ErDev Blog

Bereksperimen dengan Smartphone, Gadget, dan Teknologi.

Selasa, 28 Desember 2021

HP Langka Yang Bisa Pasang Banyak OS Sekaligus! - Nokia N9

Oleh Aulia Intan pada Selasa, 28 Desember 2021

Yoo Haloo…

Kali ini saya akan membahas HP Nokia N9, HP yang menurut saya spesial dan langka. Jadi Nokia N9 dengan codame Lannku, rilis ditahun 2011 dengan harga yang mencapai 5 sampai 6 jutaan. Saya membeli produk ini dari toko online Luar Negeri, yaitu Mang Ali dari China. Harganya ketika saya beli sedang ada diskon jadi kena 670 ribuan dengan pajak 120 ribuan, jadi totalnya sekitar 800 ribuan. Harga segitu menurut saya masih cukup murah untuk Nokia N9, soalnya disini udah susah untuk mendapatkannya, kalau pun ada itu harganya lebih mahal atau ada yang murah tapi cuma untuk bahan saja alias sudah tidak bisa digunakan.


Oh iya buat yang nanya kalau beli dari Luar Negeri apakah aman untuk sinyalnya? jadi kalau kita beli HP dari toko online Luar Negeri ketika masuk ke Indonesia akan diperiksa oleh bea cukai dan akan dikenakan pajak sesuai perhitungan dari harga barang tersebut. Nah untuk barang yang termasuk HP, tablet, dan sejenisnya itu imeinya akan langsung didaftarkan, karena sudah bayar pajak juga dan tentunya bisa menggunakan operator Indonesia. Dengan syarat HP yang dibeli dari Luar Negeri itu bukan dalam keadaan lock yang harus menggunakan operator tertentu dinegara asalnya, jadi harus dipastikan HP nya itu unlock atau bisa menggunakan kartu sim negara manapun.


Nokia N9 ini menggunakan chipset TI OMAP 3630, Cortex A8 1.0 GHz, GPUnya PowerVR SGX530, dengan RAM 1GB dan internal memorynya 16gb, ada juga yang 64gb. Layarnya 3,9inch amoled 480x854 dilindungi corning gorilla glass, jaringannya masih 3g, ada wifi, gps dan NFC, untuk baterainya 1450mAh sudah tanam dan menggunakan OS Meego, 1.2 Harmattan dengan versi PR1.3 dan kode firmwarenya 418 untuk region China. Tapi walaupun dari China ini original bukan yang cloningannya.


Saya rasa OS Meego, 1.2 Harmattan masih berjalan cukup lancar di HP ini. Selain itu, HP Nokia N9 ternyata tidak ada tombol menu atau navigasi, dia menggunakan sistem gesture. Untuk gesturenya sedikit berbeda dengan OS zaman sekarang. Jadi jika ingin minimize aplikasi, kita bisa swipe tepi layar dari bagian kiri, kanan atau bawah, sedangkan kalau dari bawah terus ditahan ditengah, bisa muncul shortcut kamera, telpon dan sebagainya. Kalau untuk menutup aplikasinya secara langsung itu swipe dari tepi atas ke bawah.


OS ini saya rasa tampilannya juga simple jadi tidak ada home screennya, langsung muncul semua menu aplikasinya. Terus untuk melihat notifikasi tinggal swipe ke samping, mirip-mirip seperti di Nokia Asha, dilihat dari icon aplikasinya juga mirip. Sedangkan untuk recent appnya tinggal swipe saja lagi ke samping, kalau yang ini seperti di BlackBerry 10 OS.


OS Meego ini memang jarang sekali ditemukan dan paling mencolok di HP Nokia N9 ini. MeeGo merupakan sistem operasi open source yang berbasis Linux dan ditargetkan untuk pasar mobile, walaupun penggunaannya bisa juga untuk alat elektronik lain seperti netbook, tablet, smartTV, dan lainnya. OS ini merupakan hasil proyek kerjasama antara Intel dan Nokia yang diperkenalkan pada Februari 2010 dengan menggabungkan sistem operasi dari Intel yaitu Moblin dan Maemo dari Nokia menjadi suatu sistem operasi baru yang lebih umum. Setahun setelahnya Nokia mengumumkan kerjasama dengan Microsoft, dan sejak saat itu pengembangan sistem operasi MeeGo mulai ditinggalkan karena Nokia memilih untuk lebih fokus terhadap sistem operasi besutan Microsoft, yaitu Windows Phone.


Nokia N9 ini punya kembaran yaitu si Nokia Lumia 800, karena mereka punya body yang mirip banget. Tapi ada perbedaan antara Nokia N9 dengan Nokia Lumia 800 yaitu Nokia Lumia 800 menggunakan OS Windows phone, jadi hanya mirip dibagian bodynya saja. Ngomongin soal body, saya suka sama designnya HP Nokia N9 ini dia lebih elegan, modern dan udah unibody. 


HP Nokia N9 ini layarnya sudah amoled, terus bagian sampingnya itu melengkung mengikuti lengkungan bodynya jadi kayak cembung gitu layarnya, dan cocok untuk HP ini yang menggunakan sistem gesture, jadi lebih nyaman ketika swipenya. Untuk tekstur bodynya ini dof halus gitu, tapi tidak begitu licin. Selain itu, untuk bagian sisi kanan dan kirinya melengkung, tapi kalau yang sisi atas dan bawahnya flat, dan ketika digenggam masih terasa enak dan pastinya compact. Dari build quality sebenarnya saya belum merasakan yang aslinya, soalnya ini kemungkinan barang refurbish. Tapi unit saya ini terasa masih solid dan masih terasa nyaman saja dipegangnya, ya paling ada sedikit perbedaan warna dan kode misalnya dibagian slot simnya. 


Tapi yang bikin kurang enak itu firmware di HP ini yang dari China. Nah Karena itu akhirnya saya nekat buat oprek-oprek HP ini. saya coba cari-cari info untuk flash HP ini, dan itu susah karena ini barang lama seperti biasa link sudah pada mati, tapi akhirnya saya mendapatkan juga bahan-bahan yang cocok diunit saya. Jadi flashnya itu menggunakan nokia flasher, dan saya menggunakan laptop dengan OS Linux Ubuntu, soalnya ketika mencoba menggunakan Windows, drivernya kayak bermasalah gitu HP nya jadi tidak kedetek. Nah saya coba flash ke firmware eropa code 001 ternyata tidak bisa, keterangannya sistem ngeblok downgrade. Ternyata harus pake firmware yang versinya lebih tinggi atau setidaknya sama dengan firmware yang terpasang, akhirnya saya ngubek-ngubek lagi tapi dapetnya firmware kode 480 yaitu dari negara swiss, dan ternyata berhasil.

Setelah diflash ada lagi masalahnya yaitu jaringan seluler dan wifi tidak bisa, akhirnya nyari lagi info ternyata harus diflash CMT dari firmware bawaannya yaitu 418 dari China, ternyata itu susah banget carinya, akhirnya setelah ubek-ubek google dapat juga. Dan saya coba flash CMT nya dan hasilnya jadi normal lagi, lega akhirnya bisa lepas dari firmware China. 


Setelah diflash ada beberapa aplikasi bawaan yang tidak ada sebelumnya yaitu facebook, youtube, twitter dan skype. Saya coba buka facebook hasilnya keluar pesan kalau akun yang saya masukin salah padahal itu sudah benar dan untuk twitter juga tidak bisa, muter-muter terus, sedangkan youtube malah membuka browser dan hasilnya tidak bisa, dan skype juga sama muter-muter terus dan akhirnya tidak bisa.


Jangankan aplikasi pihak ketiga, toko aplikasinya pun sudah tidak bisa diakses lagi, jadi ya sudah benar-benar tidak disupport.


OS Meego ini simple saking simplenya tidak ada aplikasi file manager, dan sebenarnya ada aplikasi terminal untuk OS ini, tapi tidak preinstall dan harus aktifin developer mode terlebih dahulu. Untuk aktifin developer mode itu perlu koneksi ke server, sedangkan servernya sudah ditutup, ada saja masalahnya. Beda banget sama Memo OS yang sudah lebih terbuka dan sudah disediakan. 


Tapi sudah terlanjur ubek-ubek hp ini, jadi lanjut berkelana digoogle, hasilnya saya dapat banyak info dari forum maemo.org yang ada juga pembahasan tentang meego. Jadi ada yang buat mirror repository untuk Nokia N9 ini, wah gokil juga nih… jadi kita harus install dulu dengan cara download atau transfer file installernya, untuk file installernya berformat deb. Setelah itu saya coba lagi aktifin developer mode dan ternyata bisa. Muncul juga nih si terminal kalo gini kan bisa lebih leluasa dan bisa lanjut oprek-opreknya. 


Setelah itu langsung saja saya install hack aegis buat bypass certificat, filebox buat file manager dan n9quicktweak buat aktifin beberapa tweak di HP ini, khususnya untuk akses root di aplikasi filebox. Setelah itu pasang OS lain dan ubiboot untuk boot managernya, hasilnya bisa tripple boot alias pasang 3 OS sekaligus dalam 1 HP.


Jadi saya sudah install OS Android di HP ini, yaitu Nitdroid Alpha 5. Ini portingan untuk HP ini, Androidnya versi 4.1.1 atau jellybean, tapi percuma install OS Android soalnya versi jadul aplikasi kekinian juga udah banyak yang tidak support dan sedikit. Selain itu juga kurang lancar dan banyak bugnya, salah satunya yaitu kamera yang tidak bisa digunakan.


Terus saya juga install Sailfish OS, wah ini saya baru pertama kali merasakan Sailfish OS. Ternyata tampilannya segar, dan banyak efek transparan, untuk versinya 1.0.2.5 dan sama seperti Android. 


Kalau menurut saya lebih enak di OS bawaannya ini karena lebih stabil dan minim bug, terus bisa dioprek-oprek juga. Selain itu, bisa install aplikasi ini itu dan banyak game yang bisa dimainkan di HP ini. 


Menurut saya HP ini kalau layanannya masih hidup dan masih disupport pastinya terasa lebih enak.  Tapi untuk saat ini, mau ga mau dioprek buat lebih maksimalin HP nya, ya walaupun harus berjuang banget cari bahannya. Tapi proses opreknya itu yang bikin HP ini masih terasa seru, jadi lebih unik dan worth it juga buat dikoleksi.

Oke jadi itulah pembahasan untuk HP Nokia N9. Kalau ada pertanyaan atau info tambahan, silahkan komentar ya. Jika masih belum puas membaca artikel ini, silahkan nonton video unboxing dan reviewnya dibawah ini.


logoblog

Terimakasih sudah membaca HP Langka Yang Bisa Pasang Banyak OS Sekaligus! - Nokia N9. Silahkan bagikan artikel ini melalui:

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar