ErDev Blog

Bereksperimen dengan Smartphone, Gadget, dan Teknologi.

Kamis, 30 Desember 2021

HP Jadul Nokia Yang Pake LINUX! - Nokia N900 OS Maemo 5

Oleh Aulia Intan pada Kamis, 30 Desember 2021



Yoo Haloo...

kali ini saya akan membahas HP Nokia N900, HP pertama didunia yang menggunakan OS Maemo 5. HP ini termasuk HP mahal pada zamannya, tapi menggunakan OS yang tidak sepopuler OS Symbian yang biasa digunakan di HP Nokia lainnya. HP ini dirilis sekitar tahun 2009 dengan harga yang mencapai sekitar 6 jutaan. Saya membeli produk ini di Shoping, dengan harga sekarang yaitu hanya 155 ribu dengan kondisi bekas, dan hanya mendapatkan baterai dan unitnya saja serta bonus minusan yang masih bisa dimaklumi lah.


Untuk memori internal totalnya ada 27.22GB atau dari speknya ini 32GB dan sudah terpakai untuk sistem sekitar 227MB dan user file 260MB, sisanya sekitar 26.75GB. Wah mantap sih... HP jadul tapi memorinya segede ini udah kayak di N97 saja. Kalau dizaman sekarang emang tidak terlalu besar, tapi bayangin ketika ditahun 2009 memori dengan kapasitas segitu udah termasuk lega banget. 


Untuk aplikasi bawaan standarlah ya ada web browser, media player, calendar, photos, contact, phone, dan sebagainya. Nah cuma yang jarang ditemukan di HP-HP jadul yaitu ada aplikasi bawaan terminal atau disini namanya X-terminal. User Linux pasti tidak asing sama mainan yang satu ini ya.


Untuk spesifikasi dari Nokia N900 ini menggunakan chipset TI OMAP 3430, 600 MHz Cortex-A8, dengan RAM 256MB dan memori internal 32GB. Layarnya TFT touchscreen masih resistive dengan ukuran 3,5inch 800x480 pixel dan GPUnya PowerVR SGX530, serta dilengkapi dengan kamera 5mp dan Vga. Jaringannya HSPA atau 3G, ada wifi, gps, bluetooth dan infrared, dengan kapasitas baterai 1320mah, dan menggunakan Maemo 5 untuk sistem operasinya. Untuk bahan body dari Nokia N900 yaitu plastik tapi menurut saya masih terasa mantap, solid, dan HP ini cukup berat dengan bobotnya sekitar 181gram.


Oh iya , untuk baterainya ini saya dapat yang merk Vizz bukan bawaan dari Nokia, tipenya BL-5J dengan kapasitas 2000mAh, lumayan besar ya. Setau saya untuk HP tipe ini kapasitas bawaannya 1320 mAh, ya semoga saja yang ini normal ya.


Nokia N900 ini menggunakan sistem operasi Maemo. Maemo merupakan sistem operasi internet tablet opensource dengan base Linux yang dikembangkan oleh Nokia. OS ini juga dijadikan Nokia untuk bersaing dengan Android dan iOs, namun gagal. Dan sekarang Nokia sudah tidak mengembangkannya lagi, tapi OS ini dikembangkan melalui komunitasnya yaitu maemo.org.


Untuk Tampilan UI nya menurut saya unik dan memang beda dari OS yang lain, cara mengoperasikan nya tidak mirip dengan OS Symbian, paling hanya icon aplikasinya saja yang mirip. Dihalaman utama ada icon untuk ke menu semua aplikasi, ada jam, info baterai, dan sinyal. Selain itu, jika ditekan muncul semacam action center, tapi cuma ada sedikit saja. Dan untuk desktopnya kita bisa tambahkan shortcut aplikasi, bookmark, widget, dan lain-lain.


Oh iya HP ini tidak ada tombol fisik untuk kembali, home, recent app atau menu, jadi dari layar saja. kalau ingin kembali kita tekan ditempat yang kosong atau ada icon kembali gitu dilayarnya. Kalau keluar dari aplikasi ada icon close atau x, kalau ingin minimize, recent app, atau ke tampilan desktop tekan icon yang kotak-kotak dipojok kiri atas.


HP ini memang didesain untuk landscape atau miring, apalagi kalau keyboardnya dibuka itu wajib miring. Menurut saya sedikit kurang enak sih sebenarnya, karena mau ga mau kita harus menggunakan 2 tangan untuk mengoperasikan HP ini. Sedikit info tambahan, menggunakan stylus di HP ini jadi lumayan membantu.


Untuk mendapatkan aplikasi di HP ini banyak pilihan, pertama bisa dari ovistore nokia, tapi sayangnya sekarang sudah ditutup, atau kita juga bisa mendapatkan nya lewat Application Manager. Nah disini kita bisa unistall aplikasi, download dan update aplikasi. Jelas kalau mau install ya lewat download. Tapi sebelum itu ada yang namanya catalog application, cara daftar nya dari sumber penyedia aplikasinya atau bisa juga disebut repository atau kalo di ios Cydia itu namanya source. Untuk sumbernya bisa ditambah, bawaannya ada 4.3 dari Nokianya yang sudah mati semua dan yang satu lagi dari maemo.org web resmi komunitas nya yang masih hidup sampai sekarang. Untuk aplikasinya lumayan banyak tapi jangan berharap untuk aplikasi kekinian, seperti tiktok, toko online, ojol, dan sebagainya. Bahkan yang sudah ada saja, itu sekarang tidak bisa digunakan, seperti facebook dan youtube.


Oh iya selain itu kita juga bisa install aplikasi Linux Debian, dengan format .deb. dan installnya menggunakan X-terminal. Memang sedikit ribet, apalagi yang tidak terbiasa menggunakan terminal. Untuk mendapatkan akses root di Maemo ini, kita install aplikasi yang namanya rootsh dan akses rootnya diterminal itu menggunakan perintah sudo gainroot, dan cara installnya menggunakan perintah dpkg -i namafilenya.


Nah kerennya lagi kita bisa jalanin OS lain di Nokia N900 ini, yang saya temukan itu ada OS Android atau NITDROID, Meego, Debian, ubuntu, sampai Windows 98. Tapi link untuk tutorial dan bahan rata-rata sudah pada mati, jadi ya tidak bisa dicoba. Tapi saya menemukan yang masih hidup buat cobain OS Ubuntu dan ternyata emang bisa dijalankan. Walaupun secara mount, tidak terlalu lancar juga mengingat speknya terbatas tapi tetap gokil sih menurut saya.

Sebenarnya masih banyak informasi, tips & trick, aplikasi–aplikasi keren dan lainnya untuk Hp ini. Tapi resiko HP yang terlalu jadul, linknya itu sudah pada musnah dan susah banget mendapatkan bahan-bahannya. Jadi buat kalian yang punya peninggalan bahan-bahan untuk si Nokia N900 ini boleh ya berbagi, biar nanti bisa lanjut nih bahas Nokia N900.


Hp ini kalau menurut saya lebih ke arah pocket PC atau kayak semacam tablet gitu pada zamannya, powerfull dan OS nya opensource serta komunitasnya juga ada dan oprekable. Coba saja ada perangkat yang speknya kekinian pake OS ini dan komunitas yang masih aktif, itu kayaknya bakal seru banget. Tapi kemungkinannya kecil, karena sudah digantikan dengan Android kan hehehe, tapi tetap saja ini jadi barang bersejarah dan menurut saya layak banget jadi sebuah koleksi.

Oke jadi itulah pembahasan untuk HP Nokia N900. Kalau ada pertanyaan atau info tambahan, silahkan komentar ya. Jika masih belum puas membaca artikel ini, silahkan nonton video unboxing dan reviewnya dibawah ini.


logoblog

Terimakasih sudah membaca HP Jadul Nokia Yang Pake LINUX! - Nokia N900 OS Maemo 5 . Silahkan bagikan artikel ini melalui:

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

1 komentar:

  1. Sumpah, saya suka bahasannya,
    Semua mendetail dengan bahasa yang renyah,

    Bravo 👍👍👍

    BalasHapus