ErDev Blog

Bereksperimen dengan Smartphone, Gadget, dan Teknologi.

Minggu, 07 November 2021

Blackberry 10, Sistem Operasi yang Akan Menjadi Kenangan

Oleh ErDev pada Minggu, 07 November 2021

Yoo Halooo...
Kali ini kita akan bahas tentang Sistem operasi atau OS Blackberry 10, yaitu OS yg dipakai di smartphone blackberry sebelum pakai OS Android, seperti blackberry Z10, Z3, Q10, Q5, Pasport, leap dsb.
OS ini awalnya bernama BBX, tapi karna udah ada yg pake nama itu, jadi diubah menjadi Blackberry 10. BlackBerry 10 berbasis pada QNX , sistem operasi Unix-Like yang pada awalnya dikembangkan oleh QNX Software Systems, lalu diakuisii oleh blackberry pada bulan april 2010. Lalu Blackberry 10 ini diumumkan ke publik tanggal 30 januari 2013 sambil memperkenalkan perangkat yg memakai OS tersebut yaitu Blackberry z10 yang sudah full touchscreen dan Q10 yang layarnya touchscreen tapi masih punya keypad fisik.
Dari pertama peluncurannya dan sampai saat ini, menurut saya ada beberapa fitur keren yang ada di OS Blackberry 10 ini.


yang pertama Fitur Blackberry Hub. Blackberry Hub ini berfungsi layaknya sebagai kotak masuk dari sms, email, BBM atau aplikasi pesan lainnya, dan juga notifikasi dari berbagai aplikasi. semuanya itu ada di blackberry hub ini, ya mirip2 notification center gitu, bedanya di blackberry hub ini punya tempat khusus dan  kita bisa melihat semua notifikasi dengan memfilter atau kategori berdasarkan aplikasi, dll. jadi bisa lebih teratur. kita juga bisa langsung melakukan aksi misalnya membalas E-mail atau BBM. btw blackberry hub ini juga bisa diinstall di Android loh.


terus ada Gesture Navigation, misalnya swipe dari bawah keatas untuk minimize aplikasi. sebenrnya yg kaya gitu sekarang udah ga asing ya, karna hampir semua HP touchscreen dengan versi OS terbaru udah ada fitur ini, tapi blackberry 10 yang dirilis tahun 2013 udah ngadopsi fitur ini. saya dulu inget banget pas pake blackbery z3, aga ribet pake gesture kaya gitu, soalnya waktu itu masih kebiasaan pake tombol, eh di hp yg sekarang saya malah enak pake gesture, hehehe.


lalu blackberry 10 bisa menjalankan aplikasi dari OS lain. Blackberry 10 ini OS smartphone yang mendukung  untuk menjalankan aplikasi dari OS Android secara bawaan atau fitur resminya. memang ada os lain yg bisa juga, seperti TizenOS dan windowsphone yg bisa jalananin aplikasi android, namun keduanya itu belum secaara bawaan, untuk Tizen OS itu ga resmi jadi harus dioprek sama usernya dan untuk windowsphone sempet ada yg namanya project astoria namun itupun belum resmi dirilis, osnya keburu tamat hehe. Blackberry 10 dilengkapi dengan runtime Android untuk menjalankan aplikasi Android. jadi selain bisa memasang & menjalankan aplikasi blackberry 10 atau nativenya dengan format BAR, kita juga bisa memasang dan menjalankan aplikasi Android dengan fotmat APK


lalu karna bisa menjalankan aplikasi dari os yg berbeda, Blackberry 10 ini punya 2 toko aplikasi, pertama untuk aplikasi blackberry 10nya atau native yaitu di blackberry world, dan untuk aplikasi androidnya, ada amazone store bahkan kita juga bisa install playstore, atau toko pihak ketiga lainnya. wah jadi bisa banyak aplikasinya dong, eits, tunggu dulu walaupun punya kemampuan seperti itu, android runtime yg ada di Blackberry 10 yg versi terbaru sekalipun, SDK atau APInya mentok di 18 yg artinya kita cuma bisa install aplikasi android untuk android versi 4.3  atau jellybean kebawah. belum lagi ada beberapa aplikasi yg ga support entah itu force close, ngehang, dsb. kalo yg masih berjalan lancar yg pernah saya coba, yaitu whatsapp, telegram, dan spotify. terus untuk aplikasi khusus blackberry 10 atau nativenya di blackberry world juga udah ga begitu banyak. 


karna seperti yg udah diumumkan pada 15 desember 2017, bahwa OS blackberry 10 ini akan dihentikkan pada awal tahun 2022. smartphone terbaru blackberry juga sudah move on ke os full android. BlackBerry Limited juga udah berhenti membuat smartphone dan melisensikannya ke TCL Communication untuk memproduksinya dengan nama BlackBerry Mobile
jadi ya sayang banget ya os blackberry 10 ini harus dihentikan dan ditinggalkan pengembangannya, ya seperti yg kita tau, kalo ios dan android itu sangat populer dan banyak digunakan saat ini terus device terbaru blackberry juga sudah menggunakan os android, jadi mungkin karna itu os blackberry 10 susah untuk bersaing, dan dimatikan.

Oke jadi itulah pembahasan untuk Sistem Operasi Blackberry 10. Kalo ada pertanyaan atau info tambahan, silahkan komentar ya. Jika masih belum puas membaca artikel ini, silahkan nonton video unboxing dan reviewnya di bawah ini.


logoblog

Terimakasih sudah membaca Blackberry 10, Sistem Operasi yang Akan Menjadi Kenangan. Silahkan bagikan artikel ini melalui:

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar