ErDev Blog

Bereksperimen dengan Smartphone, Gadget, dan Teknologi.

Senin, 19 November 2018

Review MIUI 10 Global Stable (Redmi 5) Indonesia

Oleh ErDev pada Senin, 19 November 2018

Yoo Haloo...
Kali ini Saya akan sedikit cerita hasil dari Update MIUI 10 Global stable yang sudah Saya lakukan di Xiaomi Redmi 5. Sebelum melakukan Update, HP saya berada diposisi MIUI 9 Global Stable, versi 9.6.4.0 dengan OS Android Nougat. Sebenarnya Update MIUI 10 di Redmi 5 itu belum merata, alias baru beberapa user yang mendapatkan update melalui OTA. Dan Saya belum menjadi user yang beruntung mendapat update OTA MIUI 10 Global stable. Tapi saya masih bisa melakukan update secara manual dengan mendownload file Rom MIUI 10 Global Stable untuk Redmi 5. Kalo Kamu juga belum dapet update OTA
seperti saya, dan mau buru-buru rasain MIUI 10 Global Stable, silahkan download melalui link di bawah ini

ROM MIUI 10 GLOBAL STABLE 10.2.1.0 REDMI 5
*hanya untuk tipe Redmi 5 (Rosy) dan menggunakan rom Global Stable


Setelah proses update selesai, sekilas rasanya belum ada yang berubah. Karna Lockscreen masih mirip, dan icon aplikasi juga sama dengan MIUI 9. Tapi ketika membuka notification bar, barulah terlihat perubahan yang cukup terasa, mulai dari bagian icon tiles, slider untuk penyesuaian brightnes, juga di bagian list notifikasi, serta dipercantik dengan efek background yang blur. Tampilan icon app notifikasi juga berubah, menjadi tidak berwarna. Saya sendiri lumayan suka dengan perubahan di notification bar ini, karena terlihat lebih bersih, simple, dan juga grid 1 baris pada tiles yang bisa berjumlah 5 itu, cukup membantu buat Saya.


Selain notification bar, perubahan lainnya terdapat saat melakukan penyesuaian volume yang sekarang posisinya menjadi vertikal dan berada di samping kanan layar. Saya rasa dengan tampilan yang seperti ini cukup membuat kita lebih mudah dalam menyesuaikan suara


Recent app juga berubah, yang tadinya kita menggeser ke arah samping kiri atau kanan untuk melihat aplikasi yang lain, sekarang Kita menggesernya ke bawah atau atas. Dan untuk menutupnya, geser kearah kanan atau kiri. Saya sendiri untuk recent app ini masih butuh penyesuaian, karna masih terbawa kebiasaan di MIUI 9.

Oh iya, ketika main game akan muncul sebuah icon di pojok kiri atas layar, yang memiliki beberapa fungsi, yaitu untuk screen record, screenshoot, membersihkan cache, dan menonaktifkan tombo navigasi. Icon ini juga bisa dipindahkan ke bagian pojok kanan atas layar.

Dan untuk suara sistem, seperti ketika ingin ngecharge atau menghubungkan ke PC, suara sreenshoot dan suara saat kuci layar juga ikut berubah.


Untuk Versi MIUI 10 yang didapat yaitu 10.1.2.0 dengan OS Androidnya ternyata masih menggunakan versi Nougat, namun dengan Security Path yang lebih baru. Dan untuk performanya sendiri menurut saya masih tidak jauh beda dengan MIUI 9, tapi untuk animasi dan transisinya terasa sedikit lebih halus.


Selain itu setelah Saya melihat beberapa review dan feedback dari user di grup, ada beberapa yang mengeluh, bahwa ketika selesai update MIUI 10 Global Stable, muncul notifikasi SD Card rusak dan harus di format. Saran Saya, untuk menghindari hal tersebut lebih baik copot dulu SD Cardnya sebelum melakukan update, setelah update selesai baru pasang lagi. Dan lebih bagusnya untuk backup terlebih dahulu data-data yang ada di SD Card ke PC atau HP lain. Kalo di HP Saya ga menemukan isu seperti itu, karna Saya tidak menggunakan SD card.

Saya rasa di MIUI 10 Global Stable Redmi 5 ini lebih banyak perubahan di bagian system UI nya. Namun sayangnya fitur-fitur unggulan yang banyak dibicarakan dari MIUI 10 seperti Android Oreo, Mode Potrait Kamera, dan face unlock masih belum ada di versi ini, ya mungkin fitur-fitur tersebut atau yang lainnya akan menyusul diupdate berikutnya. Dan yang lebih disayangkan lagi, ternyata penyakit layar freeze masih ada di MIUI 10. Saya juga masih bingung sebenernya Layar Freze itu masalah dari software atau hardware. Karna banyak yang bilang kalo pake Custom rom atau MIUI China, penyakit itu bakal hilang. Mungkin nanti akan Saya coba sendiri, karena HP yang Saya pakai juga kebetulan terkena penyakit Layar Freeze.

Nah, mungkin itu saja yang bisa Saya infokan semoga bermanfaat dan kalo Kamu punya info lain dari update MIUI 10 Global Stable khususnya pada Redmi 5, silahkan komentar yah, agar yang lainnya juga dapat terbantu dari info yang Kamu berikan.

Untuk lebih jelasnya tentang Review MIUI 10 Global Stable (Xiaomi Redmi 5), silahkan tonton video berikut ini.


logoblog

Terimakasih sudah membaca Review MIUI 10 Global Stable (Redmi 5) Indonesia. Silahkan bagikan artikel ini melalui:

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar