ErDev Blog

Bereksperimen dengan Smartphone, Gadget, dan Teknologi.

Jumat, 24 Desember 2021

Nasib OS Blackberry Yang Akan Dihentikan - Blackberry Curve 9220 Davis

Oleh Aulia Intan pada Jumat, 24 Desember 2021


Yoo Haloo...

Kali ini saya akan membahas Blackberry Curve 9220 atau Blackberry Davis. HP ini dirilis tahun 2012 dengan harga sekitar 2 jutaan. Harga segitu sebenarnya tidak mahal untuk sekelas Blackberry pada zamannya. Saya membeli produk ini dari Shopink dengan harga 199 ribu dalam kondisi yang katanya baru tapi stok lama. Unitnya garansi resmi untuk regional Indonesia, warnanya piano black dan made in Romania.


Untuk spesifikasinya Blackberry Davis ini menggunakan sistem operasi Blackberry 7.1 Bundle 1137 dengan versi v7.1.0.337 dan didukung java dan nuancepunya, RAMnya 512MB dan Internalnya 512MB. Dilengkapi dengan kamera 2mp dan jaringan yang masih 2G, serta layarnya 2,4 inch 320x240pixel dengan kapasitas baterai 1450mah. Untuk tampilannya ini menurut saya cukup menarik, nyaman untuk navigasinya dan cukup terasa ringan. Dulu saya pernah menggunakan yang sistem operasi Blackberry 5.0 tidak semenarik ini.


Blackberry Curve 9220 atau Blackberry Davis ini rasanya masih Blackberry banget, tidak bisa menjalankan aplikasi Android. Jadi untuk aplikasinya masih berupa java, dan biasanya download aplikasinya lewat app world. Cuma sayangnya ketika saya buka malah minta upgrade, saya coba colokin ke laptop dan buka Blackberry desktop, ternyata ada update ke bundle 2102. Langsung saja saya update dan berhasil tapi ketika saya buka app world ternyata tidak bisa.


Cari-cari  info katanya kita harus update manual aplikasi app worldnya, ketika  saya coba tetap gagal juga. Oh iya, kalau saya cek di forumnya banyak peninggalan kaya tips & trick, kumpulan versi OSnya dan ada OS Hybrid. kayak semacam custom gitu ya,  tapi linknya rata-rata sudah pada mati, resiko HP jadul.


Beberapa aplikasi seperti facebook, twitter, whatsapp, dan youtube sudah tidak bisa dijalankan di HP ini, tapi ada beberapa aplikasi yang bisa dijalankan tapi harus lewat browse. Karena memang sudah tidak support lagi, jadi lebih banyak aplikasi yang tidak bisa dijalankan di HP ini. Mengingat sistem operasi Blackberry pada awal tahun 2022 akan dihentikan.


Untuk Blackberry Messenger atau biasa disebut BBM, sudah saya coba dan ternyata masih bisa dibuka tapi tidak bisa tersambung ke server. Karena ada problem di sistem operasi Blackberry 7.1, jadi kita perlu paket internet khusus untuk Blackberry atau disebut BIS, Blackberry Internet Service. Awalnya saya ingin coba mencari operator yang masih menyediakan paket ini, tapi ketika saya coba memasukkan kartu sim 3, xl, telkomsel byu, ternyata tidak keluar sinyalnya. Lalu saya cek imeinya ternyata memang tidak terdaftar di Kemenperin. Sudah biasa untuk HP jadul yang kondisinya baru atau jarang digunakan, walaupun garansi resmi Indonesia tapi tetap saja imeinya tidak terdaftar atau keblokir. Jadi saya cuma bisa ngandelin koneksi wifi saja, tapi tetap saja tidak bisa akses beberapa web atau aplikasi termasuk BBM, bahkan login Blackberry id saja tidak bisa. Nah ini yang menjadi pembeda dengan Blackberry 10 OS, yang bisa pake wifi buat akses semua aplikasi atau web, dan paketnya pun pake kuota data biasa seperti HP lainnya.

Saya pernah menggunakan Blackberry Curve 8520 atau biasa disebut Blackberry Gemini. Itupun bekas pemakaian orang tua saya, terus turun ke adik dan akhirnya ketika Android sudah mulai-mulai booming, baru saya yang menggunakan Blackberry nya. Rasanya senang sekali menggunakan Blackberry walaupun yang murah dan hasil turun temurun. BBM menjadi salah satu alasan saya ingin sekali menggunakan HP Blackberry. Karena zaman dulu terlihat keren kalau sudah punya PIN BBM, update status, DP, sedang mendengarkan dan post sosial medianya melalui Blackberry. Sedikit informasi tambahan, BBM di Blackberry Q5 10 OS ternyata di tahun ini masih bisa digunakan.


Kalau untuk sekarang ini kita membeli HP Blackberry tipe-tipe lama pasti akan kena blok imei, apalagi bukan menggunakan Blackberry 10 OS seperti Blackberry Davis ini. Pasti hasilnya seperti yang sudah saya jelaskan diatas, HP nya hampir tidak bisa digunakan. Paling hanya bisa digunakan untuk koleksi atau mendengarkan musik saja.

Oke jadi itulah pembahasan untuk HP Blackberry Curve 9220 atau Blackberry Davis. Kalau ada pertanyaan atau info tambahan, silahkan komentar ya. Jika masih belum puas membaca artikel ini, silahkan nonton video unboxing dan reviewnya dibawah ini.

logoblog

Terimakasih sudah membaca Nasib OS Blackberry Yang Akan Dihentikan - Blackberry Curve 9220 Davis. Silahkan bagikan artikel ini melalui:

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar