ErDev Blog

Bereksperimen dengan Smartphone, Gadget, dan Teknologi.

Kamis, 23 Desember 2021

HP Android Gaming Pada Zamannya – Sony Xperia Play

Oleh Aulia Intan pada Kamis, 23 Desember 2021

 

Yoo Haloo...

Kali ini saya akan membahas Sony Xperia Play, salah satu HP Android Gaming pada zamannya. HP ini dirilis tahun 2011 dengan harga sekitar 3 jutaan dan saya membeli produk ini dari LapakBuka dengan harga sekitar 400 ribuan dalam kondisi bekas batangan dan normal. Untuk kondisi fisik unit memang tidak begitu bagus, karena ada beberapa yang lecet dan mengelupas, bahkan ada yang patah dan ditambal. HP ini sudah dioprek, menggunakan custom rom gin2kitkat 3.3.0 dengan versi android 2.3.7 gingerbread dan menggunakan custom kernel LUPUS. Untuk spesifikasinya Sony Xperia Play ini menggunakan chipset Snapdragon S2 1GHz dengan GPU Adreno 205, RAMnya 512MB dan Internalnya 400MB/1GB. Layarnya 4 inch 480x854 dengan kapasitas baterai 1500 mAh dan menggunakan OS Android 2.3.4 gingerbread.



Untuk designnya ini tidak begitu besar dan tebal, masih enak untuk dibawa-bawa. Untuk sekarang ini memang susah mendapatkan unit yang kondisinya masih mulus dan normal. Kalau pun ada, harganya lumayan mahal. Tidak heran jika kondisinya kebanyakan yang minus, karena ini HP gaming dan menurut saya kalau HP gaming itu rata-rata pemakaiannya barbar, jadi ada saja minusnya. Selain body yang sudah kemakan usia, ada beberapa yang rusak yaitu pada bagian touchscreen, tombol, serta bagian slide. Pada slide ini sebenarnya ada kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya HP ini jadi tidak begitu besar, dan bisa digunakan dengan satu tangan dengan cara ditutup slidenya sehingga HP tidak terlihat aneh untuk telfonan, jadi seperti HP pada umumnya. Tombol-tombolnya juga sangat membantu untuk bermain game dan layarnya juga semakin terlihat luas. Tapi system slide seperti ini rawan rusak flesibelnya, dan itu jadi penyakit juga di Sony Xperia Play ini.



Untuk spek HP ini kalau untuk zaman sekarang memang sudah ketinggalan sekali, tapi dalam performa untuk memainkan beberapa game pada zamannya, menurut saya ini sudah mantap. untuk game Android yang kompatible dengan HP ini seperti the amazing spiderman, game ini masih berjalan lancar. Begitupun ketika saya mencoba untuk bermain beberapa game PS1 menggunakan emulator EPSXE, itupun masih nyaman-nyaman saja. Apalagi untuk game-game retro seperti gameboy advance, sega, NES dan lainnya, masih terasa lancar sekali, tapi kalau untuk menjalankan game PSP menggunakan emulator PPSSPP ini sudah kewalahan.


Jadi Sebenarnya HP ini sudah dioprek sama penjualnya, sudah unlock bootloader, pasang custom recovery, custom rom, custom kernel, root, dan sebagainya. Tapi itu semua bukan atas permintaan saya, karena sudah dioprek jadi saya bisa ngedongkrak performa dari HP ini. ROM Gin2Kitkat ini memang cukup smooth dan tampilannya juga tidak begitu jadul banget, ada rasa-rasa Android kitkatnya tapi tetap saja dia basenya Android gingerbread.

HP ini banyak custom romnya, ada di forum xda. Tapi sedikit ribet kalau ingin memilih dan memasang custom rom, soalnya HP ini banyak versi firmwarenya. Jadi setiap custom rom biasanya butuh versi firmware khusus buat rom tersebut, kalau beda bisa gagal. Contohnya seperti punya saya, Hp nya langsung bootloop, cwm ilang, dan parahnya akses adb juga tidak bisa. Ujung-ujungnya di flash ke stok rom.

Untuk aplikasi pastinya sudah banyak yang tidak support di versi Android ini, misalnya aplikasi yang sering dipake sekarang yaitu whatsapp, instagram, telegram, tiktok, dan lainnya. Karena officialnya sudah tidak support jadi aplikasi tersebut tidak bisa dijalankan di HP ini, begitupun untuk game-game kekinian. Oh iya bawaannya dari HP ini sebenarnya sudah terinstall beberapa game, tapi belum ada datanya dan ketika ingin mendownload datanya sudah tidak bisa, jadi kita harus mencari sendiri data-datanya. Terus si kecil tapi bermanfaat yaitu file manager tidak ada dari bawaan HP ini, jadi harus download dan install file manager terlebih dahulu supaya enak kalau mau install aplikasi lain.



Kalau menurut saya dari pada memaksa untuk install aplikasi atau game kekinian yang kalau pun bisa nanti bakalan tidak stabil dan tidak nyaman, mending gunakan saja aplikasi atau memainkan game-game zaman dulu yang support di HP ini, walaupun zaman dulu tetap masih asik kok. Tombol-tombolnya juga mendukung jadi tambah seru bermain game di HP ini, mirip seperti bermain game di PS. Jadi tidak perlu beli dan hubungin gamepad atau controller lagi.

Sony Xperia Play ini penggabungan antara Handphone dan PSP, bisa dilihat untuk designnya ini hampir mirip dengan PSP Go. Tapi untuk kelebihannya Sony Xperia Play ini yaitu lebih banyak game yang bisa dimainkan dari berbagai platform, tentunya dengan bantuan aplikasi emulator yang bisa diinstall di Android. Namun karena itu juga tidak semua game konsol bisa stabil dijalankan di HP ini.

Cuma yang paling saya keluhkan untuk saat ini yaitu kondisi fisik dari HP nya, karna sudah berumur jadi sudah penyakitan. kalau untuk pengalaman bermain game-game jadul atau konsol retro, saya merasa nyaman main game di HP ini.

Oke jadi itulah pembahasan untuk HP Android Gaming Pada Zamannya – Sony Xperia Play di Tahun 2021. Kalau ada pertanyaan atau info tambahan, silahkan komentar ya. Jika masih belum puas membaca artikel ini, silahkan nonton video unboxing dan reviewnya dibawah ini.


logoblog

Terimakasih sudah membaca HP Android Gaming Pada Zamannya – Sony Xperia Play. Silahkan bagikan artikel ini melalui:

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar