ErDev Blog

Bereksperimen dengan Smartphone, Gadget, dan Teknologi.

Senin, 26 Juni 2023

Fitur Keren dan Canggih di HP Baru, Ternyata Sudah Ada di HP Jadul!

Oleh ErDev pada Senin, 26 Juni 2023

Yoo Haloo...
Kali ini saya mau bahas beberapa fitur keren dan canggih yang ada di Handphone-Handphone kekinian, tapi ternyata sudah ada di Handphone-Handphone jadul.


1. Always On Display

Fitur ini untuk menampikan informasi jam atau notifikasi dalam keadaan HP ga dipake. tapi ga makan banyak daya juga dan biasanya ada di HP yg pake layar amoled. kalo di iphone masih baru-baru ini ada, sedangkan android emang udah aga lama.
tapi ternyata fitur ini udah ada jauh dari sebelum android. Jadi fitur ini bisa kita temui juga di banyak HP nokia jadul, misalnya di Nokia 3100 yg diriis sekitar tahun 2003. dia punya fitur serupa, cuma nama fiturnya itu bukan Always On Display tapi screensaver, ya walaupun begitu fungsinya sama kan.


2. Navigasi Gesture

Handphone-Handphone kekinian yg bagian depannya udah ga ada tombol dan menggunakan versi os terbaru biasanya udah ada fitur ini, jadi kita bisa navigasi seperti back, recent app atau home dengan gerakan atau swap dari tepi-tepi layar, tanpa pake tombol fisik maupun virtual.
nah, ternyata jauh sebelum iPhone X yg setau saya mulai-mulai bikin trendnya, udah ada loh HP yg lebih dulu menggunakan gesture, diantaranya yaitu di Nokia N9 dengan OS Meego yg dirilis tahun 2011. jadi HP ini bagian depannya itu emang ga ada tombol sama sekali, tapi rasio layarnya masih 16:9. untuk navigasinya ya menggunakan gesture tapi emang aga beda sama yg kekinian, misalnya mau ke home itu swipe dari tepi kiri atau kanan layar, kalo swap dari tepi bawah buat munculin shortcut, dan untuk nutup aplikasi swap dari tepi atas. Selain Nokia N9, ada juga di Handphone-Handphone dari Backberry yg diriis mulai dari tahun 2013 dengan menggunakan BB10 OS, contohnya di Blackberry Z10. kalo yg ini gesturenya lebih mirip ya sama di HP zaman sekarang.


3. Voice Command

Fitur yg berfungsi untuk memberikan perintah ke HP dengan suara, kaya nyuruh gitu. Biasanya kalo di HP Android itu pake google assitant atau kalo di iPhone itu pake Siri ya.
Nah, di HP jadul juga udah ada tuh, contohnya di Motorola A1200 yang menggunakan OS base Linux dan diriis sekitar tahun 2005. Cuma memang masih terbatas dan kadang kurang peka gitu, ya ga se-seamles di HP kekinian, tapi tetep keren kok.


4. Infrared

Fitur ini kalo di HP kekinian itu kebanyakan fungsinya sebagai remote ke banyak alat elektronik seperti TV, AC. dll. Tapi fitur ini tuh udah ada dan sempet populer di HP jadul, misalnya diSony Ericsson P990i yg rilis sekitar tahun 2005 dan Nokia 6820 yg rilis 2003.
Tapi kalo di HP jadul, Infrared ini lebih difungsikan untuk mengirim dan menerima file, itu loh yg harus dideketin dan jangan sampe kesenggol. Ya mirip kaya Bluetooth, itu udah ada dari HP jaman dulu, cuma adanya di tipe atas dan pemakaiannya juga masih terbatas.


5. NFC 

Untuk HP kekinain biasanya fitur ini banyak dipake buat cek atau topup e-money. tadinya cuma HP mahal yg punya fitur ini, tapi makin kesini HP kelas lowend aja udah ada.
Di HP jadul NFC ini juga udah ada misalnya di HP Nokia N9 ini, atau ada juga di HP Nokia yg berOS symbian, misalnya Nokia 700 yg rilis tahun 2011. Tapi kalo di HP zaman dulu penggunaan NFC itu lebih ke berbagi file, menyambungkan perangkat, atau pembayaran dengan tap HPnya ya.


6. Satu port untuk banyak hal

Ituloh, kalo di HP jaman sekarang biasanya yg udah pake lubang USB Type-C dan udah ga ada jack audio, jadi untuk ngecharge, transfer data, atau colok earphone ke satu lubang USB Type-C itu.
Nah, ternyata itu udah ada loh di HP jadul, saya ambil contoh di HP sony Ericsson P990i. Memang lubangnya bukan USB Type-C, tapi yg pasti lubang ini bisa "dipake rame-rame" juga, buat ngecharge, transfer data, earphone atau aksesoris yg lain.


7. Kapasitar Memori Internal yang besar

Hmmm, ini termasuk fitur bukan ya? Tapi ya di HP zaman sekarang itu udah pasti internalnya gede-gede kan, udah bergiga-giga, minimal 32 atau 64 GB.
Di HP jadul juga ternyata udah ada HP yg pake internal besar sampai puluhan giga. nih contohnya di HP Nokia N900 yg pake OS Maemo dan dirilis sekitar tahun 2009. Untuk memori internalnya ini berkapasitar 32 GB. Bahkan adiknya Nokia N9 itu ada loh yg varian 64GB.


8. Emulator Game

Fitur untuk memainkan game konsole pake emulator ternyata dari dulu juga udah ada loh. Ambil contoh aja langsung di HP gaming pada zamannya, yaitu Nokia N-Gage classic dan QD yg rilis 2003-2004. itu udah bisa mainin game konsole, tapi bukan macam PSP, Wii, PS2 atau Nintento switch, cuma sebatas yg ringan aja, macam NES atau Gameboy. itupun masih aga kewalahan ya, maklum aja speknya juga masih sangat terbatas, tapi ini udah keren & nikmat banget kalo pada zamannya!


Oke jadi itulah beberapa fitur canggih, keren atau ga biasa dari HP kekinian yg sebenernya udah ada di HP keluaran zaman dulu, atau HP jadul. Nah, selain yg udah disebutin tadi, kira-kira masih ada lagi ga ya? Coba kasih tau di komentar! 

Jika masih belum puas membaca artikel ini, silahkan nonton videonya dibawah ini.


 

logoblog

Terimakasih sudah membaca Fitur Keren dan Canggih di HP Baru, Ternyata Sudah Ada di HP Jadul!. Silahkan bagikan artikel ini melalui:

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

1 komentar: