ErDev Blog

Bereksperimen dengan Smartphone, Gadget, dan Teknologi.

Rabu, 28 Juli 2021

Review dan Tes Gaming Advan GX - HP Lokal dengan Performa yang Mantap!

Oleh ErDev pada Rabu, 28 Juli 2021


Yoo Haloo...
Kali ini saya akan membahas HP lokal yg lagi populer saat ini, yaitu Advan GX. HP ini heboh banget karna speknya, khususnya di chipset yg dipakai yaitu Unisoc Tiger T618 yang kabarnya memiliki performa yang bisa bersaing dikelasnya. Advan GX ini punya spek RAM 6GB. Memori internal 64GB, chipsetnya pake Unisoc Tiger T618 Octacore 2.0Ghz 12nm, layarnya 6,82" IPS masih HD+, GPUnya MALI-G52, baterainya 5200 mAh dan memakai Android 11. Untuk harganya HP ini dibandrol Rp1.999.000 di toko official Advan. Tapi kalo pas preorder itu cuma Rp1.799.000 aja.
Di dalam paket penjualannya kita mendapat kartu garansi, kartu dari Telkomsel dengan paket bundling 10GB 50rb. Lanjut ada SIM Ejektor, Hardcase, Kabel data Type-C, Panduan pengguna dan charger atau adaptor dengan ouput 5V 2A.


Untuk warnanya ini Dream White, putih tapi aga kebiru-biruan gitu dan kalo kena cahaya pantulannya itu cakep ada gradasi-gradasi gitulah. Untuk bahannya plastik, build qualitynya ini bagus dan udah cukup solid. Bagian sampingnya chrome. Kalo dilihat lumayan tebel nih HPnya, ukuran HP ini menurut saya lumayan gede, karna memang dari ukuran layarnya yg 6,82" ditambah lagi dagu HP ini lumayan tebel. Dengan layar segede itu, resolusi layarnya ini masih HD+, ya untuk tampilannya udah cukup baik dengan panel IPSnya, kalo sebelumnya ga pake HP dengan kualitas layar tinggi, ini ga terlalu jadi masalah.


Bobot HP ini juga berat, soalnya selain layar yg besar, baterai di HP ini juga udah cukup besar, yaitu 5200mah. Pemakaian saya untuk baterainya ini termasuk awet, bisa dapet SOT sekitar 8 jam dan untuk ngechargenya dari 20% sampe full itu sekitar 3,5 jam pake charger bawaaannya.
Berikut ini hasil kamera dari Advan GX.




Saya cek pake aplikasi Antutu Benchmark, Advan GX ini dapet score sekitar 234 ribuan, wih mantap juga nih! Untuk multitouchnya bisa sampe 10 jari dan untuk sensor di HP ini ternyata udah cukup baik, Giroskop ada dan ini bukan software ya.


Untuk performa saya rasa masih lancar-lancar aja, buka tutup aplikasi cukup gesit, scrolling di sosmed lancar, multitaskingnya masih kerasa nyama aja. Chipset ini emang kerasa sih tenaganya. Buat main game performanya saya rasa juga masih cukup stabil kalo pake settingan menengah. Diharga 2jt kurang, bisa dapet performa gaming seperti itu, ini udah keren. Walaupun bodynya ini kerasa cukup panas kalo ngegame pake setingan yg  tinggi, saya rasa untuk beberapa gamenya masih cukup stabil. Memang kalo gamenya udah kelas berat atau emulator dengan game yg berat, HP ini kewalahan. Tapi kalo inget lagi kelas harganya, ya masih bisa dimaklumi banget, beberapa  game mainstream seperti PUBGM, Free Firee, Mobile Legend, dll masih bisa kok dimainin dengan nyaman. Untuk lebih lengkapnya tentang performa gaming di Advan GX ini, bisa cek videonya dibawah artikel ini.


Menurut saya Advan GX ini udah mantap dan udah cukup sebanding dengan harganya. Kalo dibilang wah banget sih engga, ada beberapa kekurangan kalo dibanding HP lain dengan harga yg mirip-mirip. Untuk kamera yg menurut saya aga kurang detail apalagi di kondisi cahaya yg kurang, spiker juga ga begitu baik keluaran suaranya, nge-chargenya cukup lama dan layar yg kurang tajam. Jadi ya jangan berlebihan juga lah. Walaupun begitu HP ini patut diapresiasi, karena saya rasa ini  HP lokal yang mulai ke jalan yg benar untuk persaingan HP saat ini. Harga memang belum murah-murah banget, tapi speknya ini udah cukup mantap. Jadi bukan yg murah banget dengan spek juga dibawah banget. Saya berharap kedepannya terus ada peningkatan dan merek lokal lain juga mengikuti jejaknya Advan GX ini, jadi merek lokal itu bisa jaya lagi kaya dulu.
Oke jadi itulah pembahasan untuk Advan GX. Kalo ada pertanyaan atau info tambahan, silahkan komentar ya. Jika masih belum puas membaca artikel ini, silahkan nonton video review dan tes gaming di bawah ini.

VIDEO REVIEW


VIDEO TES GAMING


logoblog

Terimakasih sudah membaca Review dan Tes Gaming Advan GX - HP Lokal dengan Performa yang Mantap!. Silahkan bagikan artikel ini melalui:

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar