ErDev Blog

Bereksperimen dengan Smartphone, Gadget, dan Teknologi.

Kamis, 02 Juli 2020

Review iPad 6th - Menurut Pengguna yang Baru Memakai iPad

Oleh ErDev pada Kamis, 02 Juli 2020

Yoo Haloo…
Kali ini saya akan mereview iPad generasi ke-6 tahun 2018 atau saya sebut iPad 6. Di sini saya akan membahasnya dari sudut pandang pengguna yang baru saja mulai memakai iPad, ya termasuk saya.
Oke sebelumnya mari kita lihat spesifikasi dari iPad 6 ini.

Layar: 9.7" 1536 x 2048pixels 264ppi
OS: iOS 11.3, upgradable to iPadOS 13.5
Chipset: Apple A10 Fusion (16 nm)
CPU: Quad-core 2.34 GHz
GPU: PowerVR Series7XT Plus
RAM: 2GB
Internal Memori: 32GB/128GB
Kamera: Belakang 8MP, Depan 1.2MP
Baterai: Li-Po 8827 mAh (32.9 Wh)

Kalo dilihat dari chipsetnya, ini merupakan chipset yang dipakai di lineup iPhone 7 yang dirilis sekitar tahun 2016 lalu, ya memang keliatannya udah aga lama, tapi untuk performa saya ngerasa iPad 6 ini masih memumpuni, dengan posisi sekarang sudah menggunakan iPadOS 13.5, iPad 6 ini masih sanggup berjalan mulus dan buka tutup aplikasi masih lumayan gesit. Lalu untuk RAM 2GB, memang kecil tapi karna memakai iPadOS, jadi RAM segitu bisa digunakan secara efektif. Namun bukan berarti RAM tidak berpengaruh, karna saya pernah coba buka game, sambil multitasking Facebook, Notes, Spotify dan record layar, itu kerasa ngelagnya kadang aplikasinya restart lagi. Jadi ya tetep aja RAM itu diperlukan dan makin besar ramnya, makin bagus. Kalo diliat di iPad generasi ke-7 tahun 2019, itu RAMnya sudah diupgrade ke 3GB, ya walaupun tetap memakai chipset yang sama dengan iPad 6, namun performanya jadi meningkat. Terus apa itu jadi ngeganggu kita kalo pake iPad 6 ini? ya ga juga. Kalo untuk multitasking wajar, ya lancar-lancar saja.


 
Oh iya, ngomongin aplikasi, saya sempet mikir kalo iPad bisa jadi alternatif dari iPhone untuk menikmati aplikasi yang ada di iOS. Ya bisa sih, tapi ternyata ga semua aplikasi yang ada di iPhone ada  di iPad, contohnya WhatsApp, itu ga ada di Appstore.


Terus ada juga beberapa aplikasi yang belum terlalu kompatibel dengan iPad misalnya Dana, shopee, instagram, itu aplikasinya ga bisa fullscreen jadi ya kepotong gitu dan harus posisi potrait. Ya mungkin ada alasan tersendiri dari pengembang aplikasinya.
Tapi kalo untuk game, saya rasa ada semua di iPad ini, sama kaya di iphone, dan ngegame di iPad itu emang nikmat banget, performanya yang stabil, layarnya yang luas, responsif ga ada yang namanya touch screennya ngefreze lah, apalah, pokonya enak. Cuma yang bikin kurang nyaman itu bobot dari iPad yang lumayan berat daripada handphone. Jadi kalo ngegame direkomendasikan pake semacam stand, biar tangan ga pegel pegang iPadnya. Dan menurut saya body iPad ini kerasa lumayan panas ya.



Tapi untuk performa gamingya di iPad 6 menurut saya masih lumayan joss untuk saat ini, misal buat main PUBG itu bisa dapet settingan Smooth Xtreme hinggal HDR Ultra, dan itu selama saya mainin disettingan Smooth Xtreme lancar-lancar aja, Cuma pernah liat postingan di grup gitu katanya PUBG di iPad 6 ini mulai muncul frame drop, apalagi pas lagi rame ketemu banyak musuh plus team. Kalo sepengalaman saya bermain, belum dapet masalah kaya gitu, atau saya yang kurang peka ya, karna terbiasa main pubg di HP kentang.



Kalo buat main mobile legend juga nyaman, bisa dapet settingan rata kanan Ultra, bisa High Frame Rate dan HD Mode, ditambah lagi view yang luas, jadi nambah enak mainnya.
Kalo untuk bantrenya emang badak si iPad ini, saya belum pernah ngabisin baterai dari 100% sampai dibawah 20% untuk SOTnya, paling-paling sampe 60% ya itu bisa buat main game sekitar 3jam. Kalo untuk pemakaian yang ga inten seperti sesekali ngegame,browsing, nonton youtube, atau design-design gitu, bisa tahan sampai sekitar 2 hari untuk sekali charge. Dan untuk ngechargenya emang lumayan lama ya, dari posisi 30% ke 100% butuh sekitar 4 jam.
Ya sekarang saya jadi tau, kenapa rata-rata orang seneng pake iPad buat main game khususnya pubg dan mobile legend, karna emang pengalaman bermainnya itu lebih mantap dan bisa main lebih lama, pokonya puas.


Kalo untuk kebutuhan produktifitas, sebenarnya udah banyak aplikasi penunjangnya, seperti procreate untuk ngegambar, lumafusion untuk editing video, afinity disaigner untuk ngedisain, goodnotes buat nyatet-nyatet dan masih banyak lagi yang bisa dikatakan cukup powerfull.
Nah keluhan saya tentang aplikasi dan game di iPad itu, ukurannya yang gede-gede banget, bahkan ada yang 2x lipat dari ukuran versi android. Jadi kalo mau download dan update aplikasi atau game ya harus sediain kuota yang banyak dan sabar.
Oke sekarang kita bahas bagian luarnya, untuk body iPad 6 ini terbuat dari metal dan emang kokoh banget ga ada tuh yang kretek-kretek atau ringkih, Cuma ya mungkin sugesti aja karna ini menurut saya lumayan mahal, jadi harus hati-hati menggunakannya, naronya, dipakein case, pake TG juga, dan harus rajin elap-elapnya.




Kalo untuk speakernya menurut pendengaran saya yang awam soal audio, ini bagus banget, suaranya itu bullet, bassnya kerasa ,dan enak buat nyetel musik atau nonton film.
Nah kalo layarnya ini sebenarnya bagus, warnanya mantep, kecerahannya bagus, resolusinya cukup, Cuma layarnya ini aga terlalu reflektif, jadi kalo lagi dimainin di luar ruangan aga terganggangu.


Untuk kameranya saya ga begitu banyak ekspetasi, ya karna sebuah tablet itu jarang digunakan buat foto.  Tapi kalo menurut saya kameranya ya lumayan aja buat jeprat-jepret, kebutuhan ngegame, atau video call.
Lalu apakah iPad atau khususnya iPad 6 ini bisa menggantikan laptop? Kalo menurut saya belum bisa sepenuhnya. Karna masih ada beberapa batasan, misalnya ada beberapa aplikasi yang ada di laptop belum ada di iPad atau kalaupun ada fitur aplikasinya jadi terbatas. Terus kita juga aga sulit untuk transfer file kalo kita ga pake ekosistemnya Apple. Aplikasi file managernya masih terbatas, ga leluasa dibandingkan dengan laptop. Terus ada yang belum bisa dilakukan di iPad, yaitu develop atau membangun sebuah aplikasi, kalah sama android yang udah bisa bikin aplikasi android di android itu sendiri. Dan yang paling penting kita belajar untuk tidak bertani, ini sisi positifnya.




Tapi menurut saya, iPad 6 ini cocok untuk kebutuhan produktifitas seperti ketik-ketik, browsing, ngerjain tugas, nyatet-nyatet, ngegambar KAYANYA  lumayan enak juga, karna udah support Apple Pencil generasi ke-1 yang dijual terpisah dan harganya lumayan bisa dapet HP baru, itu alasan saya masih bilang KAYANYA. Untuk kebutuhan multimedia seperti nonton video juga nyaman, Buat main game juga masih enak, bahkan saya malah lebih banyak menghabiskan waktu bermain game di iPad 6 ini, godaan banget dan bikin ketagihan.
Oke mungkin itu yang bisa saya bahas mengenai iPad 6 atau iPad generasi ke-6 tahun 2018 ini. Kalo kamu masih ada pertanyaan atau info lainnya, komentar aja yah!
Jika kamu masih belum puas membaca artikel ini, silahkan nonton video reviewnya di bawah ini.


Berikut ini untuk video unboxing iPad 6th


logoblog

Terimakasih sudah membaca Review iPad 6th - Menurut Pengguna yang Baru Memakai iPad. Silahkan bagikan artikel ini melalui:

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

1 komentar: