ErDev Blog

Bereksperimen dengan Smartphone, Gadget, dan Teknologi.

Senin, 09 Maret 2020

Review Lenovo Thinkpad T440p - Laptop yang Mudah Diupgrade

Oleh ErDev pada Senin, 09 Maret 2020

Yoo Haloo…
Kali ini saya akan membahas Laptop Lenovo Thinkpad T440p yang menurut Saya ini Laptop yang tidak biasa. Laptop ini saya beli kondisi bekas beberapa bulan yang lalu dengan harga Rp.3.000.000 bersyukur dapat unit yang kondisinya cukup baik dan dapat spesifikasi berikut ini:
Intel Core i5-4210M Haswell up to 2.6 GHz
Intel HD Graphics 4600
Layar 14", HD (1366 x 768), TN
RAM 8GB
HDD 500GB
2x USB 2.0, 2x USB 3.0, VGA, Ethernet LAN,
Audio jack, Card reader, Displayport mini
Up to 7 hours with standard 6-cell battery

Oke lanjut Saya akan bahas tentang kelebihan dan kekurangan dari Laptop ini. Untuk kelebihannya, yang pertama, Build Qualitynya jempolan, engselnya kokoh, dan bahan yang dipakai solid. Bahkan Laptop ini sudah terdapat military-spec yang memiliki ketahanan terhadap guncangan, temperatur, dan debu. Jadi bodynya ini kuat. Tidak susah menemukan Laptop Thinkpad walaupun yang tipe lama tapi bodynya masih bagus bahkan ada yang mulus, karna ya itu tadi. Ini jadi salah satau alasan yang paling meyakinkan Saya untuk memlih Laptop bekas dari Lenovo Thinkpad.
Yang kedua, keyboardnya enak untuk ngetik, feel saat nekan tuts nya itu enak banget dan feedbacknya juga kerasa, jadi ngetik berasa makin nyaman. ya sebenarnya keyboard di Thinkpad itu tidak usah diragukan, semenjak Saya pakai thinkpad X230 juga kerasa mantep keyboardnya.

Yang ketiga, sudah terdapat Windows yang berlisensi dan bisa dipakai di Windows versi terbaru, jadi kalo pun waktu beli OS nya masih pakai Windows 7, Kamu bisa upgrade ke Windows 10 dan tidak perlu beli lagi lisensi Windows yang harganya sampai jutaan rupiah (Resmi), karna udah otomatis activate dan licensinya itu ditempel di bagiaan belakang tempat baterai.

Yang keempat, Harga dan performa. Dengan harga Rp.3.000.000 dan spesifikasi yang menurut Saya cukup tinggi di harga tersebut, ditambah build qualitynya yang mantap, ini jadi Latop bekas yang worth it, menurut Saya. Performanya lumayan banget untuk kebutuhan produktifitas, seperti editing video menengah, ngoding di Android Studio, Design Grafis, Browsing banyak tab, ngetik-ngetik, dan multi tasking, itu bisa dan cukup lancar, Apalagi kalo Laptop ini di upgrade komponennya, seperti tambah RAM, mengubah Hardisk jadi SSD, dan lain sebagainya. Jadi makin cepat performanya. Tapi kalo buat main game kurang, karna Laptop ini bukan ditujukan untuk gaming.

Ngomongin tentang upgrade, ini jadi kelebihan selanjutnya. Laptop ini Upgradable, atau upgrade komponennya itu gampang banget dan banyak hal yang bisa upgrade atau dirubah. Tinggal buka dua baut yang ada di belakang trus slide keatas maka kita udah bisa mengakses komponen-komponen yang ada di Laptop ini, mulai dari RAM, Hardisk, Baterai CMOS, WiFi card, SSD M.2 Sata 2422, DVD ROM, Heatsink, bahkan Prosesor. Ya, Prosesor di Laptop ini bisa dilepas bahkan diupgrade, misalkan dari core i5 ke core i7, yang penting tipenya itu harus sesuai. Ini memperjelas pemikiran Saya pribadi yang masih belum yakin tentang apakah Laptop bisa ganti atau uprade procesor. Dan ternyata, ada Laptop yang bisa. Jadi kalo ada yang nanya, apakah bisa uprade procesor di Laptop? Jawabannya bisa! Dan tergantung dari Laptopnya. Selain komponen yang udah saya sebutkan, Laptop ini juga bisa di uprade panel layarnya jadi IPS biar makin nyaman diliatnya dan bagian touchpadnya juga bisa dirubah.
Untuk selanjutnya bahas kekurangannya. Pertama Laptop ini minim lampu. maksudnya, lampu yang menandakan aktifitas. Cuma ada lampu di tombol power, tombol FN, dan pada ditulisan thinkpad, yang menurut saya itu kurang penting, malah lampu yang menandakan CapsLock aktif, Read & Write Disk, posisi Charging, konektifitas WiFi, itu yang menurut saya penting malah tidak ada.

Kedua designnya kurang menarik, bodynya ini terlihat lumayan tebel dan bisa dibilang beda banget dengan LaptopLaptop zaman sekarang, lalu bobotnya itu berat. Sebenarnya masih wajar lah karna ini lapotop sudah berumur.
Ketiga, Touchpadnya, absennya tombol-tombol yang ada di touchpad ala Thinkpad itu, membuat klik kanan atau klik kiri di touchpad ini aga kurang nyaman menurut Saya. Dan di seri setelah Laptop ini yaitu Thinkpad T450 tombol tersebut di munculin lagi, Mungkin karna kegagalan di varian thinkpad T440 ini. Jadi berasa produk uji coba.

Oke, mungkin itu saja pembahasan dari Lenovo Thinkpad T440p. Secara keseluruhan ini Laptop bekas yang worth it untuk produktifitas. Dan tentunya Upradable!

Jika Kamu masih kurang puas dengan membaca artikel ini, silahkan tonton videonya di bawah ini

logoblog

Terimakasih sudah membaca Review Lenovo Thinkpad T440p - Laptop yang Mudah Diupgrade. Silahkan bagikan artikel ini melalui:

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar