bahkan spek segitu sudah kencang kalau digunakan diWindows Phone, namun benar adanya bahwa pemakaian Snapdragon 808 ini bikin HP nya cepat anget, padahal tidak digunakan yang berat-berat. 

Untuk fitur yang diunggulkan dari HP ini ada yang namanya Continuum, jadi si HP ini bisa dijadikan layaknya mini PC desktop. Caranya bisa menggunakan display dock bawaan atau bisa juga menggunakan semacam usb dongle yang ada hdmi nya, misal kaya PX-UCH15. Lalu siapkan juga monitor atau tv, keyboard dan mouse. kalau sudah, tinggal dicolokin saja semuanya, nanti bakal otomatis tampilan dari HPnya ada di monitor, tapi dengan model layaknya sebuah PC yang menggunakan OS Windows 10 biasa. Jadi ada tombol start, task bar, dan lain-lain, pokoknya mirip banget.

Aplikasi yang ada di HP juga bisa dijalankan ditampilan ini, dan akan berjalan seperti versi PC, misalnya browsernya, microft office seperti word, excel atau power point, dan beberapa aplikasi lainnya, tapi dengan catatan aplikasi tersebut sudah menerapkan UWP atau Universal Windows Platform. Jadi tidak semua aplikasi bisa dijalankan dimode Continuum ini ya. Tapi jujur saja dimode Continuum ini seperti berasa lebih lambat performanya, bahkan untuk browsing walaupun tampilan web sudah seperti diPC, ada yang sudah tidak support seperti youtube.

Selain itu ada juga fitur Windows Helo yang menggunakan iris scaner sebagai keamanan untuk buka kunci maupun login, dan sudah didukung cortana juga sebagai asisten suara AI yang dikembangkan Microsoft. Jujur saja menurut saya fitur yang diunggulkan itu masih terasa kurang matang, contohnya difitur Continuum hanya bisa menjalankan aplikasi yang UWP saja, sedangkan ekosistem aplikasi diWindows Phone itu masih kurang, yang biasanya masih kurang banyak aplikasinya, ini minta diUWP juga. Belum lagi aplikasi yang masih bermasalah, contohnya saja waktu itu saya pernah menggunakan aplikasi facebook jadi lambat, walaupun koneksi ngebut. Berlaku untuk aplikasi BBM juga kayak kurang stabil gitu, dan masih banyak lagi, sedikit memaksa pengen balap aja gitu si Microsoft ini. 

Ngomongin aplikasi, memang dari dulu Windows Phone itu tidak sebanyak Android atau IOS, kalau pun ada juga itu biasanya kurang maksimal. Nah apalagi sekarang dimana OS Windows Phone atau Windows 10 Mobile sudah dihentikan dukungannya, tambah parah saja. Aplikasi yang tadinya ada jadi tidak ada, contohnya seperti whatsapp, facebook, itu aplikasi yang sudah tidak ada. Apalagi kalau yang baru macam tiktok itu sudah pasti tidak ada di HP ini, jadi yaudah smartphone berasa HP basic saja.

Mungkin ada yang belum paham nih, sebenarnya Windows 10 Mobile dengan Windows 10 yang biasa diPC, itu sama ga sih? ya jelas beda. kalau Windows 10 Mobile itu sistem operasi yang lebih dikhususkan untuk perangkat HP. Jadi tidak bisa menjalankan format file msi atau exe, tetap punya format filenya sendiri yaitu XAP atau APPX. Bagaimanapun masih lebih praktis kalau download lewat storenya ya, tinggal cari dan install saja. Btw ini storenya masih buka, tapi jadi nyampur dengan aplikasi PC. Jadi keliatannya banyak, padahal seperti warung yang sudah bangkrut.

HP ini memang canggih, tapi rasanya masih banyak hal yang perlu dikembangkan lagi, dan sayangnya Microsoft malah tidak melanjutkan. Coba saja kalau tetap dilanjutkan, ekosistemnya berkembang, dan fitur-fitur nya makin matang, ini berasa punya 2 perangkat. Bisa dijadikan HP, bisa juga dijadikan PC desktop, berasa PC yang bisa dikantongin. Tapi mau gimana lagi, nasib Windows Phone atau Windows 10 Mobile sudah cukup sampai 10 Desember 2019 saja.

 

Oke jadi itulah pembahasan untuk HP Windows dari Microsoft dengan spesifikasi yang tinggi, yaitu Lumia 950. Kalau ada pertanyaan atau info tambahan, silahkan komentar ya. Jika masih belum puas membaca artikel ini, silahkan nonton video unboxing dan reviewnya dibawah ini.

 

logoblog

Terimakasih sudah membaca HP YANG BISA JADI PC WINDOWS! - Microsoft Lumia 950. Silahkan bagikan artikel ini melalui:

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar