ErDev Blog

Bereksperimen dengan Smartphone, Gadget, dan Teknologi.

Selasa, 06 Agustus 2019

Cara Menjalankan Dual OS di HP Android dengan Mudah dan Berhasil

Oleh ErDev pada Selasa, 06 Agustus 2019

Yoo Haloo...
Kali ini Saya akan berbagi informasi dan tutorial tentang menjalankan dua Operating System (OS) dalam satu Smartphone. Maksudnya seperti apa? Jadi, dalam satu Smartphone, Kita bisa menginstall dan menjalankan OS lain selain OS yang sudah ada pada bawaan. Misalnya, OS bawaan saat ini adalah Android 9 (Oreo), Kita bisa menjalankan OS lain yaitu Android 5 (Lolipop). Namun OS yang kedua ini berjalan di atas OS yang pertama (bawaan) secara virtual. Contohnya seperti aplikasi VirtualBox atau VMware pada PC. Atau yang lebih mudahnya lagi, seperti Kita menjalankan Emulator Android di dalam PC dengan OS Windows. Jadi, mejalankan OS di dalam OS juga.


Untuk melakukannya, Kita membutuhkan satu aplikasi saja. Nama aplikasi tersebut yaitu VMOS Virtual Android on Android-Double Your System. Berikut ini merupakan keterangan official tentang aplikasi VMOS ini
"VMOS is an APP software based on Virtual Machine (VM). VMOS can be installed in the form of a normal APP to Linux or Android system through VM technology. That is to run another complete Android system through an application Moreover, VMOS is not controlled by the host system. (Android on the phone)".
Dari keterangan tersebut, bisa diambil kesimpulan bahwa dengan aplikasi ini Kita bisa menjalankan OS baru berbasis Virtual Machine (VM) yang berjalan di atas OS bawaan melalui aplikasi VMOS ini. Namun untuk saat ini, OS yang dijalankan di VMOS ini hanya ada Android 5 (Lolipop).


Untuk memulai dan membuat dual OS ini cara nya cukup mudah, yaitu:
  1. Download & Install aplikasi VMOS Virtual Android on Android-Double Your System melalui PlayStore atau bisa klik DI SINI.
  2. Lalu buka aplikasinya, dan Jika meminta perizinan silahkan izinkan.
  3. Setelah itu, di dalam aplikasi akan mendownload file berukuran sekitar 200 MB dan akan mengkonfigurasi secara otomatis, silahkan ditunggu saja.
  4. Jika konfigurasi selesai, maka otomatis akan menampilkan Home Screen, dan sudah siap untuk dijalankan.


VMOS ini berbeda dengan fitur Second Space atau Ruang Kedua seperti yang ada di MIUI. VMOS benar-benar menjalankan sistem yang baru dan tidak ada hubungannya dengan OS atau sistem bawaan yang berjalan. Jadi, Kita bisa bebas melakukan apapun, seperti menginstall aplikasi, game, bahkan kita bisa mengoprek sistemnya, karna OS yang ada di VMOS ini bisa diR00T dengan mudah, dan tentunya tanpa khawatir akan merusak sistem bawaan yang berjalan.

 

VMOS ini membutuhkan resource yang tidak sedikit. mengunakan VMOS seperti layaknya menjalankan dua OS Android sekaligus. Jadi, jika ingin menggunakan VMOS ini, pastikan Smartphone yang digunakan memiliki Spesifikasi yang memumpuni, khususnya pada sektor RAM, ROM, GPU, dan Processor. Saya mencoba aplikasi VMOS ini menggukan Smartphone Xiaomi Mi Play 4/64 Mediatek P35, dan hasilnya lumayan lancar.



Oke, jadi itulah Cara Menjalankan Dual OS di HP Android dengan Mudah. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat.
Silahkan bagikan postingan ini ke media sosial maupun grup, agar dapat menjangkau dan membantu orang lain ^_^
logoblog

Terimakasih sudah membaca Cara Menjalankan Dual OS di HP Android dengan Mudah dan Berhasil. Silahkan bagikan artikel ini melalui:

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

1 komentar: