ErDev Blog

Bereksperimen dengan Smartphone, Gadget, dan Teknologi.

Selasa, 20 Oktober 2020

Review Samsung Galaxy A21s - Desain Cakep dengan Baterai Irit

Oleh ErDev pada Selasa, 20 Oktober 2020

Yoo Halo...
Kali ini saya akan membahas Samsung Galaxy A21s dengan model SM-A217F/DS garansi resmi SEIN (Samsung Electronic Indonesia) varian ROM 32GB RAM 3GB dan warna putih. Handphone ini saya beli dengan harga Rp.2.255.000 dan kena potongan jadi 2,173.000 (termasuk ongkos kirim), ya lumayan waktu itu sedang promo event 10.10.
Berikut ini spesifikasi dari Samsung Galaxy A21s

Layar : PLS TFT 6.5" 720 x 1600 pixels 270 ppi
OS : Android 10, One UI 2.0
Chipset : Exynos 850 (8nm)
CPU : Octa-core (4x2.0 GHz Cortex-A55 & 4x2.0 GHz Cortex-A55)
GPU : Mali-G52
RAM : 3GB/6GB
Internal Memori : 32GB/64GB
Kamera Belakang : 48 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/2.0", 0.8µm, PDAF | 8 MP, f/2.2, 123˚ (ultrawide), 1/4.0", 1.12µm | 2 MP, f/2.4, (macro) | 2 MP, f/2.4, (depth).
Kamera Depan : 13 MP, f/2.2, (wide), 1/3.1", 1.12µm
Sensors : Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
Baterai : Li-Po 5000 mAh

Di dalam boxnya terdapat kertas panduan singkat, unit Handphone Samsung Galaxy A21s berwarna putih, stiker imei, kartu SIM IM3 bundling, Kabel data USB Type-C, SIM Ejector, dan adaptor dengan output max 9V 1,67A atau 15 Watt.


Di bagian depan ada layar 6.5 inch HD+ TFT PLS. Menurut saya jenis layarnya masih mirip dengan layar iPS, tapi kalo disebut mirip dengan Amoled menurut saya aga berlebihan. Untuk resolusinya yg masih HD+ ga terlalu buruk, namun ga setajam resulusi FULL HD pastinya. Untuk model layar punchhole yg samsung menyebutnya Invinity o-display, ya bagus sih, cuma udah banyak Handphone murah yg pake punchole gini, jadi ga terlalu spesial, ditambah lagi untuk bezellnya masih cukup tebal, apalagi dagunya.


Kalo diliat-liat bagian belakangnya ini cakep ya, saya suka sama bagian belakangnya khusnya warna putihnya ini. Warna putihnya itu glowing dan kalo kena cahaya kaya ada pelangi-pelangi gitu. Ya walaupun ini bahan bodynya bukan kaca, masih plastik, tapi  bukan plastik murahan juga, ya tapi tetep aja plastik. cap jari yg berminyak pasti nempel, kalo untuk warna putih ini ga terlalu keliatan, kalo warna gelap ya keliatan dekil. Namun masih terlihat mewah lah ya, apalagi keliatan tulisan Samsung, pemuja brand pasti melek. Untuk build qualitynya menurut saya bagus, fell saat digenggam masih lumayan nyaman.


Samsung Galaxy A21s ini menggunakan Android 10 patch keamanan  1 Mei 2020 dengan One UI core versi 2.1. Untuk penyimpanannya tersedia sekitar 20,7GB dan sudah terpakai sekitar 11,3GB dari 32GB. Sedangkan untuk RAMnya sisa 1,3GB, sudah terpakai sekitar setengahnya dari 3GB.
Untuk One UI ini saya baru nyoba. Memang performanya lumayan stabil dan cukup optimal, pengelolaan dayanya juga baik. Namun dari fiturnya menurut saya masih ada beberapa yg belum ada, ga selengkap UI di Handphone-Handphone produk cina lainnya. Ya mungkin karrna ini Oneui Core.


Untuk "Jeroannya", Samsung Galaxy A21s ini pake Chipset Exynos 850, Quadcore 2GHz, fabrikasinya sudah 8nm dan GPUnya pake MALI-G52 serta refresh ratenya masih 60Hz. Untuk sensornya standarlah, untungnya sensor giroskop masih ada dan bukan virtual atau software. Namun jumlah multitouchnya hanya bisa sampai 5 jari saja.
Untuk skor Antutu saya dapet sekitar 108 ribu dengan skor CPU sekitar 39 ribu dan GPUnya  21 ribu. Performa buat main game menurut saya masih lumayan nyaman. Main PUBG setingan grafik bisa sampe Smooth-Ultra, Balanced-Ultra dan HD-High. Waktu sedang bemain dengan setingan Smooth-Ultra masih terbilang lancar dan aga jarang framedropnya. Kalo buat main Mobile Legend bisa dapet setingan "rata kanan" Grafik High dan secara keseluruhan tidak ada masalah. Yang paling saya suka dari Handphone ini ga cepet panas kalo dimainin. Ya mungkin itu karna efek chipset juga ya yg sudah 8nm, dan itupun berdampak sama ketahanan baterainya.

.


Sudah dikasih chipset hemat daya terus baterainya 5000mAh. Dipake untuk seharian bisa banget, Screen on Time bisa dapet sekitar 6 jam lebih dan untuk ngechargenya butuh waktu 1 setengah jam lebih, hampir 2 jam lah pake charger bawaannya dari 23% sampe full 100%.
Untuk Quadcamera 48MP dan kamera selfie 13MP hasilnya seperti berikut ini.




Ya secara keseluruhan Handphone ini sudah nyaman untuk pemakaian sehari-hari, seperti untuk sosmed, noton film, belajar online, videocall, dan main game buat hiburan aja udah lumayan. Menurut saya yang bisa ditonjolkan dari Handphone ini yaitu dari chipsetnya yg sudah 8nm hemat daya karna baterai juga sudah 5000mAh dan ga cepet panas. Kalo yang lainnya masih bisa dibilang biasa saja dengan harga segitu dan terkesan Handphone ini menurut saya terlalu mahal, karna di harga sekitar 2,2 juta itu mungkin bisa dapet Handphone yg spesifikasinya lebih dari ini. Ya kalo liat lagi ke brandnya samsung, ya masih wajarlah.


Jika masih belum puas membaca artikel ini, silahkan nonton video unboxing dan reviewnya di bawah ini

 

logoblog

Terimakasih sudah membaca Review Samsung Galaxy A21s - Desain Cakep dengan Baterai Irit. Silahkan bagikan artikel ini melalui:

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar