ErDev Blog

Bereksperimen dengan Smartphone, Gadget, dan Teknologi.

Minggu, 07 November 2021

Evercoss i2, HP Unik Model Jadul Bisa Jalanin Aplikasi dan Game Android

Oleh ErDev pada Minggu, 07 November 2021

 


Yoo Halo
Kali ini kita membahas HP Android murah dan resmi yang banyak dicari dan diminati, yaitu Evercoss i2. HP ini sebenarnya murah, namun karna banyak peminatnya, harga HP ini jadi melambung. Evercoss i2 merupakan Smart Feature Phone, jadi dia ini punya fitur layaknya Smartphone tapi modelnya feature phone atau kaya handphone jadul gitu. Untuk harga normalnya sekitar 200-400 ribuan. cuma sekarang udah susah dapetin HP ini, kalopun ada biasanya harganya itu lebih mahal, bisa sejutaan loh.
HP ini pake OS yg bernama Mocordroid yaitu sebuah kostumisasi OS yg dikembangkan dari Android, tepatnya disederhanakan supaya bisa berjalan di Handphone model feature phone, dengan spek yg rendah juga dan untuk Basisnya yaitu Android Kitkat 4.4.4.
Speknya sendiri pake chipset Spreadtrum SC9820E Dual core 1,3GHz, 28nm dan jalan di 32-Bit. untuk RAM 512 MB, ROM 4 GB, layar 2,4inch 240x320 bukan touchscreen ya, GPUnya MALI-T820 dan baterai 1500 mAh,


Handphone ini secara bawaannya ga bisa install aplikasi melalui playsore karna ga ada , atau langsung install file APKnya juga ga bisa, selain update aplikasi yg udah ada, seperti whatsapp dan lite, itu bisa pake file apk. tapi kalo udah dioprek pasang custom recovery install script anu, atau pake custom rom, dll. Jadi bisa install aplikasi. untuk navigasinya di handphone ini selain biasa pake tombol di keypad, kita bisa juga pake mouse control semacam memunculkan cursor tapi digerakan melalui keypad juga, biar lebih enak kalo milih2 bagian yg kecil atau aplikasi tersebut memang ga support pake keypad, seperti contohnya aplikasi browser.
untuk design evercoss i2 ini saya cukup suka, warna hitam ada list biru muda, jadinya ga begitu polos. kalo build qualitynya ya begitulah, plastik biasa teruskeypadnya aga keras dan berisik. kalo dibandingin bodynya sama advan Hape online, evercoss i2 ini lebih pendek tapi lebih tebal.


Lanjut coba pakein kartu sim, saya pake smartfren di sim 1 dan telkomsel byu di sim 2 nya. hasilnya keduanya terbaca/ untuk smartfren juga jaringan 4Gnya muncul bahkan bisa pake VoLTE, mantap ya. Untuk jaringan 4G ini cuma bisa disalahsatu slot sim ya, dan kita bisa pilih mau sim 1 atau sim 2 yang dijadikan sim utama. kalo misalnya yg dijadikan sim utama itu sim 1, maka sim 2 harnya mendapat jaringan 2g, dan sebaliknya. ini saya coba sim 2 telkomsel byu yg jadi sim utama bisa ya 4gnya. cuma yg smartfren jadi ga dapet sinyal karna kartu smartfreen kan cuma bisa di jaringan 4G. kalo kedua sim support jaringan 2g, ya sinyal muncul di kedua sim. selain itu HP ini juga udah ada GPS, wifi, dan bisa jadi hotsopot juga. enak nih bisa buat modem ya.


Seperti yg udah saya jelaskan kalo hp ini pake mocordroid yang basenya Android, jadi aplikasi yg dijalankan seperti whatsapp itu memang versi android, bisa untuk telpon, videocall dan whatsapp web.
untuk aplikasi yg udah saya coba (setelah dioprek) kaya youtube, telegram. spotify lite, instagram lite, itu bisa. dianjurkan pake versi lite ya, biar ringan. cuma kalo aplikasi yg pakenya swipe  itu susah misalnya tiktok atau game2 gitu. untuk game ya main pake emulator aja, misalnya gameboy advance, itukan kita bisa setting pake keypad untuk kontrolnya.


Saya rasa ada beberapa kelebihan dari Evercoss I2 ini sampe2 banyak peminatnya. pertama karna jaringannya yg sudah 4g sim1 maupun sim2, dan unlock juga bisa pake semua oprerator ini termasuk smartfren dan bisa dijadikan modem dengan hotspot. terus karna pake mocordroid, aplikasinya versi android misalnya whatsapp yg punya fitur lengkap seperti biasa. terus HP ini bisa dioprek seperti yg udah jelaskan, bisa install aplikasi android lainnya, playstore, tweak, custom romnya juga ada dan komunitasnya juga ada, jadi enak ya buat icipers kaya saya, hehe, oh iya pastinya unik juga ya, HP android tampangnya featured phone kaya gini.

Oke jadi itulah pembahasan untuk Evercoss i2. Kalo ada pertanyaan atau info tambahan, silahkan komentar ya. Jika masih belum puas membaca artikel ini, silahkan nonton video unboxing dan reviewnya di bawah ini.


logoblog

Terimakasih sudah membaca Evercoss i2, HP Unik Model Jadul Bisa Jalanin Aplikasi dan Game Android. Silahkan bagikan artikel ini melalui:

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

3 komentar:

  1. Cara pasang playstore nya gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek di sini : https://youtu.be/50i3-rqmW5s

      Hapus
  2. Bisa utk video call di whatsapp ya?

    BalasHapus