ErDev Blog

Bereksperimen dengan Smartphone, Gadget, dan Teknologi.

Kamis, 06 Mei 2021

Review POCO X3 Pro - HP dengan Performa Buas, Main Jadi Makin Puas!

Oleh ErDev pada Kamis, 06 Mei 2021


Yoo Haloo...
Kali ini saya akan membahas POCO X3 Pro dengan varian RAM 6 GB dan Memori Internal 128 GB berwarna Metal Bronze. Handphone ini saya beli dengan harga Rp.3.499.000. Di dalam paket penjualannya kita mendapat kartu ucapan dari bang Alvin Tse. Ada kotak kuning bertuliskan POCO yang isinya ada SIM Ejector, panduan pengguna, kebijakan garansi dan softcase transparant. Lalu ada unitnya POCO X3 Pro, ada kabel data USB Type-C dan adaptor dengan outpux maximal 33W.


Untuk design body Poco X3 Pro ini, saya rasa ga begitu jauh sama kakaknya, yaitu POCO X3 NFC, dari ukuran dan beratnya, model backcovernya  serta letak dan bentuk kameranya itu hampir sama. Yang jadi pembeda itu di warnanya, kalo POCO X3 NFC ga ada warna Metal Bronze, dan menurut saya warna Metal Bronze ini cakep ya, warnanya itu kadang keliatan silver kadang keliat aga coklat gitu, unik. Tapi masih terlihat ganteng kok.


Walaupun ga pake embel-embel NFC, POCO X3 Pro ini tetap ada fitur NFC. Masih sama kaya kakaknya, Handphone ini juga punya dua speaker, yang kualitas suaranya menurut saya aga sedikit lebih baik.
Oke lanjut saya coba cek pake aplikasi AIDA64, Handphone ini kedeteksi pake chipset snapdragon 855, padahal kan pake yang 860 ya. Mungkin karna aplikasi AIDA64 belum ada update. Tapi memang dari infonya 860 itu merupakan 855 yang ditingkatkan khususnya di clock speednya.  Untuk layarnya beresolusi 1080x2400, 6,66inch dengan kerapatan 395dpi. GPUnya pake Adreno 640 dengan refresh rate 120hz dan touch sampling 240hz, ini saya rasa udah mantep layarnya, kita juga bisa atur mau jalan di 60hz biar lebih hemat daya atau 120hz biar makin mulus pergerakan tampilan layarnya. Untuk sensornya udah lumayan, giroskop ada dan hardware. Multi touchnya juga bisa sampe 10 jari. Untuk skor antutu dapet sekitar 486 ribu, wah joss ya. Ini kalo dibanding POCO X3 NFC yang pake Snapdaragon 720G bedanya sekitar 200 ribuan. POCO X3 Pro ini pake Android 11 dengan patch keamanan 1 maret 2021 dan MIUInya pake MIUI Global Stabil 12.0.1.0. Penyimpanan internalnya dari 128GB yang tersedia sekitar 109GB. Sedangkan untuk RAMnya tersedia sekitar 3,6GB dari 6GB. Untuk aplikasi bawaan atau bloatware lumayan banyak dan untungnya beberapa masih bisa diuninstall. Inilah hasil kamera dari Poco X3 Pro.


Untuk performanya saya rasa juga meningkat, saya coba main game Mobile Legend bisa dapet setingan Ultra, dan cukup lancar dimainkan di setingan tersebut. Terus saya coba buat main PUBGM, bisa dapet setingan hampir serba Extreme, yaitu Smooth-Extreme, Balanced-Extreme, HD-Extreme, HDR-Extreme, dan UltraHD-Ultra. joss ya. Saya coba main pake Smoth-Extreme, itu masih lancar, namun ketika pake UltraHD-Ultra aga sedikit berat dan Handphone jadinya cepet panas. Untuk game Genshin Impact dapet setingan bawaan Menengah. Saya coba masih aga sedikit frame drop, apalagi pas body Handphone udah anget banget. Ya Handphone ini kalo lagi digeber, bodynya itu kerasa lumayan anget.
Untuk baterainya yang 5160mAh, pemakaian saya pake setingan layar full di 120hz, dapet SOT sekitar 4 sampai 5 jam. Saya rasa termasuk cukup awet. Ngechargenya juga ngebut, dari 25% sampe full itu sekitar satu jam 10 menit pake charger bawaannya.


Menurut saya Handphone ini menggokil, di harga 3,5 juta bisa dapet chipset Snapdragon premium seri 800, tapi bukan yang jadul dan performanya juga mantul. Walau memang dari baterai ga terlalu besar, cuma saya rasa udah cukup. Terus kamera yang aga diturunkan dari kakaknya dan design yang hampir sama juga. Ya nambah sekitar 300 sampai 500 ribu dari POCO X3 NFC, saya rasa sebanding.
Berikut ini hasil kamera dai POCO X3 Pro.


Oke jadi itulah pembahasan untuk POCO X3 Pro. Kalo ada pertanyaan atau info tambahan, silahkan komentar ya. Jika masih belum puas membaca artikel ini, silahkan nonton video unboxing dan reviewnya di bawah ini.


logoblog

Terimakasih sudah membaca Review POCO X3 Pro - HP dengan Performa Buas, Main Jadi Makin Puas!. Silahkan bagikan artikel ini melalui:

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar