ErDev Blog

Bereksperimen dengan Smartphone, Gadget, dan Teknologi.

Senin, 23 Maret 2020

Kelebihan dan Kekurangan Realme C3 - Realita HP Gaming Murah

Oleh ErDev pada Senin, 23 Maret 2020

Yoo Haloo...
Kali ini saya akan membahas Handphone Realme C3. Handphone yang katanya paling worth it di harga 1jutaan, Handphone 1 jutaan dengan spesifikasi yang gahar, Handphone 1 jutaan dengan skor antutu yang besar, terus ada juga yang bilang Handphone Gaming 1 jutaan, dsb. Ya, beberapa ada benernya sih.
Handphone ini saya beli diharga 1,6 juta, dengan spesifikasi Layar 6,5 inch ips HD+, pakai Mediatek G70, Memori Internal 32GB, RAM 3GB, dan Baterai 5000 mAH. Berikut ini spesifikasi lainnya.
Layar HD+ 6,5 inci (720 x 1600 piksel)
Chipset Mediatek, Helio G70 (12 nm)
GPU Mali-G52 MC2
RAM 3GB Internal Storage 32GB
Kamera Depan: 5MP (f/2.4)
Kamera Belakang 12MP Wide (f/1.8),
2MP Macro (f/2.4),
2MP Depth Sensor (f/2.4)
Baterai 5.000 mAh
Android 10, Realme UI 1.0
Kalo kamu belum melihat proses unboxingnya, silahkan tonton video unboxingnya terlebih dahulu.


Sekilas spesifikasinya mantap yah, tapi apakah realitanya benar? Ok langsung aja kita bahas.


Untuk kelebihannya, Petama, Design body belakangnya ini menarik dan pemakai plastik pada material bodynya juga terkesan tidak murahan dan cukup solid. Saya suka dengan tekstur body belakangnya ini yang cukup nyaman untuk digenggam.


Kedua, Layar yang besar. Ukuran layar 6,5 inch lumayan nyaman buat nonton video atau buat main game, walaupun resolusi layarnya masih HD+ , tapi kalo misalnya kamu sebelumnya tidak pakai Handphone dengan resolusi full HD atau bahkan pakai retina display, ini masih bagus.


Ketiga, Performa dari mediatek G70 ini memang mantap. Di harga 1,6 jutaan udah bisa dapet skor antutu 170ribuan, main game lancar, settingan rata kanan pada beberapa game juga tersedia. Walaupun ada beberapa game juga yang belum bisa rata kanan, kemungkinan karna mediatek G70 ini terbilang masih baru, jadi kita tunggu saja dari update gamenya. Dan enaknya Handphone ini cukup stabil ketika digeber buat main game. Suhu bodynya juga tidak terlalu panas, masih bisa diterima.


Keempat, Untuk baterainya yang besar yaitu 5000 mah, ditambah layar yang masih HD+ dan fabrikasi 12 nm, Handphone ini bisa bertahan lama. screen on timenya saya pernah dapet sampe 8 jam, untuk pemakaian yang lebih banyak ngegame walau ga terlalu lama. Kalo dalam mode standby, cek sosmed, atau chatting, itu bisa sampe 2 harian, bahkan lebih.


Kelima, Kamera juga bisa dijadikan kelebihan, di harga 1,6 juta dapet 3 kamera belakang dengan setup  12MP wide, 2MP macro serta 2MP deph sensor. Dan untuk kamera depan beresolusi 5MP menurut saya ini udah lumayan bagus, ditambah lagi ada beberapa filter atau efek yang bisa memanjakan, khususnya untuk kaum hawa (eh, ga juga)
Terakhir, Handphone ini resmi dan terdaftar imeinya, jadi ga usah hawatir peraturan inilah itulah.



Nah sekarang lanjut untuk kekurangannya. Ini menurut pendapat saya dari sudut pandang saya dan ini didapat ketika beli Handphone langsung pake, tidak melewati proses oprek dan sejenisnya yah.
Pertama, tidak ada LED Notification. Buat yang sebelumnya pake Handphone ada LED Notification dan bergantung atau menikmati adanya fitur tersebut, pasti akan merasa ini menjadi sebuah kekurangan pada Realme C3 ini.


Kedua, proses charging yang cukup Lama. Charger yang diberikan outputnya hanya 5V 2A, ya standar sih ya, tapi untuk ngecharge batre Realme C3 yang terhitung besar yaitu 5000 mah, itu menurut saya kurang, saya pernah mencoba dari 10% hingga full 100% memakan waktu hingga 3 jam


Ketiga, Gyroscope yang delay atau kadang susah respon. Ini karena gyroscope yang ada di Realme C3 ini berupa software, berbeda dengan Gyroscope hardware atau berupa komponen. Jadi buat kamu yang ngandelin dan bergantung dengan Gyroscope, khususnya buat kebutuhan main game atau lainnya, ini menurut saya cukup mengganggu.
Keempat, Bug pada touchscreen. Bugnya berupa terkadang tocuhscreennya terlalu sensitif atau bahkan lebih parahnya goush touch atau pencet-pencet sendiri gitu. Saya juga pernah ngalamin ketika saya bermain game dengan settingan rata kanan dan suhu dari Handphonenya cukup tinggi, multitouchnya tidak berfungsi. Ya Masalah ini tidak sering terjadi, tapi kalo terjadi, ya pasti ngeselin kan. Saya juga belum memastikan masalah ini dari software atau hardwarenya, atau bahkan unit yang saya dapat ini produk cacat.
Oke mungkin itu saja pembahasan dari kelebihan dan kekurangan dari Realme C3, yang secara keseluruhan handphone ini masih termasuk worth it di 1 jutaan. Namun silahkan pertimbangkan dengan kebutuhan masing-masing.

Jika Kamu masih kurang puas dengan membaca artikel ini, silahkan tonton videonya di bawah ini

logoblog

Terimakasih sudah membaca Kelebihan dan Kekurangan Realme C3 - Realita HP Gaming Murah. Silahkan bagikan artikel ini melalui:

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar