ErDev Blog

Bereksperimen dengan Smartphone, Gadget, dan Teknologi.

Selasa, 08 Desember 2020

Unboxing & Review ITEL VISION 1 - HP Murah Pendatang Baru di Indonesia

Oleh ErDev pada Selasa, 08 Desember 2020

Yoo Haloo...
Kali ini saya akan membahas Itel vision 1. ya smartphone yang bikin aneh pas pertaama kali liat merknya. aga kurang enak yah, khususnya dari daerah jawa atau yang paham lah sama artinya.
jadi ini Handphone pendatang baru di Indonesia harganya dibandrol mulai dari 900ribuan, tepatnya ini saya beli 985rb dan kabarnya ini satu grup sama Infinix, garansi resmi indonesia sama kaya infinix dan masalah IMEI ga perlu khawatir udah kedaftar di KEMENPERIN, sinyal atau jaringan aman lah.
Dengan harga segitu ya pastilah speknya ga bisa minta lebih tapi dimana ada kekurangan ada kelebihannya juga. Berikut ini spesifikasinya.

Layar : 6.088" HD+ IPS 720x1560 (19.5:9)
OS : Android 9
Chipset : Unisoc SC9863A
CPU : Octa core, 1.6 GHz, Cortex A55
GPU : PowerVR Rogue GE8322
RAM : 2GB
Internal Memori : 32GB
Kamera Belakang : 8MP + 0.08MP
Kamera Depan : 5MP 1.4 um
Sensors : Fingerprint (rear-mounted)
Baterai : Li-Po 4000 mAh

Lanjut, kalo liat design bodynya, menurut saya ini masih lumayan cakep lah, belum jadul-jadul amat. bagian belakangnya ini ada efek gradasi gitu kalo yang saya punya ini warna ungu gradasi dengan hitam. cuma model backdoornya ini masih bisa dilepas. padahal si baterainya ini udah tanem. Di balik backdoor ada 2 slot SIM dan slot MicroSD, nah ini bisa jadi poin plus kalo slotnya itu ga hybrid. Untuk bodynya ini juga terbilang tipis, ringan dan compact, cukup nyaman waktu digenggam. Build qualitynya cukup aja lah, solid, tombol-tombol juga enak.


Untuk bagian depan layarnya ini udah pake rasio 19:5:9 dan water drop display, ukurannya 6,088" IPS HD+ untuk kualitas gambarnya ini udah cukup baik, karna memang ukuran layarnya juga ga gede-gede banget ya. Ga ada masalah sama performa layarnya juga. cuma kalo diliat-liat bezellnya ini masih cukup tebal, apalagi di bagian bawah layarnya. tapi saya senen-seneng aja sih sama layarnya.
oh iya lupa, bagian kamera belakang itu cuma ada 2 kamera, yaitu 8MP dan satunya masih VGA, untuk fitur-fiturnya ada AI, potrait dan lowlight. Kalo kamera depan itu 5mp dan ada fitur AI Emoji.
Untuk jeroannya Handphone ini pake chipset dari Unisoc SC9863A yang masih 28nm ditemenin pake GPU PowerVR Rogue GE8322, RAM 2GB dengan Android 9 dan dapet score Antutu sekitar 86ribu. Dari gambaran itu mungkin udah pada menilai, yah potato, panas, boros, ngelag. Saya juga awalnya mikir gitu, tapi pas udah dipake, dirasain, ternyata ga semuanya salah.
Performa buat main game jangan berharap lebih karna saya coba main PUBGM itu cuma dapet setingan Smooth-Medium dan Balanced-Medium. Main pake settingan Smooth-Medium masih kerasa dikit frame dropnya dan juga kadang-kadang stutering gitu. Terus kalo buat main Mobile Legend bisa pake grafik high cuma saya ga tega, karna pake settingan rendah aja itu kadang-kadang frame drop bahkan kadang animasi dari hero itu macet-macet, terus load game nya juga terbilang lama. ya menurut saya dari kedua game ini masih bisa dimainin lah.


Untuk suhu di body Handphone ini bisa dibilang ga sepanas yang dibayangkan, masih dalam batas wajar, bahkan kerasa adem ayem aja, ga gampang panas, paling anget aja pas main game. Pusat angetnya itu di bagian atas samping kamera belakang jadi kalo pas digenggam Handphone ga kerasa panasnya.
Buat baterainya yang 4000mAh juga ga seboros yang dibayangin, malah menurut saya ini masih termasuk hemat. mentang-mentang masih 28nm ya ga bisa langsung nilai kalo baterainya itu bakal deras turun. Untuk Screen on Time pemakaian saya bisa sekitar 5 sampe 6 jam, lumayan kan. Untuk ngecharge baterainya pake charger bawaan yang cuma 5V 1A ini makan waktu yang lama, dari 14% sampe full itu sekitar 4jam.
Untuk bagian sensornya ini dipangkas, giroskop udah pasti ga ada, terus auto brightness juga ga ada. Multitouch cuma bisa sampe 5 jari aja. Sensor fingger printnya itu ga terlalu cepet ya, cuma ya masih mending ada. dan faceunlock juga ada.
Bagian UI ini bisa jadi poin plus juga di Handphone ini, karna lumayan stabil,  ringan dan pengelolaan dayanya baik. Ga dicantumkan pake UI apa cuma saya rasa Handphone ini pake XOS nya dari Infinix, tapi ada beberapa fitur yang ga ada, misalnya Dark Mode, Game Mode, Gesture. Cuma untungnya fitu Split Screen masih ada, Tema, Floatball juga ada. bisa dibilang ini XOS versi lite ya. Dapet update juga, tapi saya baru dapet cuma update minor aja, di Scurity Patch dan perbaikan Bug.
Performa untuk penggunaan sehari-hari di Handphone ini ternyata masih lumayan. Cuma kalo untuk Multitasking itu terbatas, karna RAMnya yang cuma 2gb, kadang aplikasi yang di Minimize pas dibuka lagi itu ngulang dari awal. Mungkin memang dari sistemnya diset kaya gitu, supaya Handphone ini bisa tetep lacar waktu digunakan.


Secara keseluruhan Handphone ini, masih layak untuk pemakaian sehari-hari, seperti chating, sosmed, nonton video, main game  juga masih bisa, asal jangan dibuat turnamen aja gitu. Designnya juga masih lumayan, apalagi buat yang lagi cari Handphone berukuran lumayan compact misalnya buat Handphone kedua juga masih layak. Karna paket penjualannya di dalam box udah lengkap, dapet case, screen protector masih dapet earphone dan dapet adapternya, ini cocok buat yang mau beli Handphone tinggal pake.
oke, mungkin itu saja untuk pembahasan dari itel vision 1. Kalo masih ada pertanyaan atau info tambahan, silahkan komentar yah

Jika masih belum puas membaca artikel ini, silahkan nonton video unboxing dan reviewnya di bawah ini




logoblog

Terimakasih sudah membaca Unboxing & Review ITEL VISION 1 - HP Murah Pendatang Baru di Indonesia. Silahkan bagikan artikel ini melalui:

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar