ErDev Blog

Bereksperimen dengan Smartphone, Gadget, dan Teknologi.

Jumat, 30 April 2021

Review SHARP AQUOS V di Tahun 2021 - Harganya Makin Turun, Sekarang Jadi HP Gaming Murah!

Oleh ErDev pada Jumat, 30 April 2021

Yoo Haloo...
Kali ini saya akan membahas Sharp Aquos V dengan varian RAM 3 GB dan Memori Internal 32 GB berwarna Black. Handphone ini saya beli dengan harga Rp.1.700.000. Harga yang sudah turun jauh dibanding saat perilisannya. Di dalam paket penjualannya kita mendapat Unit Handphonenya, Kertas panduan dan garansi, kabel data Type-C, earphone, Adaptor Charger 5V 2A dan SIM Ejector.


Oke lanjut bahas handphonenya. Sharp Aquos V ini pake chipset Snapdragon 835 octacore 10 nm jalan di 64bit, dengan RAM 4GB dan Internal Memori 64GB. GPUnya adreno 540 dengan resolusi layar 1080x2160 FHD+ 5,99inch dan refresh rate masih 60hz.
Design body handphone ini terbilang biasa aja bahkan udah ketinggalan. saya jadi ingat pake Xiaomi Redmi 5 plus 3 tahun lalu. yang layarnya belum ada poni, dot drop, atau punchole gitu, walaupun rasionya ini udah memanjang 18:9. Body belakangnya juga polos ga ada motif atau hal unik lainnya, cuma keliatan glosy dan pastinya warna hitam ini gampang banget ninggalin bekas sidik jari, alias gampang dekil. Bagian sampingnya ini berbahan metal cuma finishingnya menurut saya aga kasar dibagian pertemuan backcover dan framenya ini. Ga begitu solid juga karna bagian belakang ini kalo ditekan itu bunyi-bunyi, kaya aga kopong gitu.


menurut saya yang mantap dari HP ini, dia pake chipset kelas premium. Walaupun yang seri aga lama, tapi performanya masih berani diadu sama HP resmi lain diharga 1 jutaan ya, karna handphone ini harganya sekarang udah 1 jutaan. Skor Antutu bisa dapet sekitar 271 ribu. sensor-sensor udah cukup, giroskop pasti ada dan bukan virtual atau software, lalu untuk multi touchnya bisa sampai 10 jari.
Main game yang biasa saya mainin seperti PUBGM bisa dapet setingan Smooth-Extreme, Balanced-Ultra, HD-Ultra dan HDR-Ulta. Saya pake settingan Smooth-Extreme masih kerasa lancar dan cukup minim frame dropnya. Untuk main Mobile Legend bisa dapet settingan High rata kanan, itu masih lumayan lancar dan nyaman dimainin. terus saya coba main Genshin Impack itu pake settinggan yang serba Low, masih kerasa frame drop dan aga stutering gitu apalagi pas lagi lawan monster atau musuh, tapi saya rasa masih cukup playable. Pas dipake buat ngegame bodynya ini ga ada masalah panas yang berlebih, masih wajar-wajar aja ya.


Terus UI nya ini lebih ke stok android, okelah ringan tapi fitur-fiturnya itu minim banget, dan saya ngerasa bosen karna minim kostumisasi. Udah dapet update sebanyak 4 kali, itupun ga ada perubahan tampilan atau fitur yang signifikan, cuma improve system dan update security patch ke februari 2021.
Untuk baterainya berkapassitas 3160mah, saya rasa ini ga begitu boros. SOT pemakaian saya bisa dapet sekitar 4 jam. Untuk ngechargenya juga ga terlalu lama. dari 20% sampe full itu sekitar 1,5 jam pake charger bawaaanya.


Pake HP ini saya jadi inget Sharp Aquos SHV39 yang pake chipset snapdragon 835 juga, dari performa hampir mirip, cuma bedanya layar SHV39 lebih joss, refresh ratenya udah 120hz, ada NFCnya, ukurannya lebih compact, tapi dia limbah jepang ya, ga resmi jadi kalo sekarang aga rawan kena blok imei.
Menurut saya, dari segi performa handphone ini udah mantap di harga yang sekarang 1 jutaan. Kalo pas harganya masih di 3 - 4 jutaan saya sih ga berani juga beli HP ini karna masih banyak pilihan lain. Jadi kalo ngincer performanya aja, dan ga masalah sama design yang udah ketinggalan, UI stok yang minim fitur, baterai yang ga terlalu besar, sharp aquos v ini bisa jadi pilihan.
Oke jadi itulah pembahasan untuk Sharp Aquos V. Kalo ada pertanyaan atau info tambahan, silahkan komentar ya. Jika masih belum puas membaca artikel ini, silahkan nonton video unboxing dan reviewnya di bawah ini.


 

logoblog

Terimakasih sudah membaca Review SHARP AQUOS V di Tahun 2021 - Harganya Makin Turun, Sekarang Jadi HP Gaming Murah!. Silahkan bagikan artikel ini melalui:

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

2 komentar: